Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Teks Bacaan Doa Haul Jamak Latin dan Artinya

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Doa haul jamak. Sebelum kita membahas mengenai doa haul jamak, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa itu pengertian dan definisi dari haul jamak sendiri. Apakah di sini sudah tahu? Mungkin sebagian masih ada yang belum mengerti.

doa haul jamak

Jadi, haul jamak atau disebut juga dengan tradisi doa arwah masih menjadi ritual yang tidak pernah ditinggalkan oleh orang Melayu Lingga. Meski tidak menjadi wajib dalam adat, namun tradisi agama dengan cara membaca doa arwah bersama-sama ini masih tetap lestari.

Doa ini dipanjatkan tepat sebulan sebelum memasuki bulan Ramadhan, yaitu di bulan Sya'ban. Jamaah masjid surat kunjung-mengunjungi dari satu dusun, kampung, hingga desa-desa untuk duduk bersama sambil membacakan doa arwah untuk saudara atau kerabat yang telah meniggal dunia.

Lalu seperti apa doa arwah atau doa yang dibaca pada saat haul jamak ini? Bagi yang belum mengetahuinya, langsung saja tanpa basa basi kembali silahkan simak teks lafadz, bacaan doa haul jamak secara lengkap di bawah ini.

Lafadz Doa Haul Jamak

Pada dasarnya doa ruwahan ini mirip dengan doa ruwahan yang pernah kami bagikan beberapa waktu yang lalu. Tujuan dari doa ini tentu saja untuk memohon kebaikan kepada orang yang telah terlebih dahulu mendahului kita.

Berikut adalah teks, lafadz, bacaan, doa haul jamak atau doa arwah untuk orang yang meniggal dunia pada bulan Sya'ban memasuki bulan Ramadhan dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih.

وَاعْفُ عَنَّا يَا كَرِيْمُ *2  بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ ارْحَمْنَا. اَللَّهُمَّ بِحَقِّ الفَاتِحَةِ وَبِسِرِّ الفَاتِحَةِ وَبِكَرَامَةِ الفَاتِحَةِ، يَا فَارِجَ الهَمِّ يَا كَاشِفَ الغَمِّ يَا مَنْ لِعَبْدِهِ يَغْفِرُ وَيَرْحَمُ، اَللَّهُمَّ اغْفِرْ ذُنُوْبَنَا وَاسْتُرْ عُيُوْبَنَا وَفَرِّجْ هُمُوْمَنَا وَاكْشِفْ غُمُوْمَنَا وَأَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِنَا، دَعْوَاهُمْ فِيْهَا سُبْحَانَكَ اَللَّهُمَّ وَتَحِيَّتُهُمْ فِيْهَا سَلَامٌ، وَآخِرُ دَعْوَاهُمْ أَنِ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

Artinya:
"Maafkanlah kami wahai Tuhan yang pemurah (2 kali). Dengan kasih sayang-Mu wahai zat yang paling pengasih, kasihanilah kami. Ya Allah, berkat hakikat, rahasia, dan kemuliaan Surat Al-Fatihah, wahai Tuhan pemberi jalan dari kebingungan, pembuka jalan dari kebimbangan, wahai Tuhan yang pengampun dan penyayang hamba-Nya, ya Allah ampunilah dosa kami, tutuplah aib kami, berikan jalan atas kebingungan kami, bukakanlah jalan atas kebimbangan kami, dan damaikanlah perseteruan di antara kami. ‘Doa mereka (ahli surga) di dalamnya adalah ‘Maha suci Engkau ya Allah.’ Penghormatan mereka di dalamnya adalah salam. Akhir doa mereka adalah ‘Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.’"

Keistimewaan Doa Haul Jamak

Keistimewaan dari doa ini adalah kita memohon kepada Allah SWT untuk mengampuni dosa kita terlebih dahulu karena dengan keadaan suci, kita akan menjadi semakin layak untuk memanjatkan doa yang ditujukan bagi orang lain kepada Allah SWT.

Setelah meminta ampunan kepada-Nya, kita juga memohon berkat hakikat serta kemuliaan untuk orang yangtelah meninggal dunia, memberikan petunjuk jalan bagi yang kebingungan, dan membukakan jalan dari kebimbangan saat menjawab pertanyaan-pertanyaan malaikat di dalam kubur.

Terakhir, kita mendoakan para ahli surga, yaitu orang yang telah wafat atau meninggal dunia untuk mendamaikan mereka di alam kubur, maksudnya adalah agar mereka terbebas dari siksa neraka yang begitu membelenggu akibat dari dosa-dosa yang diperbuat.

Kesimpulan
Itu dia penjelasan tentang doa haul jamak, cara mengirim doa khususon, doa tahlilan orang meninggal, doa tahlil khususon, doa tahlil pdf, doa arwah, doa tahlil habaib, download doa tahlil lengkap, doa tahlil pendek singkat.

Baca:

Posting Komentar untuk "Teks Bacaan Doa Haul Jamak Latin dan Artinya"