Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Doa Setelah Sholat Witir Arab Latin dan Artinya Lengkap

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Bacaan doa setelah sholat witir. Pada pembahasan sebelumnya, kami telah menjelaskan secara lengkap mengenai sholat witir, mulai dari niat, tata cara, hingga doa yang dibaca pada setiap rakaatnya.

doa setelah sholat witir

Sholat witir sendiri merupakan sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari bulan ramadhan berberengan dengan sholat tarawih, tepatnya dilaksanakan setelah sholat isya. Biasanya sholat ini dikerjakan 1 atau 3 rakaat saja.

Agar semakin sempurna, setelah sholat witir kita bisa memanjatkan doa wirid atau dzikir. Doa ini merupakan doa yang biasa dibaca oleh iman dan diamini oleh jemaah ketika habis mengerjakan sholat witir berjamaah.

Bagi yang belum mengetahui bacaan doanya, pada kesempatan ini kami ingin menuliskannya secara lengkap mulai dari bacaan doa dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia. Selain itu kami juga akan menuliskan manfaat dan keutamaannya.

Lafadz Bacaan Doa Setelah Sholat Witir

Doa-doa yang dibaca setelah sholat witir merupakan doa yang didasarkan pada hadist shahih. Terdapat 4 doa yang akan kami bagikan di bawah ini dan keempatnya bukan merupakan satu doa yang terpisah, melainkan sebauh rangkaian yang dijadikan satu. Jadi, doa ini harus dibaca semua dan berurutan.

Adapun bacaan lafadz teks doa setelah shlolat witir sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih yang benar bisa disimak di bawah ini. Kami menuliskannya dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia lengkap.

1. Doa Pertama

سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوسِ

Subhaanal malikil qudduus. (Dibaca 3x)

Artinya:
“Mahasuci Tuhan yang kudus.” (HR. Nasai)

2. Doa Kedua

سُبُّوْحٌ قُدُّوْسٌ رَبُّنَا وَرَبُّ المَلَائِكَةِ وَالرُّوْح

Subbuuhun, quddusun, rabbunaa wa rabbul malaaikati war ruuhi.

Artinya:
“Suci dan kudus Tuhan kami, Tuhan para malaikat dan ruh Jibril.” (HR Al-Baihaqi dan Ad-Daruqutni).

3. Doa Ketiga

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ وَبِمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوبَتِكَ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْكَ لاَ أُحْصِى ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ

Allahumma innii a’uudzu bika bi ridhaaka min sakhatika wa bi mu’aafaatika min ‘uquubatika, wa a’uudzu bika minka laa uhshii tsanaa-an ‘alaika, anta kamaa atsnaita ‘alaa nafsik.

Artinya:
“Ya Allah, aku berlindung dengan keridhaan-Mu dari kemarahan-Mu, dan dengan keselamatan-Mu dari hukuman-Mu dan aku berlindung kepada-Mu dari siksa-Mu. Aku tidak mampu menghitung pujian dan sanjungan kepada-Mu, Engkau adalah sebagaimana yang Engkau sanjukan kepada diri-Mu sendiri.” (H.R. Abu Dawud)

4. Doa Keempat

 أَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْاَلُكَ إِيْمَانًا دَاِئمًا وَنَسْأَلُكَ قَلْبًا خَاشِعًا وَنَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَنَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا وَنَسْأَلُكَ عَمَلًا صَالِحًا وَنَسْأَلُكَ دِيْنًا قَيِّمًا وَنَسْأَلُكَ خَيْرًا كَثِيْرًا وَنَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ وَنَسْأَلُكَ تَمَامَ الْعَافِيَةِ وَنَسْأَلُكَ الشُّكْرَ عَلَى الْعَافِيَةِ وَنَسْأَلُكَ الْغِنَى عَنِ النَّاسِ
أَللَّهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صَلَاتَنَا وَصِيَامَنَا وَقِيَامَنَا وَتَخَشُعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَنَا يَا أَللهُ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Allahumma innaa nas’aluka iimaanan daaimaan, wanasaluka qalban khaasyi’an, wanas’aluka ‘ilman naafi’an, wanas’aluka yaqiinan shaadiqan, wanas’aluka ‘amalan shaalihan, wanas’aluka diinan qayyiman, wanas’aluka khairan katsiran, wanas’alukal ‘afwa wal’aafiyata, wanas’aluka tamaamal ‘aafiyati, wanas’alukasyukra ‘alal ‘aafiyati, anas’alukal ghinaa’a ‘aninnaasi. Allahumma rabbanaa taqabbal minnaa shalaatanaa washiyaamanaa waqiyaamanaa watakhusy-syu’anaa watadharru’anaa wata’abbudanaa watammim taqshiiranaa yaa allaahu yaa allaahu yaa allaahu yaa arhamar raahimiin. washallallaahu ‘alaa khairi khalqihi muhammadin wa’alaa aalihi washahbihi ajma’iina, walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiina.

Artinya:
“Ya Allah, kami mohon pada-Mu, iman yang langgeng, hati yang khusyuk, ilmu yang bermanfaat, keyakinan yang benar, amal yang saleh, agama yang lurus, kebaikan yang banyak. Kami mohon kepada-Mu ampunan dan kesehatan, kesehatan yang sempurna, kami mohon kepada-Mu bersyukur atas karunia kesehatan, kami mohon kepada-Mu kecukupan terhadap sesaama manusia. Ya Allah, tuhan kami terimalah dari kami: shalat, puasa, ibadah, kekhusyu’an, rendah diri dan ibadaha kami, dan sempurnakanlah segala kekurangan kami. Ya allah, Tuhan yang Maha Pengasih dari segala yang pengasih. Dan semoga kesejahteraan dilimpahkan kepada makhluk-Nya yang terbaik, Nabi Muhammad SAW, demikian pula keluarga dan para sahabatnya secara keseluruhan. Serta segala puji milik Allah Tuhan semestra alam.”

Manfaat Doa Sesudah Sholat Witir

Melalui doa ini, kita memohon kepada Allah SWT supaya memiliki iman yang kuat dan langgeng. Selain itu kiga juga memohon bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat, diberi petunjuk ke jalan yang lurus, hingga ampunan dan kecukupan di dunia dan akhirat.

Begitu banyak permohonan yang dipanjatkan pada saat membaca doa setelah sholat witir yang mustajab ini. Dengan memanjatkannya secara khusyu dan dari hati yang paling dalam, insyaallah kita pun bisa merasakan manfaatnya.

Mengerjakan sholat witir memang sangat baik, apalagi jika dikerjakan secaar berjamaah dan berturut-turut 30 hari dalam sebulan ramadhan. Namun dengan memanjatkan doa setelah sholat witir ini, insyaallah kebaikan yang kita dapat akan semakin besar.

Kesimpulan
Demikian penjelasan singkat mengenai doa setelah sholat witir, keutamaan sholat witir, doa setelah hajat. doa setelah tahajud, doa witir panjang, wirid setelah sholat tarawih, doa sesudah sholat tarawih, doa tahajud latin, dzikir setelah sholat tarawih, doa kamilin lengkap, wirid setelah sholat, niat sholat witir.

Baca:

Posting Komentar untuk "Doa Setelah Sholat Witir Arab Latin dan Artinya Lengkap"