Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Setelah Sholat Mayit Jenazah Laki-laki dan Perempuan

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Bacaan doa setelah sholat mayit. Salah satu tugas kita sebagai seorang muslim yang masih hidup ketika mengurus orang yang telah meninggal dunia adalah dengan menyolatinya melalui ibadah sholat jenazah.

doa setelah sholat mayit jenazah

Sholat jenazah ini bisa dikerjakan sendiri atau bersama-sama alias berjamaah. Namun tentu saja mengerjakan sholat secara berjamaah lebih baik dibandingkan sendirian. Selain itu, sholat jenazah atau mayit juga memiliki tata cara pengerjaan yang berbeda dibandingkan sholat pada umumnya.

Sholat jenazah pun sama-sama bisa disempurnakan dengan mengamalkan bacaan doa setelah sholat mayit. Doa ini bisa dipanjatkan setelah jemaah selesai mengerjakan sholat mayit sebanyak 4 takbir.

Bagi yang belum mengetahui teks lafadz bacaan doanya, kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai doa setelah sholat mayit atau jenazah yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia lengkap.

Lafadz Bacaan Doa Setelah Sholat Mayit

Doa setelah sholat mayit atau jenazah ini bisa dibaca untuk wirid dan dzikir sesudah menyolati jenazah laki-laki dan perempuan. Membacanya bisa dilakukan sambil berdiri ataupun duduk di depan mayit alias jenazah.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah teks, lafadz, bacaan, doa setelah sholat mayit atau jenazah yang benar sesuai sunnah dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan terjemahan Indonesia yang benar. Silahkan simak pembahasannya.

1. Arab

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
اَللّٰهُمَّ صَلِّى عَلٰى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍوَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ. اَللّٰهُمَّ بِحَقِّ الْفَتِحَةِ.اِعْتِقْ رِقَابَنَاوَرِقَابَ هٰذَاالْمَيِّتِ (هٰذِهِ الْمَيِّتَتِ) مِنَ النَّارِ٣× اَللّٰهُمَّ اَنْزِلِ الرَّحْمَةَ وَالْمَغْفِرَةَعَلٰى هٰذَالْمَيِّتِ (هٰذِهِ الْمَيِّتَتِ) وَاجْعَلْ قَبْرَهٗ(هَا)رَوْضَةًمِنَ الْجَنَّةِ.وَلاَتَجْعَلْهُ لَهٗ (لَهَا) حُفْرَةًمِنَ النِّيْرَانِ.وَصَلَّى اللّٰهُ عَلٰى خَيْرِخَلْقِهٖ سَيِّدِنَامُحَمَّدٍوَاٰلِهٖ وَصَحْبِهٖ اَجْمَعِيْنَ وَالْحَمْدُلِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

2. Latin

“Bismillaahirrahmaanirrahiim, Allaahumma sholli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa’alaa aali sayyidinaa Muhammadin.”

“Allaahumma bihaqqil fatihati i’tiq riqaa banaa wariqaaba haadzal mayyiti (haadzihil mayyitati) waj’al qabrahuu (haa) roudhotan minal jannati. Walaa taj’alhu lahuu (lahaa) hufratan minanniiraani. Washollallaahu ‘alaa khoiri kholqihi sayyidinaa Muhammadin wa aalihii washohbihii ajma’iina walhamdulillaahi rabbil ‘aalamiina.”

3. Artinya

“Ya Allah, curahkanlah rahmat atas junjungan kami Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad. Oh Allah, dengan berkahnya surat Al Fatihah, bebaskanlah dosa kami dan dosa mayat ini dari siksaan api neraka (3 kali).”

“Ya Allah, curahkanlah rahmat dan berilah ampunan kepada mayat ini. Dan jadikanlah tempat kuburnya taman nyaman dari surga dan janganlah Engkau menjadikan kuburnya itu lubang jurang neraka. Semoga Allah memberi rahmat kepada semulia-mulia makhluk-Nya yaitu junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarganya serta sahabat-sahabatnya sekalian. Segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam.”

Manfaat Doa Sesudah Sholat Mayit

Bila kita melihat terjemahannya, maka kita bisa mengetahui keutamaan dan khasiat dari doa setelah sholat sunnah mayit atau jenazah yang mustajab ini. Doa ini memiliki manfaat yakni untuk memohon ampun atas kesalahan dan dosa yang dilakukan oleh almarhum atau jenazah.

Melalui doa ini, kita juga memohon kepada-Nya untuk menempatkan mayit atau jenazah ke surga tertinggi-Nya, yakni surga firdaus. Dengan demikian, jenazah yang telah meninggal dunia pun akan menjadi semakin mulia di mata Allah SWT.

Seluruh keutamaan dan manfaat tersebut pasti bisa didapat apabila umat muslim mengamalkan doa ini dengan sungguh-sungguh secara istiqomah dan dari hati yang paling dalam. Insyaallah jenazah pun akan menjadi semakin baik di mata-Nya.

Kesimpulan
Demikian penjelasan untuk doa setelah sholat mayit, bacaan sholat jenazah, doa jenazah perempuan allahummaghfirlaha, bacaan shalat jenazah sesuai sunnah, bacaan sholat jenazah muhammadiyah, doa untuk jenazah lebih dari satu, tata cara memandikan jenazah, iqamah shalat jenazah, allahumma la tahrimna, shalat jenazah pdf, tata cara sholat jenazah sesuai sunnah.

Baca:

Posting Komentar untuk "Doa Setelah Sholat Mayit Jenazah Laki-laki dan Perempuan"