Doa Turun Tanah untuk Selamatan dan Syukuran Anak

Doa Turun Tanah untuk Selamatan dan Syukuran Anak
Daftar Isi Artikel
Abiabiz.com - Doa bacaan turun tanah. Upacara turun tanah disebut juga dengan tidak siten, yakni sebuah budaya warisan leluhur masyarakat Jawa untuk bayi yang berusia sekitar 7-8 bulan. Tedak siten berasal dari dua kata, yakni tedak yang berarti turun dan siten yang berarti siti atau tanah.

doa turun tanah

Prosesi tedak siten dimulai pada pagi hari dengan serangkaian makanan tradisional untuk selamatan. Makanan tradisional ini terbuat dari beras ketan dicampur dengan kelapa muda dan ditumbuk hingga bercampur menjadi satu dan bisa diiris. Beras ketan tersebut diberi pewarna merah, putih, hitam, kuning, biru, jingga, dan ungu.

Makanan ini dijadikan simbol permohonan supaya bayi kelak menjadi orang yang berguna. Setelah acara selamatan ini, dilanjutkan dengan menapakkan kaki bayi di atas jadah 7 warna.

Diteruskan dengan prosesi naik tangga, memasukkan bayi ke dalam kurungan, menghadapkan bayi ke berbagai barang, memakaikan baju bayi, dan lain sebagainya. Tidak lupa kita juga harus membacakan doa untuk bayi dalam acara ini.

Doa tersebut bernama doa turun tanah. Doa yang dipanjatkan untuk memohon berbagai permohonan seperti berkah dan kebaikan bagi bayi, masa depan yang cerah, dan lain sebagainya. Nah pada kesempatan ini kami ingin menuliskan teks lafadz bacaan doa turun tanah yang benar, silahkan disimak.

Lafadz Doa Turun Tanah

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga rahmat dan salam tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad Shollallohu ‘alaihi wa sallam, teriring keluarganya, dan sahabatnya.

Ya Allah, aku memohon perlindungan untuk anak ini kepada Tuhan yang maha esa lagi Tuhan tempat meminta dan bergantung dari jehatan setiap orang yang dengki. Aku memohon perlindungan untuk ibu anak-anak dan keturunannya dengan Zat Engkau dari syetan yang terkutuk.

Ya Allah, hendaklah Engkau menjadikan anak ini menjadi anak yang shaleh. Ya Allah, sungguh kami memohon kepada-Mu keselamatan dunia dan agama, kami memohon kepada-Mu penambahan dan keberkahan dalam ilmu, dam limpahkanlah rizki kepada orang-orang yang berkah mendapatkan rizki.

Wahai Tuhanku, sungguh Engkau telah mengajarkan semua nama-nama kepada Adam, dan sungguh Nabi-Mu Muhammad Saw telah memerintahkan kepada kami memberi nama kepada anak ini dengan nama yang layak di negeri ini …..(sebutkan nama anak).

Wahai Tuhanku, kami dipagi hari di atas kesucian Islam, di atas kepastian ikhlas, di atas agama Nabi Muhammad SAW, dan di atas agama bapak kami Ibrohim sebagai orang yang cenderung kepada kebenaran lagi yang tunduk (kepada ajaran) dan tidaklah ia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Allah.

Ya Allah, sungguh kami memohon kepada-Mu lisan yang berzikir, hati yang bersyukur, badan yang bersabar, dan istri yang menolong kami dalam urusan dunia dan urusan akhirat.

Dan kami berlindung kepada-Mu, wahai Tuhan kami, dari anak yang kepada kami sebagai tuan, dari istri yang menyebabkan tumbuh uban sebelum usia layak beruban, dari harta yang menjadi siksaan dan bencana bagi kami, dan dari tetangga yang bila melihat kebaikan kami, maka ia menyimpan dan bila ia melihat keburukan kami maka ia menyebarkan.

Ya Allah, terimalah aqiqah kami, wahati Tuhan kami, dengan rahmat-Mu wahai Tuhan paling penyayang di antara para penyayang. Dan segala puji hanya untuk Allah, Tuhan semesta alam.

Khasiat dan Manfaat Doa Turun Tanah

Doa turun tanah atau tedak siten memiliki manfaat dan khasiat yang luar biasa. Yang pertama yaitu memohon perlindungan untuk anak supaya bisa bebas dari syetan yang terkutuk. Selain itu, permohonan juga dipanjatkan untuk menjadikan anak kita sebagai anak yang saleh dan berbakti kepada orangtua.

Tidak hanya mendoakan kebaikan anak saja. Di dalam doa ini kita juga memanjatkan permohonan untuk kebaikan kita sebagai orangtua. Kebaikan tersebut meliputi kebaikan agr kita bisa mendidik, merawat, dan membesarkan anak dengan baik sehingga mereka menjadi orang yang saleh di masa depan.

Seperti yang diketahui bahwa kebaikan dan berkah dari anak sangat bergantung dari hasil didikan orangtua. Bila orangtua salah dalam mendidik anak, bukan tidak mungkin anak akan menjadi orang yang bandel dan tidak bertanggung jawab di masa depan.

Kesimpulan
Itu dia penjelasan dari doa turun tanah, download kartu ucapan tedak siten, acara turun tanah bayi menurut islam, dekorasi tedak siten, urutan upacara tedhak siten bahasa jawa, teks mc tedak siten bahasa indonesia, upacara turun tanah betawi, tujuan tedak siten, tedhak tegese.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>