Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bacaan Dzikir Doa Tafakur Arab Latin dan Artinya

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Doa tafakur. Dalam agama Islam, tafakur memiliki arti ibadah yang dilakukan dengan cara berpikir, menghayati, dan merenungi berbagai tanda kebesaran Allah SWT yang dihadirkan-Nya di alam semesta ini.

takafur

Dalam istilah yang lebih akrab, tafakur juga disebut dengan semedi atau meditasi, yakni sebuah praktek membuat pikiran menjadi lebih jernih dengan cara menenangkan diri pada situasi tenang tanpa ada gangguan dari pihak manapun.

Nah pada saat melakukan tafakur, seorang muslim tentu dianjurkan untuk mengamalkan sebuah wirid atau dzikir khusus tafakur. Tujuannya adalah penghayatan yang dilakukan benar-benar dapat semakin dalam sehingga kita bisa seakan menjadi semakin dekat dengan Allah SWT.

Lalu, doa seperti apa yang seharusnya kita baca? Nah bagi yang belu mengetahui teks bacaan lafadz doanya, pada kesempatan ini kami akan menuliskannya dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan terjemahan Indonesia.

Lafadz Doa Tafakur

doa tafakur

Doa pada saat melaksanakan tafakur ini ada banyak sekali. Ada yang diambil dari hadist atau dail shahih, dan ada juga yang berasal dari ayat suci Al-Quran. Di kesempatan ini kami akan menuliskan seluruh teks lafadz doa tafakur secara lengkap.

Langsung saja tanpa basa basi kembali silahkan simak seluruh teks lafadz doa tafakur yang diambil dari berbagai sumber dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan terjemahan Indonesia lengkap berikut ini.

1. Hadist Ibnu Majah

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ

Artinya:
"Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya bisa sempurna segala kebajikan." (HR Ibnu Majah).

2. Diambil dari Al-Qur'an

رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanā mā khalaqta hāżā bāṭilā, sub-ḥānaka fa qinā 'ażāban-nār

Artinya:
"Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka."

3. Hadist Ibnu Sunni

مَا شَاءَ اللهُ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Masya Allah la quwwata illa billah.

Artinya:
"Sesuatu dikehendaki Allah. Tiada kekuatan selain kekuatan Allah." (HR Ibnu Sunni).

Keistimewaan Doa Tafakur

Doa tafakur ini tentu saja memiliki makna yang mendalam, yaitu kita mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah SWT seperti langit yang cerah, pagi yang sejuk, pekerjaan atau bisnis yang lancar, kesehatan yang terjaga, dan lain sebagainya.

Bacaan doa ini dapat dilakukan dengan mengawalinya dengan ucapan hamdalah terlebih dahulu atau mengucapkan doa seperti yang tercantum di dalam ayat Al-Quran yang tentu saja tidak hanya ditujukan untuk mengucap syukur atas berkat jasmani saja, melainkan juga rohani.

Dengan mengucapkan syukur ketika bertafakur, insyaallah kita akan menjadi manusia yang semakin memahami makna penting dalam kehidupan di dunia, sehingga meditasi atau renungan yang kita lakukan dapat membuat hati kita menjadi lebih baik dibanding sebelumnya.

Kesimpulan
Sekian penjelasan mengenai doa tafakur, berserah diri kepada tuhan, berserah diri kepada allah in english, ayat alkitab berserah diri kepada allah, tawakkaltu 'alallah, doa melihat keindahan ciptaan allah, hadits tentang keindahan, ayat alkitab tentang keindahan alam, ayat tentang langit, ayat al-qur'an tentang alam dan lingkungan.

Baca:

Posting Komentar untuk "Bacaan Dzikir Doa Tafakur Arab Latin dan Artinya"