Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Setelah Sholat Safar Ketika Akan Bepergian

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Lafadz doa setelah sholat safar. Ketika melakukan perjalanan jauh, entah menggunakan moda transportasi darat, laut, dan udara, seseorang dianjurkan untuk membaca doa mohon keselamatan sampai tujuan.

doa setelah sholat safar

Doa tersebut bisa diamalkan melalui bacaan doa naik kendaraan. Sebuah doa yang umum dipanjatkan oleh masyarakat Indonesia terlebih ketika berada dalam masa mudik lebaran. Selain itu, ada amalan lain yang bisa dilakukan menjelang keberangkatan ke tempat lain.

Amalan tersebut adalah sholat safar, yakni sholat sunnah khusus yang ditunaikan tepat sebelum seseorang berangkat ke suatu tempat. Dan sholat ini dapat semakin sempurna dengan menambahkan amalan bacaan doa setelah sholat sunnah safar.

Doa setelah sholat safar tentu saja masih memiliki kaitan dengan permohonan keselamatan di sepanjang jalan hingga sampa tujuan. Seperti apa doanya? Silahkan langsung saja simak pembahasannya d bawah ini.

Bacaan Doa Setelah Sholat Safar

Doa ini bisa dipanjatkan setelah sholat safar sebanyak 1 kali ataupun bisa menjadi wirid dan dzikir yang mustajab. Memanjatkan doa ini bisa membuat kita menjadi semakin dilimpahkan keberkahan selamat selama dalam perjalanan.

Langsung saja tanpa banyak basa basi kembali silahkan simak pembahasan mengenai teks, lafadz, bacaan doa setelah sholat safar yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan terjemahan Indonesia di bawah ini.

1. Arab

اَللّٰهُمَّ بِكَ اَسْتَعِيْنُ وَعَلَيْكَ اَتَوَكَّلُ اَللّٰهُمَّ ذَلِّلْ صُعُوْبَةَ اَمْرِى وَسَهِّلْ عَلَىَّ مَشَقَّةَ سَفَرِى وَارْزُقْنِى مِنَ الْخَيْرِاَكْثَرَمِمَّااَطْلُبُ وَاصْرِفْ عَنِّى كُلَّ شَرٍّرَبِّ اشْرَحْ لِى صَدْرِى وَيَسِّرْلِى اَمْرِى . اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْتَحْوِذُكَ وَاَسْتَوْدِعُكَ نَفْسِى وَدِيْنِى وَاَهْلِى وَقَارِبِى وَكُلَّ مَااَنْعَمْتَ عَلَىَّ وَعَلَيْهِمْ بِهِ مِنْ اٰخِرَةٍ وَدُنْيَافَاحْفَظْنَااَجْمَعِيْنَ مِنْ كُلِّ سُوْءٍيَاكَرِيْمُ سُبْحَانَكَ اللّٰهُمَّ وَتَحِيَّتُهُمْ فِيْهَاسَلاَمٌ وَاٰخِرُ دَعْوَاهُمْ اَنِ الْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَصَلَّى اللّٰهُ عَلَى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍوَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

2. Latin

Allaahumma bika asta’iinu wa ‘alaika atawakkalu . Allaahumma dzallil shu’uu bata amrii wa sah-hil ‘alayya masyaqqata safarii warzuqnii minal khairi aktsara mimmaa athlubu washrif ‘annii kulla syarrin rabbis rahlii shadrii wayassirlii amrii .

Allaahumma innii astahwidzuka wa astaudi’uka nafsii wadiinii wa ahlii waqaaribiii wa kulla maa an’amta ‘alayya wa’alaihim bihi min aakhiratin wadunyaa fahfadhnaa ajma’iina min kulli suu-in yaa kariimu subhaanakallaahumma wa tahiyyatuhum fiihaa salaamun wa aakhir da’waahum anilhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiina wa shallallaahu ‘ala sayyidinaa Muhammadin wa’ala aalihi washahbihi wasallama .

3. Artinya

“Ya Allah Tuhan kami, hanya kepada-Mu aku bertawakal, mudahkanlah kesukaran-kesukaran urusanku. Mudahkanlah padaku kesukaran perjalananku, berilah aku rezeki berupa kebajikan lebih banyak dari apa yang aku cari. Palingkanlah daripadaku semua kejelekan. Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku dan mudahkanlah urusanku.

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon perlindungan-Mu, aku serahkan diri, agama, keluarga, kerabat dan semua nikmat yang dinugerahkan kepadaku dan kepada mereka, baik mengenai akhirat maupun dunia . Peliharalah kami dari semua bentuk kejelekan, wahai Dzat yang Maha Mulia.

Maha Suci Engkau ya Allah, penghormatan mereka (ahli surga) di dalam surga adalah salam bahagia dan sejahtera, dan akhir doa mereka ialah Alhamdulillaahi rabbil ‘aalamiina (segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam), dan mudah-mudahan rahmat ta’dzim dan salam Allah dilimpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw, keluarga dan para sahabatnya .

Manfaat Doa Sesudah Sholat Safar

Ketika memanjatkan doa setelah sholat safar ini, insyaallah kita akan dilimpahkan banyak sekali kebaikan, khususnya yang berkaitan dengan keselamatan selama dalam perjalanan menuju tempat yang kita inginkan.

Bisa kita lihat di terjemahan doa wirid ini. Kita memohon kepada Allah SWT untuk menghindarkan kita dari kesukaran-kesukaran, dalam konteks ini berarti kecelakaan yang mungkin terjadi. Kemudian memberikan kita kebaijkan, dalam konteks ini berarti keselamatan sampai tujuan.

Panjatkanlah doa ini secara istiqomah dan dari hati yang paling dalam. Insyaallah segala berkah dan kebaikan yang ditawarkan tersebut pun. bisa kita dapatkan atas izin Allah SWT. Maka dari itu janganlah berhenti berdoa untuk sholat safar.

Kesimpulan
Itu dia pembahasan mengenai doa setelah sholat safar, doa safar sesuai sunnah, doa safar bismillahi majreha, doa bepergian jauh, doa naik pesawat, doa keluar rumah, doa bercermin, doa safar pesawat, doa untuk orang yang akan bepergian, adab safar, doa bepergian.

Baca:

Posting Komentar untuk "Doa Setelah Sholat Safar Ketika Akan Bepergian"