Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bacaan Sholawat Kamilah Keutamaan dan Sejarahnya

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Bacaan sholawat kamilah. Di dunia ini manusia tidak bisa lepas dari kesempitan dan permasalahan hidup. Namun karena adanya Allah SWT sebagai Tuhan seluruh umat dan Nabi Muhammad SAW sebagai penunjuk jalan yang benar, kita mendapat pencerahan.

sholawat kamilah

Oleh karena itu kita harus selalu menjalankan kewajiban sholat dan puasa sebagai umat muslim dan muslimah. Selain itu, sebagai pengikut Rasulullah SAW, kita bisa membacakan atau memanjatkan sholawat kepadanya untuk memohon keselamatan dan berkah baginya.

Pada pembahasan sebelumnya kita telah mengulas mengenai beberapa sholawat yang populer mulai dari sholawat al fatih hingga sholawat ghazali, dan pada kesempatan ini kami ingin kembali mengulas mengenai salah satu sholawat yang sangat baik untuk dibaca, yakni sholawat kamilah.

Bagi yang belum mengetahui tentang bacaan teks dan lirik sholawat nariyah, silahkan simak penjelasannya di bawah ini. Namun pertama-tama mari kita ketahui asal usul dan sjarah sholawat kamilah terlebih dahulu berikut.

Sejarah dan Asal Usul Sholawat Kamilah

Sholawat kamilah atau kamilat merupakan salah satu sholawat yang paling utama untuk mendoakan kesejahteraan dan keselamatan serta berkah bagi Nabi Muhammad SAW, keluarga, anak, cucu, hingga seluruh keturunannya agar dilimpahi rezeki yang tak terhingga.

Shoalwat kamilah memiliki keutamaan yang luar biasa bagi orang yang mengamalkannya, yakni salah satu fadhilahnya adalah dapat menghilangkan kesempitan dan kesengsaraan dalam hidup apabila kita benar-benar mengamalkannya secara istiqomah.

Sehingga, selain memenuhi kewajiban dengan menjalankan sholat dan puasa wajib, kita juga bisa menjadikan sholawat kamilah sebagai salah satu bacaan rutin pada saat waktu luang agar kita mendapat kemudahan dalam menjalani aktivitas di dunia.

Teks Lirik Bacaan Sholawat Kamilah

bacaan sholawat nariyah

Bacalah sholawat ini setiap selesai sholat, sehabis melaksanakan tahlilan, dzikir, majelis taklim, maupun pengajian dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh setiap tanggal 12 Rabiul Awal.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja silahkan simak penjelasan mengenai bacaan lafadz doa teks lirik sholawat kamilah yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist nabi dalam bahasa Arab, tulisan latin, serta terjemahan atau artinya dalam bahasa Indonesia.

اللَّهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَمًا تَامًّا عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِيْ تُنْحَلُ بِهَ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِيْمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَحْمَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allahumma sholli sholaatan kaamilatan wa sallim salaaman taaman ‘ala sayyidinaa Muhammadin Alladzi tanhallu bihil ‘uqadu, wa tanfariju bihil kurabu, wa tuqdhaa bihil hawaa’iju Wa tunaalu bihir raghaa’ibu wa husnul khawaatimi wa yustasqal ghomaamu bi wajhihil kariimi, wa ‘alaa aalihi, wa shahbihi fii kulli lahmatin wanafasin bi’adadi kulli ma’luumin laka, yaa rabbal ‘aalamiina.

Artinya :
"Ya Allah, berikanlah shalawat yang sempurna dan salam yang sempurna kepada Baginda kami Muhammad yang dengannya terlepas dari ikatan (kesusahan) dan dibebaskan dari kesulitan. Dan dengannya pula ditunaikan hajat dan diperoleh segala keinginan dan kematian yang baik, dan turunnya hujan dari awan, berkat keagungan dan kemuliaan Nabi Muhammad saw, dan kepada keluarganya, sahabat-sahabatnya pada tiap-tiap mata melirik, dan tiap-tiap jiwa yang bernafas, dengan jumlah yang Engkau ketahui. Ya Allah, Tuhan Pemelihara Alam Semesta."

Kesimpulan
Itu dia pembahasan lengkap mengenai bacaan sholawat kamilah, lengkap, latin, lirik, mp3, dan artinya, bahasa indonesia, tibbil qulub, beserta artinya, pendek, arab, keutamaan, manfaat, khasiat, faedah, fadhilah, dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan terjemahan Indonesia.

Baca:

Posting Komentar untuk "Bacaan Sholawat Kamilah Keutamaan dan Sejarahnya"