Bacaan Doa Setelah Sholat Gerhana Bulan Sesuai Sunnah

Bacaan Doa Setelah Sholat Gerhana Bulan Sesuai Sunnah
Daftar Isi Artikel
Abiabiz.com - Lafadz doa setelah sholat gerhana bulan. Di pembahasan sebelumnya kami telah menjelaskan mengenai sholat gerhana bulan, mulai dari niat, bacaan doa, hingga tata cara melaksanakannya yang benar.

doa setelah sholat gerhana bulan

Nah pada kesempatan ini, kami akan kembali mengulas ibadah sholat yang sangat utama tersebut, yakni doa, wirid, atau dzikir yang dipanjatkan setelah sholat gerhana bulan selesai dikerjakan. Doa yang kami bagikan merupakan doa sesuai sunnah dan hadist.

Seperti kita ketahui bahwa ibadah sholat gerhana bulan merupakan ibadah sholat yang sangat langka. Sebab sholat ini hanya dikerjakan pada saat gerhana bulan terjadi saja. Maka tidak heran bila umat muslim sangat dianjurkan untuk menyempurnakannya dengan amalan lain.

Seperti sholat-sholat lain pada umumnya yang juga semakin sempurna bila ditambahkan dengan amalan wirid atau dzikir, sholat gerhana bulan pun demikian. Memanjatkan doa mustajab penuh keutamaan akan menjadi sholat kita semakin sempurna.

Doa Setelah Sholat Gerhana Bulan Arab Latin dan Artinya

Doa setelah sholat gerhana bulan ini bisa dibaca sebagai amalan atau wirid dengan dimpimpin oleh imam dan diamini oleh makmum. Bila menunaikan sholat gerhana bulan sendiri, tidak berjamaah, doa ini cukup dibaca dari dalam hati.

Berikut adalah teks, lafadz, bacaan doa setelah sholat gerhana bulan yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin, hingga terjemahan Indonesia yang lengkap. Silahkan disimak.

إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ يُخَوِّفُ بِهِمَا عِبَادَهُ وَإِنَّهُمَا لَا يَنْكَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ فَإِذَا رَأَيْتُمْ كُسُوفَ أَحَدِهِمَا فَصَلُّوا وَادْعُوا حَتَّى يَنْكَشِفَ مَا بِكُمْ

 īnwa al-šwamsa wālqamara aīatāni min aīāti al-lwahi īuẖawwifu bihimā ʿibādahu waīnwahumā lā īankasifāni limaūti āḥad faīḏā raʾāīzum kusūfa āḥadihimā faṣalwuwā wādʿuwā ḥatwai īanْkašifa mā bikum.

Artinya:
“Sesungguhnya matahari dan bulan itu adalah dua tanda kekuasaan Allah, agar hamba takut kepadaNya. Terjadinya gerhana matahari dan bulan itu bukanlah karena kematian seeorang. Maka jika engkau melihatnya, maka shalatlah dan berdoalah hingga gerhana itu tersingkap dari kalian” (HR. An Nasa’i; shahih)

Manfaat Doa Setelah Sholat Gerhana Bulan

Doa sesudah sholat gerhana bulan ini memiliki berbagai keutamaan dan manfaat, di antaranya adalah kita meyadari bahwa gerhana bulan yang kita saksikan kali ini merupakan peristiwa yang hanya terjadi atas seizin Allah SWT.

Bila kita menyadari hal tersebut, maka kita juga akan menyadari bahwa segala sesuatu lainnya yang ada di dunia ini juga terjadi atas kehendak Allah SWT. Mulai dari kehidupan, masa depan, dosa, keberkahan, dan lain sebagainya terjadi atas izin-Nya.

Hal tersebut membuat kita menjadi semakin kagum dengan-Nya dan semakin dekat pula dengan Allah SWT. Setelah itu, kita akan menjadi manusia yang lebih bersyukur dengan apa yang kita miliki saat ini, bukan memaksa agar doa yang kita kehendaki dikabulkan semuanya.

Kesimpulan
Sekian pembahasan soal doa setelah sholat gerhana bulan, gerhana matahari hari ini, bacaan dzikir, niat shalat gerhana matahari, keutamaan shalat gerhana, hikmah shalat gerhana, tata cara sholat istisqo, bacaan tasmi’, tata cara shalat gerhana bulan sesuai sunnah.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>