Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Ikhtiar Tawakal dan Optimis Arab Latin dan Artinya

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Doa ikhtiar dan tawakal. Ikhtiar dan tawakal adalah dua hal yang berbeda, namun keduanya memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan langkah bekerja keras. Dan pada saat berikhtiar, bertawakal, atau optimis, kita dianjurkan untuk membacakan doa.

tawakal

Ikhtiar sendiri merupakan usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, baik kebutuhan jasmani ataupun rohani dengan tujuan supaya hidupnya dapat selamat, sejahtera, dan terjamin di dunia maupun ketika berada di akhirat.

Tawakal atau tawakkul sendiri berarti mewakilkan atau menyerahkan. Dalam konteks agama Islam, tawakal adalah berserah diri sepenuhnya kepada Allah SWT dalam menghadapi atau menunggu hasil suatu pekerjaan yang telah dijalani.

Nah pada kesempatan ini kami ingin membagikan teks lafadz bacaan doa ikhtiar dan tawakal yang benar, sesuai sunnah, berdasarkan hadist shahih. Selain itu kami juga akan membahas mengenai manfaat bertawakal dan berikhtiar menurut agama Islam. Silahkan disimak.

Manfaat Ikhtiar dan Tawakal

Ikhtiar merupakan sikap berusaha secara sungguh-sungguh untuk mencapai harapan dan cita-cita. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari sikap ikhtir antara lain:
  • Mendapatkan apa yang dicita-citakan.
  • Dapat mengubahnasib dan keadaan menjadi lebih baik.
  • Menumbuhkan sikap pekerja keras dan menghindarkan diri dari sikap pemalas.

Sedangkan tawakal merupakan sikap berserah diri dengan pasrah terhadap segala usaha yang telah diupayakan. Beberapa manfaat dari tawakal antar lain:
  • Semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.
  • Menghilangkan sikap sombong karena kita sadar tidak ada daya kecuali Allah SWT.
  • Memperoleh pahala dan menjadi hamba yang dicintai oleh Allah SWT.

Bacaan Doa Ikhtiar dan Tawakal

doa ikhtiar dan tawakal

Makna dari doa ikhtiar, tawakal, optimis, atau percaya diri adalah kita menyerahkan sepenuhnya segala perkara dan urusan kepada Allah SWT. Sebab, Dia adalah Tuha satu-satunya yang pantas disembah dan dimintai pertolongan secara nyata.

Langsung saja tanpa basa basi kembali silahkan simak pembahasan mengenai bacaan lafadz doa ikhtiar dan tawakal yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia lengkap.

اللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ، اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِعِزَّتِكَ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَنْ تُضِلَّنِى، أَنْتَ الْحَىُّ الَّذِى لاَ يَمُوتُ وَالْجِنُّ وَالإِنْسُ يَمُوتُونَ

Allohumma laka aslamtu wa bika amantu wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khoshomtu. Allohumma inni a’udzu bi ‘izzatika laa ilaha illa anta an tudhillani. Antal hayyu alladzi laa yamuut wal jinnu wal insu yamuutun.

Artinya:
"Ya Allah, aku berserah diri kepada-Mu, aku beriman kepada-Mu, aku bertawakal kepada-Mu, aku bertaubat kepada-Mu, dan aku mengadukan urusanku kepada-Mu. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung dengan kemuliaan-Mu. tidak ada ilah (sesembahan) yang berhak disembah selain Engkau dari segala hal yang bisa menyesatkanku. Engkau Mahahidup dan tidak mati, sedangkan jin dan manusia pasti mati."

Kesimpulan
Demikian pembahasan tentang bacaan doa ikhtiar dan tawakal, ikhtiar adalah, perbedaan ikhtiar dan tawakal, tawakal adalah, khtiar, doa dan tawakal, arti tawakal, ikhtiar dan doa, cara ikhtiar, hadits tentang tawakal dan ikhtiar, tawakal adalah, ikhtiar jodoh adalah, arti istiqomah.

Baca:

Posting Komentar untuk "Doa Ikhtiar Tawakal dan Optimis Arab Latin dan Artinya"