Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ayat Syifa Arab Latin Artinya untuk Penyembuh Penyakit

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Bacaan doa ayat syifa lengkap. Saat tengah sakit kita dianjurkan untuk menjaga pola makan, beristirahat yang cukup, serta membaca doa ketika minum obat dan doa minta kesembuhan karena pada dasarnya kesembuhan itu berasal dari Allah SWT.

bacaan ayat syifa

Hal itu sudah jelas tertera dalam ayat-ayat yang terdapat pada Al-Quran. Di Dalam Al-Quran, memang ada beberapa ayat yang secara khusus membahas tentang penyakit, obat untuk kesembuhan, pertolongan Allah SWT, dan sebagainya yang dikenal dengan nama ayat syifa.

Pada kesempatan ini kami akan menuliskan ayat-ayat mana saja yang merupakan ayat syifa secara lengkap mulai dari terjemahan, tulisan bahasa Arab, serta teks latinnya. Sehingga kita dapat menjadikan ayat-ayat ini juga sebagai doa untuk memohon kesembuhan penyakit kepada Allah SWT.

Namun sebelum masuk ke pembahasan inti, mari kisa simak terlebih dahulu mengenai pengertian serta definisi dari ayat syifa. Termasuk mengapa ayat-ayat ini dinamakan sebagai ayat syifa. Silahkan simak pembahasannya di bawah berikut.

Apa itu Ayat Syifa

Ayat syifa disebut juga sebagi ayat pengobatan, kesembuhan, obat, serta penyembuh dari segala macam penyakit. Yang dimaksud dengan ayat syifa adalah beberapa ayat yang terdapat di dalam Al-Quran yang dikhususkan untuk menyembuhkan penyakit (sebagai penawar).

Ayat ini juga dimaksudkan untuk melegakan hati orang-orang yang tengah mengalami penderitaan sakit akibat penyakit parah yang diderita. Dengna membacaayat-ayat ini, insya Allah Allah SWT akan menyembuhkan penyakit kita seperti ketika kita memohon doa kesembuhan penyakit.

Total ayat yang termasuk ke dalam ayat Syifa berjumlah 6 ayat. Ayat-ayat ini dinamakan juga dengan ayat pengobatan yang memang dalam maknanya seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa ayat ini memang membahas tentang kesembuhan dari penyakit parah.

Bacaan Doa Ayat Syifa Lengkap

Ayat Syifa tersebar dalam 6 ayat di dalam Al-Quran. Mulai dari At-Taubah ayat 14, Yunus ayat 57, An-Nahl ayat 69, Al-Isra ayat 82, Asy-Syura ayat 80, dan Fushshilat ayat 44. Semuanya memiliki makna berbeda dalam konteks memohon kesembuhan.

Di bawah ini kami akan menuliskan secara lengkap ayat-ayat syifa atau ayat mohon kesembuhan yang tersebar di dalam Al-Quran mulai dari yang pendek hingga yang panjang ditulis menggunakan bahasa Arab, tulisan latin, serta terjemahan bahasa Indonesia.

1. Ayat Syifa Pendek

Berikut adalah teks ayat syifa pertama diambil dari surat At-Taubah ayat 14.

وَيَنْصُرْكُمْ عَلَيْهِمْ وَيَشْفِ صُدُورَ قَوْمٍ مُؤْمِنِينَ

Wa yanshurkum `alayhim wa yasyfi shuduura qawmim-mu’miniin.

Artinya:
"Dan (Allah ) akan melegakan hati orang-orang yang beriman." - [QS. at-Taubah 9: 14]

2. Ayat Syifa Quran Lengkap

Berikut adalah bacaan ayat syifa kedua diambil dari surat Yunus ayat 57.

يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءَتْكُمْ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّكُمْ وَشِفَاءٌ لِمَا فِي الصُّدُورِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ

Yaa ayyuhaan-naasu qad jaa atkum maw`izhatum mir-rabbikum wa syifaa-ul-limaa fish-shuduuri wa hudaw wa rahmatul-lil mu’miniin.

Artinya:
"Hai Manusia, sesunguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman." - [QS. Yunus 10: 57]

3. Ayat Syifa Arab Latin dan Terjemahan

Berikut adalah lafadz ayat syifa ketiga diambil dari surat An-Nahl ayat 69.

يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ

Yakhruju mim-buthuunihaa syaraabum-mukhtalifun alwaanuhu fiihi syifaa-ul-linnaas.

Artinya:
"Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia." - [QS. an-Nahl 16: 69]

4. Ayat Syifa Penyembuh Segala Penyakit

Berikut adalah doa ayat syifa keempat diambil dari surat Al-Isra ayat 82.

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ

Wa nunazzilu minal qur-aani maa huwa syifaa-uw warahmatul-lil mu’miniin.

Artinya:
"Dan Kami turunkan dari Al-Qur’an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman." - [QS. Bani Israil (al-Israa) 17: 82]

5. Ayat Syifa NU

Berikut adalah tulisan ayat syifa kelima diambil dari surat Asy-Syura ayat 80.

وَإِذَا مَرِضْتُ فَهُوَ يَشْفِينِ

Wa idzaa maridhtu fahuwa yasyfiini.

Artinya:
"Dan apabila aku sakit, Dialah Yang menyembuhkan aku." - [Do’a Nabi Ibrahim dalam Surat Asy-Syu’raa’ 26:80]

6. Ayat Syifa Untuk Penyembuh Penyakit

Berikut adalah lafal ayat syifa keenam dari surat Fushshilat ayat 44.

قُلْ هُوَ لِلَّذِينَ آمَنُوا هُدًى وَشِفَاءٌ

Qul huwa lilladziina aamanuu hudaw wasyifaa’uw-walladziina laa yu’minuun.

Kesimpulan
Demikian ulasan tentang bacaan doa ayat syifa, as syifa surat ke berapa, surat al-qur'an untuk orang sakit parah, mengaji untuk orang sakit, fadhilat ayat syifa, ayat syifa untuk sakit dada, asy syifa' surat ke, doa syifa, download ayat penyembuh penyakit mp3.

Baca:

Posting Komentar untuk "Ayat Syifa Arab Latin Artinya untuk Penyembuh Penyakit"