Doa Penutup Acara dan Majelis Arab Latin dan Artinya

Doa Penutup Acara dan Majelis Arab Latin dan Artinya
Daftar Isi Artikel
Abiabiz.com - Doa penutup acara dan majelis. Umat muslim memiliki banyak sekali kegiatan keagamaan, seperti  misalnya kegiatan pengajian, acara syukuran, tahlilan, khatam quran, hingga majelis taklim yang dipenuhi dengan rangkaian doa.

doa penutup acara majelis

Saat menjalankan kegiatan keagamaan tersebut, umat muslim sangat dianjurkan untuk membaca doa pada saat sebelum dan sesudah acara dilangsungkan. Doa tersebut bertujuan supaya kegiatan yang dilakukan beserta hasilnya bisa memberi manfaat bagi kebanyakan orang, terutama umat muslim.

Setelah sebelumnya kita membahas mengenai bacaan doa selamatan dan syukuran, maka pada kesempatan ini kami ingin berbagi kumpulan bacaan doa untuk berbagai acara-acara keagamaan mulai dari rapat kerja, acara formal, perpisahan, pernikahan, seminar, halal bi halal, syukuran, dan lain sebagainya.

Doa-doa yang akan kami tulis di bawah ini kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya dan insyaallah shahih serta bisa Anda jadikan wirid atau dzikir ketika acara keislaman atau majelis taklim telah selesai dilaksanakan.

Bacaan Doa Penutup Acara

doa penutup acara

Membaca dao penutup acara atau majelis merupakan hal yang penting dilakukan. Sebab dengan begitu Allah SWT akan lebih memberi berkah meskipun acara-acara pengajian seperti pengajian, majelis taklim, dan sebagainya selesai digelar.

Berikut adalah beberapa kumpulan bacaan lafadz teks doa penutup acara dan majelis yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin, serta terjemahan bahasa Indonesia yang benar dan lengkap.

1. Penutup Acara Rapat Kerja

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Subhaanakallaahumma wa bihamdika asyhadu allaa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika.

Artinya:
"Maha Suci Allah dan segala puji bagi Allah SWT, aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, aku memohon ampunan dan bertaubat hanya pada-Mu."

2. Penutup Acara Formal

الْحَمْدُ لِلّه رَبّ الْعلمِيْن وَلصَّلاَةُ وَالسّلاَم عَلى اَشْرَفِ اْلاَنْبِياَءِ وَالْمُرْسَلِيْن وَعَلى الِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْن اَمّا بَعْد

Artinya:
"Ya Allah, Tuhan Yang Maha Penyayang, hanya rahmat dan kasih sayang-Mu lah sehingga segala aktifitas kami dalam acara ini berjalan dengan lancar walaupun menguras waktu, tenaga dan pikiran. Dan hari ini Ya Allah kami berkumpul ditempat ini memanjatkan puji syukur kepada-Mu sekaligus menutup kegiatan kami. Ya Allah berkahilah segala aktifitas kami selama dalam mengikuti rangkain acara kami, dan jadikanlah sebagai amal ibadah di sisi-Mu. Untuk itu Ya Allah tetapkanlah rahmat dan kasih sayang-Mu kepada kami dan jadikanlah pertemuan ini sebagai pertemuan yang Engkau ridhoi."

3. Penutup Acara Seminar

 اَلّلهـمّ لاَسَـهْــلَ اِلاّ مَا جَعَـلَـهُ سَـهْـلاً

Artinya:
"Ya Allah, mudahkanlah segala urusan kami. Karena tidak ada yang mudah kecuali Engkau jadikan mudah."

4. Penutup Acara Halal Bi Halal

اَلّلهـمّ فْتَحَ عَلَيْنا اَبْوَابَ الْخـيْروَاَبْوابَ الْبَركَاة وَاَبْوابَ لنّعْمَه وَاَبْوابَ الرّزْقِ وَاَبْوابَ الْقُوة وَاَبْوابَ الصّحَةِ وَاَبْوابَ السّلامَة بِرَحْمَتِكَ ياَ اَرْحَمَ الرّحِمِـيْن

Artinya:
"Ya Allah, bukakanlah atas kami pintu kebajikan, pintu berkah, pintu rahmat, pintu kekuatan, pintu reski, pintu kesehatan, pintu keselamatan. Karena hanya Engkaulah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang."

5. Penutup Acara Islam Resmi

اَلّلهـمّ اِنّاَ اَعُـوْذُ بِكَ مِنَ الهَـمِ وَالْحُزْنِ و َاَعُـوْذُ بِكَ مِنَ الْعَجَـزِوَالْكَسْلِ

Artinya:
"Ya Allah, kami berlindung kepada-Mu dari keragu-raguan hati dan duka cita. Dan kami berlindung kepada-Mu dari sifat lemah dan malas."

6. Penutup Acara Syukuran

رَبّنَا اَفْرغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبّتْ اَقْـدَامَنَا رَبّنَا آتِنَا فِى لدّنْيا حَسَنَة وَفِى الاَخِرَة حَسَنة وَقِنأ عَذَابً النّار سُبحَان رَبّكَ رَبّ العِزّةِ عَمّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ على الْمُرْسَليْن والْحَمْدُ لِلهِ رَبّ الْعَالَمِيْن

Artinya:
"Ya Allah, curahkanlah kesabaran atas kami, dan teguhkanlah pendirian kami terhadap cobaan dan kebenaran. Ya Allah, berkahilah semua ilmu yang kami dapat selama kegiatan ini, sehingga kami dapat mengamalkan setelah kami bubar dan kerumah masing-masing. Sehingga kami bisa menjadi suri tauladan dalam keluarga, masyarakat, bangsa dan negara."

Bacaan Doa Penutup Majelis

Berikut adalah lafadz teks bacaan doa penutup majelis yang baik untuk diamalkan sebagai wirid atau dzikir dalam bahasa Arab, latin, serta terjemahan Indonesia yang benar sesuai sunnah. Silahkan simak teksnya di bawah ini.

اللَّهُمَّ اقْسِمْ لَنَا مِنْ خَشْيَتِكَ مَا تَحُولُ بِهِ بَيْنَنَا وَبَيْنَ مَعَاصِيكَ ، وَمِنْ طَاعَتِكَ مَا تُبَلِّغُنَا بِهِ جَنَّتَكَ ، وَمِنَ الْيَقِينِ مَا تُهَوِّنُ عَلَيْنَا مَصَائِبَ الدُّنْيَا ، اللَّهُمَّ مَتِّعْنَا بأسْمَاعِنا ، وَأَبْصَارِنَا ، وقُوَّتِنَا مَا أحْيَيْتَنَا ، وَاجْعَلْهُ الوارثَ مِنَّا ، وَاجْعَلْ ثَأرَنَا عَلَى مَنْ ظَلَمَنَا ، وَانْصُرْنَا عَلَى مَنْ عَادَانَا ، وَلاَ تَجْعَلْ مُصيبَتَنَا فِي دِينِنَا ، وَلاَ تَجْعَلِ الدُّنْيَا أَكْبَرَ هَمِّنَا ، وَلاَ مَبْلَغَ عِلْمِنَا ، وَلاَ تُسَلِّطْ عَلَيْنَا مَنْ لاَ يَرْحَمُنَا

Allahummaqsim lanaa min khosyyatika maa tahuulu bihi baynanaa wa bayna ma’aashik. Wa min thoo ’atika maa tubalighunaa bihi jannatak. Wa minal yaqiini maa tuhawwinu ‘alaynaa mashooibad dunya. Allahumma matti’na bi asmaa’inaa wa abshorina, wa quwwatinaa maa ahyyaytanaa, waj’alhul waaritsa minnaa, waj’al tsa’rona ‘ala man zholamanaa, wan-shurnaa ‘alaa man ‘aadaanaa, wa laa taj’al mushibatanaa fii diininaa wa laa taj’alid dunyaa akbara hamminaa, wa laa mablagho ‘ilminaa, wa laa tusallith ‘alaynaa mallaa yarhamunaa.

Kesimpulan
Demikianlah pembahasan mengenai doa penutup acara dan majelis, doa penutup acara seminar, doa penutup acara rapat kerja, doa penutup rapat kristen, doa penutup acara perpisahan, doa penutup acara katolik, doa penutup majelis, doa penutup pengajian, doa penutupan acara pelatihan.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>