Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Daftar Hadist Tentang Pahala Amal Jariyah

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Hadist tentang amal jariyah. Amal jariyah merupakan amalan yang pahalanya akan terus mengalir dan tidak akan pernah terputus. Meski orang yang melakukan amalan tersebut telah meninggal, amalan itu akan tetap ada.

hadist tentang amal jariyah

Contoh dari amal jariyah yang pahalanya mengalir deras sampai ke alam kubur di antaranya adalah sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak sholeh serta sholehah.

Ketiga amalan ini sangat menentukan berapa banyak pahala yang akan kita peroleh dan ditimbang di padang mahsyara nanti. Semakin banyak amal jariyah yang kita lakukan, semakin banyak pula pahala yang kita peroleh meski kita telah wafat nantinya.

Keutamaan dan hal-hal lain mengenai amal jariyah juga banyak dibahas di hadist-hadist shahih. Untuk menambah wawasan Anda, kami pada kesempatan ini akan membagikan kumpulan daftar hadist shahih tentang amal jariyah, silahkan simak pembahasannya di bawah ini.

Kumpulan Hadist Tentang Amal Jariyah

Berikut di bawah ini adalah beberapa kumpulan daftar hadist shahih tetnang amal jariyah yang kami rangkum dari berbagai sumber. Simak pembahasan lengkapnya dalam bahasa Arab, latin, beserta artinya berikut.

1. Sedekah Jariyah

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya:
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

2. Ilmu yang Bermanfaat

"Barangsiapa membaca al-qur'an dan mengamalkannya maka kedua orang tuanya pada hari kiamat akan dipakaikan mahkota yang cahayanya lebih bagus daripada cahaya matahari menembus rumah-rumah di dunia." (HR. Abu Dawud dan al-Hakim dari Mu'adz bin Jabal. Shahih. Al- Matjarur-Rabih hlm. 524 nomor 1084).

3. Doa Anak Sholeh

Dari Abdullah bin Umar RA, Rasulullah SAW bersabda: "Keridhaan Allah bergantung kepada keridhaan kedua orangtua dan murka Allah juga bergantung kepada murka kedua orang tua." (HR At-Tirmidzi (no. 1900)).

Kesimpulan
Itu dia sedikit penjelasan singkat mengenai kumpulan hadist tentang amal jariyah, pahala yang terus mengalir disebut, amalan untuk orang tua yang sudah meninggal, pahala setelah meninggal, doa untuk orang tua yang sudah meninggal, arti jariyah, hadits sedekah jariyah, dosa jariyah adalah, shodaqoh, sedekah jumat.

Baca: