Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Daftar Hadist Tentang Anak Sholeh dan Sholehah

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Hadist tentang anak sholeh. Aank sholeh atau sholehah merupakananak yang selalu taat menjalankan perintah Allah SWT dan Rasulullah SAW. Selain itu anak sholeh juga tidak pernah durhaka kepada orangtua.

hadist tentang anak sholeh

Seorang anak sholeh juga merupakan anak yang selalu menjauhkan diri dari segala perbuatan yang Allah SWT dan Rasulullah SAW larang. Mereka tidak akan mudah terbuai dengan bisikan syaitan yang terkutuk.

Tentu saja anak sholeh dipandang baik di mata Allah SWT. Sebab karena ia menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya, niscaya ia akan mendapatkan pahala yang begitu berlimpah dari Allah SWT sedari muda.

Hal ini juga telah banyak dibahas di banyak hadist shahih riwayat Nabi dan sahabat-sahabatnya. Bagi yang belum mengetahui hadist tentang anak sholeh, di kesempatan ini kami akan membagikan hadist tentang anak sholeh berikut.

Kumpulan Hadist Tentang Anak Sholeh

Tanpa banyak basa basi kembali, langsung saja silahkan simak pembahasan lengkap mengenai daftar kumpulan hadist shahih tentang anak yang sholeh dan sholehah. Simak dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia berikut.

1. Amalan Anak Sholeh

إِذَا مَاتَ الإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلاَّ مِنْ ثَلاَثَةٍ إِلاَّ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya:
"Apabila manusia mati maka amalnya terputus kecuali karena tiga hal: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak soleh yang mendoakan orang tuanya." (HR. Ahmad 9079, Muslim 4310, Abu Daud 2882 dan yang lainnya).

2. Pahala Anak Sholeh

“Siapa menyeru kepada petunjuk, ia mendapatkan pahalanya seperti pahala yang diperoleh orang yang mengikutinya tanpa dikurangi sedikitpun dari pahala mereka. Dan siapa yang menyeru kepada kesesatan, ia mendapatkan dosa seperti dosa yang didapatkan pengikutnya tanpa dikurangi sedikitpun dari dosa-dosa mereka.” (HR. Muslim)

3. Amalan Pahala yang Terus Mengalir

“Atau meninggalkan anak yang memintakan ampunan untuknya setelah meninggalnya.” (HR. Al-Bazzar dalam Kasyful Astar dari Anas bin Malik. Dihassankan Syaikh Al-Albani di Shahih Al-Jami’, no. 3602)

“Dan laki-laki yang meninggalkan anak sholeh, anak itu mendoakan kebaikan untuknya.” (HR. Ahmad dan Al-Thabrani, dihasankan Al-Albani di Shahih al-Jami’, no. 877)

“Tidaklah berfaedah kepadanya harta bendanya dan apa yang ia usahakan.” (TQS. Al-Masad: 2).

Kesimpulan
Itu dia sedikit penjelasan singkat mengenai kumpulan hadist tentang anak sholeh, hadits tentang anak sholeh yang mendoakan kedua orang tuanya, hadits tentang anak sholeh dan terjemahannya, kumpulan hadits tentang anak sholeh, ayat dan hadits tentang anak sholeh, hadits tentang doa anak sholeh, hadits tentang anak sholehah, hadits nabi tentang anak sholeh.

Baca: