Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bacaan Doa Menyembelih atau Memotong Ayam Menurut Islam

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Bacaan doa menyembelih ayam. Ayam adalah salah satu jenis hewan yang halal dimakan, baik dagingnya ataupun telurnya. Baik itu ayam jantan ataupun ayam betina. Asalkan ayam yang hendak dimakan sudah cukup umur, bukannya anak ayam yang tidak ada dagingnya.

menyembelih ayam

Selain itu, ayam hanya bisa dikatakan halal ketika ayam tersebut telah disembelih dengan cara yang telah ditentukan oleh Allah SWT, yaitu dengan membaca doa tepat sebelum memotong leher ayam yang hendak dikonsumsi atau dimasak.

Pada pembahasan sebelumnya kami telah membagikan bacaan doa menyembelih hewan qurban dan bacaan doa aqiqah. Keduanya sama-sama merupakan doa yang dibaca sebelum seseorang henadk menyembelih hewan atau binatang.

Namun, dalam menyembelih ayam tentu doa yang dibaca memiliki lafadz yang berbeda karena tujuan penyembelihan ini bukan untuk qurban atau aqiqah, melainkan untuk dikonsumsi biasa saja. Maka dari itu pada kesempatan ini kami ingin menuliskan teks lafadz bacaan doa menyembelih ayam, silahkan disimak.

Keutamaan Doa Menyembelih Ayam

Sebelum masuk ke pembahasan inti alangkah lebih baiknya kita menyimak apa-apa saja yang merupakan keutaman saat memmbaca doa menyembelih ayam. Berikut adalah beberapa keutamaan dalam membaca lafadz doa menyembelih ayam.

Doa yang diucapkan untuk menyembelih ayam, unggas, jago, babon, atau binatang lainnya ini memiliki berbagai kegunaan antara lain sebagai berikut:
  • Menjamin kehalalan ayam yang dipotong untuk dikonsumsi
  • Melakukan sunnah yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW
  • Sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat Allah dalam bentuk makanan dari binatang ayam
  • Sebagai adab dan kepatuhan kepada Allah SWT

Lafadz Bacaan Doa Menyembelih Ayam

doa menyembelih ayam

Makna dari ini adalah kita mengakui bahwa hewan atau binatang yang diberikan, yakni ayam, merupakan bentuk nikmat dan berkah dari Allah SWT. Maka dari itu kita dengan ini bertaqarrub atau melaksanakan ketaatan kepada Allah melalui doa ini.

Berikut adalah teks, lafadz, bacaan, doa untuk menyembelih ayam atau binatang agar halal untuk dimakan secara lengkap, yang benar, sesuai sunnah dalam bahasa Arab, tulisan teks latin, serta terjemahan Indonesia. Silahkan disimak.

اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ

Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm

Artinya:
"Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrub-ku.

Kesimpulan
Itulah pembahasan mengenai bacaan doa menyembelih ayam, menurut islam, yang baru mati, dua kali, saat istri hamil, sekarat, yang sedang sakit, saat puasa, menghadap ke mana, cara menyembelih ayam sendirian, doa menyembelih ayam jantan dan betina, cara memotong ayam.

Baca:

Posting Komentar untuk "Bacaan Doa Menyembelih atau Memotong Ayam Menurut Islam"