Niat Puasa Ramadhan Bahasa Jawa Kromo Inggil

Niat Puasa Ramadhan Bahasa Jawa Kromo Inggil
Daftar Isi Artikel
Abiabiz.com - Teks bacaan niat puasa bahasa jawa. Puasa Ramadhan merupakan ibadah puasa wajib yang harus dilakukan oleh umat Islam yang telah memenuhi syarat dan tidak sedang dalam masa datang bulan (khusus wanita).

puasa bahasa jawa

Bahkan bila seorang wanita tengah berhalangan untuk menunaikan ibadah puasa wajib, maka harus menggantinya di hari lain setelah melakukan mandi wajib. Oleh karena itu, puasa ini sangat penting dan tentunya akan dibalas dengan pahala yang begitu berlimpah.

Namun ada satu tradisi yang unik dalam pembacaan niat puasa oleh orang Jawa kebanyakan, di mana pada saat mereka selesai melaksanakan sholat tarawih dan sholat witir, mereka akan bersama-sama membaca niat puasa dalam bahasa Arab dan Jawa kromo inggil (halus).

Apakah boleh demikian? Daripada menebak-nebak, lebih baik langsung saja simak pemabhasan lengkap mengenai pembacaan niat puasa dalam bahasa Jawa dilengkapi dengan teks bacaan dalam bahasa Arab dan latinnya, silahkan disimak.

Apakah Boleh Membaca Niat Puasa Dalam Bahasa Jawa

Perlu diketahui bahwa pembacaan niat puasa orang-orang Jawa terdiri dari dua macam, yang pertama adalah membaca niat teks dalam bahasa Arab dan yang kedua adalah membaca niat teks dalam terjemahan bahasa Jawa kromo halus atau inggil.

Jadi, memang pada dasarnya membaca niat puasa seperti kebanyakan orang di seluruh dunia, hanya saja ada imbuhan terjemahan ke dalam bahasa Jawa yang ditambahkan. Sehingga tidak masalah asalkan membaca teks bahasa Arabnya.

Tradisi ini telah lama dilakukan oleh masyarakat Jawa, terutama ketika mereka selesai menunaikan ibadah sholat tarawih dan witir secara berjamaah di masjid dan mushola. Sedangkan bila tidak melaksanakan tarawih atau witir berjamaah, niat puasa ini tetap kerap dibaca hanya bahasa Arabnya saja.

Teks Bacaan Niat Puasa Bahasa Jawa

niat puasa bahasa jawa

Membaca niat berpuasa haruslah dilakukan dengan sungguh-sungguh. Sebab, niat adalah pondasi dalam sebuah ibadah. Bila niat dibaca asal-asalan, maka ibadah bisa dikatakan tidak sah dan pahala yang kita inginkan tidak akan diberikan dan bahkan kita harus mendapat dosa karena meninggalkan puasa.

Berikut adalah teks lafadz niat puasa dalam bahasa Jawa kromo inggil atau halus, Arab, dan tulisan latin secara lengkap ditulis sesuai sunnah dan berdasarkan hadist shahih. Silahkan disimak.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلّهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin’ an adaa’i fardhi syahri ramadhaani haadzihis sanati lillahi ta’aala.

Artinya (Terjemahan Bahasa Jawa):
"Niat ingsun puoso ing dino ngesuk, saking anekani ferdhune wulan Ramadhon taun iki, kerono Alloh Ta'ala."

Kesimpulan
Sekian pembahasan tentang niat puasa bahasa jawa, doa niat puasa basa jawa kromo inggil, halus, cirebon, lengkap dengan arti dan terjemahan, ucapan selamat puasa bahasa jawa, menjalankan ibadah, dan berbuka dengan bahasa jawa lengkap.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>