Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Setelah Sholat Istisqo Arab Latin dan Artinya

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Lafadz doa setelah sholat istisqo. Pada pembahasan sebelumnya kami telah menjelaskan secara lengkap mengenai niat dan tata cara sholat istisqo, yakni ibadah sholat sunnah yang ditunaikan untuk memohon hujan turun di tengah musim kemarau.

doa setelah sholat istisqo

Ibadah sholat sunnah tersebut sangat terkenal di Arab, dianjurkan oleh Nabi Muhammad karena seperti yang kita tahu sendiri bahwa Arab adalah negara yang memiliki cuaca ekstrem. Berada di tengah padang pasir, masyarakat Arab kerap berada pada masa kekeringan dan kesulitan air.

Hal tersebutlah yang mendorong adanya sholat istisqo berjamaah. Ibadah ini kemudian diikuti oleh masyarkakat Indonesia yang kadang mengalami musim kemarau berkepanjangan. Hujan tak kunjung turun dan membuat sungai-sungai tak lagi mengalirkan air kehidupan.

Sholat istisqo tersebut akan semakin sempurna jika ditambahkan dengan bacaan lafadz doa setelah sholat istisqo, yakni sebuah doa khusus bersifat sunnah sebagai penyempurna sholat minta tuurn hujan. Bacaan doanya bisa disimak pada penjelasan di bawah ini.

Bacaan Doa Setelah Sholat Istisqo

Pada pembahasan sebelumnya kami telah menjelaskan mengenai bacaan doa ketika turun hujan, yakni sebuah ungkapan syukur atas berkat hujan yang diberikan Allah SWT.. Nah doa setelah sholat istisqo ini lebih ke memohon agar hujan turun.

Untuk lebih jelasnya silahkan simak pembahasan mengenai teks, lafadz, bacaan doa setelah sholat istisqo yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan terjemahan Indonesia yang benar sesuai sunnah di bawah ini.

1. Arab

اللَّهُمَّ اسْقِنَا غَيْثًا مُغِيثًا مَرِيئًا هَنِيئًا مَرِيعًا غَدَقًا مُجَلَّلًا عَامَّا طَبَقًا سَحًّا دَائِمًا

اللَّهُمَّ اسْقِنَا الْغَيْثَ وَلَا تَجْعَلْنَا مِنَ الْقَانِطِينَ

اللَّهُمَّ إِنَّ بِالْعِبَادِ وَالْبِلَادِ وَالْبَهَائِمِ وَالْخَلْقِ مِنَ الْبَلَاءِ وَالْجَهْدِ وَالضَّنْكِ مَا لَا نَشْكُو إِلَّا إِلَيْكَ

اللَّهُمَّ أَنْبِتْ لَنَا الزَّرْعَ وَأَدِرَّ لَنَا الضَّرْعَ وَاسْقِنَا مِنْ بَرَكَاتِ الْسَمَاءِ وَأَنْبِتْ لَنَا مِنْ بَرَكَاتِ الْأَرْضِ

اللَّهُمَّ ارْفَعْ عَنَّا الْجَهْدَ وَالْجُوعَ وَالْعُرْيَ وَاكْشِفْ عَنَّا الْبَلَاءَ مَا لَا يَكْشِفُهُ غَيْرُكَ

اللَّهُمَّ إِنَا نَسْتَغْفِرُكَ إِنَّكَ كُنْتَ غَفَّارًا فَأَرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْنَا مِدْرَارًا

2. Latin

Allāhummasqinā ghaitsan mughītsan hanī'an marī'an (lan riwayat murī'an) ghadaqan mujallalan thabaqan sahhan dā'iman.

Allāhummasqināl ghaitsa, wa lā taj'alnā minal qānithīn

Allāhumma inna bil 'ibādi wal bilādi wal bahā'imi wal khalqi minal balā'i wal juhdi wad dhanki mā lā nasykū illā ilaika.

Allāhumma anbit lanaz zar'a, wa adirra lanad dhar'a, wasqinā min barakātis samā'i, wa anbit lanā min barakātil ardhi

Allāhummarfa' 'annal jahda wal jū'a wal 'urā, waksyif 'annal balā'a mā lā yaksyifuhū ghairuka

Allāhumma innā nastaghfiruka, innaka kunta ghaffārā, fa arsilis samā'a 'alainā midrārā

3. Artinya

Ya Allah, turunkan kepada kami air hujan yang menolong, mudah, menyuburkan, yang lebat, banyak, merata, menyeluruh, dan bermanfaat abadi. Ya Allah, turunkan kepada kami air hujan. Jangan jadikan kami termasuk orang yang berputus harapan.

Ya Allah, sungguh banyak hamba, negeri, dan jenis hewan, dan segenap makhluk lainnya mengalami bencana, paceklik, dan kesempitan di mana kami tidak mengadu selain kepada-Mu. Ya Allah, tumbuhkan tanaman kami, deraskan air susu ternak kami, turunkan pada kami air hujan karena berkah langit-Mu, dan tumbuhkan tanaman kami dari berkah bumi-Mu.

Ya Allah, angkat dari bahu kami kesusahan paceklik, kelaparan, ketandusan. Hilangkan dari kami bencana yang hanya dapat diatasi oleh-Mu. Ya Allah, sungguh kami memohon ampun kepada-Mu, karena Kau adalah maha pengampun. Maka turunkan pada kami hujan deras dari langit-Mu.

Manfaat Doa Sesudah Sholat Istisqo

Bila kita memanjatkan doa setelah sholat istisqo ini, insyaallah hujan akan segera diturunkan, membasai tanah yang kering, membuat tumbuhan kembali hidup, hewan-hewan bisa kembali minum, dan tentunya menyejukkan suasana yang gersang.

Dapat kita lihat pada terjemahan doa sesudah sholat istisqo ini. Secara terang-terangan kita memohon kepada Allah SWT untuk menurunkan air hujan yang menolong, memudahkan, menyuburkan, dan membuat pepohonan lebih lebat.

Dengan memanjatkannya secara istiqomah, insyaallah manfaat tersebut bisa kita dapatkan. Paceklik pun akan hilang karena Allah SWT telah menunjukkan kuasanya dengan menurunkan air hujan yang membasahi seluruh permukaan bumi.

Kesimpulan
Itu dia pembahasan mengenai doa setelah sholat istisqo, khutbah shalat istisqa, waktu pelaksanaan shalat istisqa, shalat khusuf, shalat istikharah adalah, sholat istighosah, shalat gerhana, sholat minta hujan sendiri, sujud saat membaca ayat sajdah, dan lain sebagainya.

Baca:

Posting Komentar untuk "Doa Setelah Sholat Istisqo Arab Latin dan Artinya"