Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kumpulan Hadits Tentang Menuntut Ilmu dan Belajar

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Hadits tentang menuntut ilmu. Menuntut ilmu atau belajar merupakan salah satu cara yang paling tepat untuk membuat kita mengetahui hal-hal yang benar dan salah di dalam kehidupan ini. Menuntut ilmu bisa dilakukan dengan berbagai cara.

hadits tentang menuntut ilmu

Salah satu cara yang paling umum untuk menuntut ilmun adalah dengan bersekolah di instansi negeri atau swasta, mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi. Kemudian juga bisa dilakukan dengan bimbel, les privat, mengaji, dan masih banyak lagi.

Ada pula pepatah yang mengatakan menuntut ilmu harus dilakukan sampai ke negeri China. Maksud dari kalimat ini adalah menuntut ilmu atau belajar harus dilakukan sejauh mungkin seperti pandangan orang dulu tentang China adalah negara yang sangat jauh namun menjadi pusat peradaban.

Di bawah ini kami memiliki beberapa daftar kumpulan hadits shahih tentang menuntut ilmu yang beanr sesuai sunnah dalam bahas Arab, latin, dan terjemahan Indonesia. Anda bisa menyimak penjelasan lengkapnya di bawah berikut ini.

Kumpulan Hadits Tentang Menuntut Ilmu

Tanpa banyak basa basi lagi langsung saja silahkan simak penjelasan tentang pentingnya menuntut ilmu. Mudah-mudahan dengan adanya hadits ini kita bisa menjadi semakin sadar bahwa menuntut ilmu itu adalah hal yang sangat penting.

1. Hadist Riwayat Ibnu Majah

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

Artinya:
“Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim.” (HR. Ibnu Majah no. 224)

2. Hadist Riwayat Tabrani

تَعَلَّمُوْاوَعَلِّمُوْاوَتَوَاضَعُوْالِمُعَلِّمِيْكُمْ وَلَيَلَوْا لِمُعَلِّمِيْكُمْ ( رَواهُ الطَّبْرَانِيْ)

Artinya:
"Belajarlah kamu semua, dan mengajarlah kamu semua, dan hormatilah guru-gurumu, serta berlaku baiklah terhadap orang yang mengajarkanmu." (HR Tabrani)

تَعَلّمُواالعِلْمَ وَتَعَلّمُوْا لِلْعِلْمِ السّكِيْنَةَ وَالْوَقَا رَ وَتَوَاضَعُوْا لِمَنْ تَتَعَلّمُوانَ مِنْهُ

Artinya:
"Belajarlah kalian ilmu untuk ketentraman dan ketenangan serta rendah hatilah pada orang yang kamu belajar darinya".

3. Hadist Riwayat Muslim

مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًايَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا,سَهَّلَ اللهُ لَهُ طَرِيْقًا إِلَى الجَنَّةِ . رَوَاهُ مُسْلِم

Artinya:
"Barang siapa menempuh satu jalan (cara) untuk mendapatkan ilmu, maka Allah pasti mudahkan baginya jalan menuju surga." (HR. Muslim)

إِذَا مَاتَ الإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلاَّ مِنْ ثَلاَثَةٍ إِلاَّ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya:
"Jika seorang manusia mati, maka terputuslah darinya semua amalnya kecuali dari tiga hal; dari sedekah jariyah atau ilmu yang diambil manfaatnya atau anak saleh yang mendoakannya." (HR. Muslim no. 1631)

4. Hadist Riwayat Turmudzi

مَنْ خَرَجَ فِى طَلَبُ الْعِلْمِ فَهُوَ فِى سَبِيْلِ اللهِ حَتَّى يَرْجِعَ

Artinya:
"Barang siapa yang keluar untuk mencari ilmu, maka ia berada di jalan Allah hingga ia pulang."

5. Hadist Riwayat Abu Dawud

وَإِنَّ فَضْلَ الْعَالِمِ عَلَى الْعَابِدِ كَفَضْلِ الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ عَلَى سَائِرِ الْكَوَاكِبِ وَإِنَّ الْعُلَمَاءَ وَرَثَةُ الأَنْبِيَاءِ وَإِنَّ الأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوا دِينَارًا وَلاَ دِرْهَمًا وَرَّثُوا الْعِلْمَ فَمَنْ أَخَذَهُ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ

Artinya:
“Keutamaan orang berilmu di atas ahli ibadah bagaikan keutamaan bulan purnama atas seluruh bintang-bintang. Sesungguhnya ulama itu adalah pewaris para nabi. Para Nabi tidaklah mewariskan dirham dan dinar, akan tetapi mereka mewarisi ilmu. Maka barang siapa yang mengambilnya, sungguh dia telah mengambil keberuntungan yang besar” (HR. Abu Dawud. Dinilai sahih oleh Syaikh Albani dalam Shahih wa Dha’if Sunan Abu Dawud  no. 3461)

Kesimpulan
Itu dia beberapa kumpulan bacaan hadist tentang menuntut ilmu, hadist menuntut ilmu sampai ke negeri cina, hadits tentang menuntut ilmu rumaysho, ayat tentang menuntut ilmu, hadist kasih sayang, tholabul 'ilmi, keutamaan menuntut ilmu pdf, keutamaan menuntut ilmu brainly, hikmah menuntut ilmu, pentingnya menuntut ilmu dalam islam, hadist menuntut ilmu sampai liang lahat, hadist menuntut ilmu rumaysho.

Baca: