Doa Setelah Sholat Lailatul Qadar Arab Latin Artinya

Doa Setelah Sholat Lailatul Qadar Arab Latin Artinya
Daftar Isi Artikel
Abiabiz.com - Bacaan doa setelah sholat lailatul qadar. Ada salah satu amalan yang sangat mustajab untuk dikerjakan oleh umat muslim pada sepertiga malam terakhir bulan ramadhan, yakni menggapai lailatul qadar.

doa setelah sholat lailatul qadar

Lailatul qadar ialah malam yang lebih baik dari 1.000 bulan. Ketika kita beribadah pada malam tersebut, insyaallah kita akan mendapatkan pahala dan berkah yang begitu banyak dari Allah SWT, termasuk kebaikan di dunia dan akhirat.

Adapun amalan-amalan yang bisa dikerjakan pada malam lailatul qadar salah satunya adalah sholat lailatul qadar. Pada pembahasan sebelumnya kami pun telah menjelaskan secara lengkap mengenai tata cara, niat, hingga doa sholat lailatul qadar.

Pada kesempatan ini kami ingin menuliskan doa wirid dan dzikir yang bisa dipanjatkan sebagai amalan setelah sholat lailatul qadar. Dengan memanjatkan doa ini, insyaallah sholat yang kita kerjakan tersebut akan menjadi semakin sempurna.

Lafadz Bacaan Doa Setelah Sholat Lailatul Qadar

Pada dasarnya, doa setelah sholat lailatul qadar yang satu ini memiliki keutamaan dan keistimewaan yang luar biasa. Sama halnya dengan doa malam lailatul qadar karena keduanya memiliki lafadz bacaan yang serupa alias tidak berbeda.

Pada kesempatan ini, kami ingin menuliskan teks, lafadz, bacaan doa setelah sholat lailatul qadar yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia lengkap. Silahkan simak ulasannya di bawah ini.

1. Doa Pertama

عَنْ عَائِشَةَ ، قَالَتْ : قُلْتُ : يَا رَسُولَ اللَّهِ ، أَرَأَيْتَ إِنْ عَلِمْتُ أَيُّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ الْقَدْرِ مَا أَقُولُ فِيهَا ؟ قَالَ : قُولِي : اللَّهُمَّ إِنَّكَ عُفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Artinya:
“Saya bertanya kepada Rasulullah, ‘Wahai Rasulullah, bagaimana menurutmu jika saya mendapati malam lailatul Qadar, apa yang harus aku baca?’ Rasulullah bersabda, ‘Bacalah: Allahumma innaka ‘afuwwun kariimun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni (Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku).” (HR. Al-Tirmidzi)

2. Doa Kedua

Rabbana atina fiddunya hasanah, wa fil akhirati hasanah wa qina ‘adzabannar.

Artinya:
“Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami kebajikan di dunia dan kebajikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa api neraka.”

Manfaat Doa Sesudah Sholat Lailatul Qadar

Adapun keutamaan dari doa setelah sholat lailatul qadar yang satu ini ialah untuk membuat kita mendapatkan berkah yang banyak pada malam lailatul qadar di bulan Ramadhan. Adapun berkah tersebut meliputi berkah di dunia dan akhirat.

Berkah di dunia terdiri dari berkah jodoh, pendidikan, pangkat, kebaikan, rezeki, keluarga, saudara yang menyayangi kita, dan lain sebagainya. Sedangkan berkah di akhirat adalah dosa kita diampuni dan kita ditempatkan di surga terbaik-Nya.

Intinya, doa ini memiliki keutamaan dan keistimewaan luar biasa, sama halnya dengan doa setelah sholat lainnya. Maka dari itu, setelah mengerjakan sholat sunnah lailatul qadar, doa yang satu ini tak boleh dilewatkan dan bisa dibaca sebagai amalan tambahan yang baik.

Kesimpulan
Demikian penjelasan dari doa setelah sholat lailatul qadar, doa lailatul qadar, doa setelah sholat witir, doa setelah sholat tarawih, dzikir malam lailatul qadar, doa lailatul qadar arab, doa al qadr, sholat malam lailatul qadar, cara mendapatkan malam lailatul qadar, jam sholat lailatul qadar.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>