Doa untuk Almarhum dan Almarhumah dalam Islam

Doa untuk Almarhum dan Almarhumah dalam Islam
Daftar Isi Artikel
Abiabiz.com - Doa almarhum orang meninggal dunia. Doa ini merupakan doa khsuson untuk orang yang telah wafat atau meninggal dunia mendahului kita. Membacakan doa kepada orang meninggal dunia sangatlah baik.

almarhum

Pada pembahasan sebelumnya kami telah menulis tentang bacaan doa untuk orang tua yang sudah meninggal dunia, namun pada dasarnya bukan hanya orang tua saja yang harus kita doakan ketika mereka meninggal dunia bukan?

Ada juga tema, kerabat, sahabaat, rekan kerja, atau bahkan orang muslim atau muslimah lain yang tk kita kenal juga harus didoakan ketika kita mendengar kabar duka meninggalnya mereka saat disiarkan melalui pengeras suara masjid atau mushola.

Oleh karena itu pada kesempatan ini kami ingin membagikan teks bacaan lafadz doa almarhum atau almarhumah kepada orang yang meninggal dunia. Namun sebelum itu mari kita simak terlebih dahulu pembahasan tentang keutamaan dan manfaat dari doa mustajab ini.

Keutamaan Doa Almarhum

Doa ini kerap kali diucapkan pada saat kita mendengar berita duka atau wafatnya seseorang. Bagi umat Islam, doa ini adalah keharusan karena doa ini memiliki keutamaan dan kemuliaan yang luar biasa. Lalu, apa saja manfaat yang diperoleh dari membaca doa ini?

Di dalam doa ini kita memohon kepada Allah sWT untuk meminta kebaikan berupa menempatkan almarhum atau almarhumah di surga-Nya yang terbaik, memohon ampunan bila mereka pernah berbuat salah dan dosa selama berada di dunia, dan kasih sayang Allah SWT.

Di dalam doa ini kita juga meminta kepada-Nya untuk memberikan almarhum perlindungan dari siksa kubur, meningkatkan derajatnya sehingga mati syahid, memohon agar amal kebaikannya diterima, dan amal keburukannya dihapuskan.

Bacaan Doa Almarhum

doa almarhum

Pada dasarnya doa untuk orang meninggal dunia atau doa almarhum dan almarhumah ini merupakan bagian dari doa pada takbir ketiga di dalam sholat jenazah. Doa ini sangat mustajab apabila dibaca pada saat kita berada di sisi jenazah atau kuburnya.

Langsung saja tanpa basa basi kembali silahkan simak teks, lafadz, bacaan, doa khususon untuk almarhum dan almarhumah yang telah meninggal dunia mendahului kita dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan terjemahan Indonesia lengkap.

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ

Allahummaghfirla-hu warham-hu wa 'aafi-hi wa'fu 'an-hu wa akrim nuzula-hu, wa wassi' madkhola-hu, waghsil-hu bil maa-i wats tsalji wal barod wa naqqi-hi minal khothoyaa kamaa naqqoitats tsaubal abyadho minad danaas, wa abdil-hu daaron khoirom min daari-hi, wa ahlan khoirom min ahli-hi, wa zawjan khoirom min zawji-hi, wa ad-khilkul jannata, wa a'idz-hu min 'adzabil qobri wa 'adzabin naar.

Artinya:
"Ya Allah, ampunilah ia, kasihilah ia, berilah ia kekuatan, maafkanlah ia, dan tempatkanlah di tempat yang mulia (surga), luaskan kuburannya, mandikan ia dengan air salju dan air es. Bersihkan ia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju putih dari kotoran, berilah ganti rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), berilah ganti keluarga (atau istri di surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan ia ke surga, jagalah ia dari siksa kubur dan neraka." (HR. Muslim).

Kesimpulan
Sekian pembahasan mengenai bacaan doa almarhum, singkatan almarhum, penulisan almarhum kbbi, almarhum islam, almarhum in english, penggunaan kata almarhum, penulisan almarhum kapital, almarhumah ibu, almarhum in arabic, dan sebagainya.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>