Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Daftar Hadist Tentang Keutamaan Sedekah

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Hadist tentang keutamaan sedekah. Sedekah disebut juga dengan shodaqoh, ialah kegiatan memberi suatu harta atau jasa secara cuma-cuma kepada orang lain yang lebih membutuhkan.

hadist tentang keutamaan sedekah

Harapan dan tujuan dari pemberian sedekah ini adalah hanya untuk mengharap ridha Allah SWT dan agar yang menerima sedekah bisa terbantu dalam hal tertentu. Pemberi sedekah tentu akan mendapatkan pahala dari Allah SWT bila melakukannya dengan ikhlas.

Contoh bersedekah adalah memberi uang dan makanan kepada fakir miskin, beramal di masjid ketika sholat berjamaah, melaksanakan kerja bakti atau gotong royong, menolong orang yang kesulitan di tengah jalan, dan masih banyak lagi.

Ingin tahu lebih banyak mengenai keutamaan sedekah atau shoqadoh? Anda bisa membaca beberapa kumpulan hadist shahih tentang sedekah yang akan kami bagikan di bawah ini. Silahkan disimak.

Kumpulan Hadist Tentang Keutamaan Sedekah

Berikut ini adalah kumpulan daftar hadist yang shahih mengenai keutamaan sedekah. Anda bisa menyimak selengkapnya dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia berikut ini.

1. Sedekah dan Malaikat

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصبِحُ العِبادُ فِيهِ إِلَّا مَلَكَانِ يَنْزِلانِ، فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا: اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا، وَيَقُولُ الآخَرُ: اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

Artinya:
“Tidak ada hari kecuali setiap hari tersebut ada dua malaikat yang turun setiap pagi dan berkata salah seorang diantara mereka, ‘Ya Allah berilah ganti bagi orang yang berinfaq‘, dan berkata malaikat yang lain, ‘berilah kebinasaan bagi orang yang kikir.'” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Sedekah Adalah Bukti

وَالصَّدَقَةُ بُرْهَانٌ

Artinya:
“Dan sedekah adalah bukti.” (HR. Muslim)

3. Sedekah Tak Mengurangi Harta

مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ

Artinya:
“Sedekah tidak akan mengurangi harta.” (HR. Tirmidzi)

4. Mukjizat Bersedekah

اَ يَتَصَدَّقُ أَحَدُكُمْ بِتَمْرَةٍ مِنْ كَسْبٍ طَيِّبٍ إِلاَّ أَخَذَهَا اللَّهُ تعالى بِيَمِينِهِ، فَيُرَبِّيهَا كَمَا يُرَبِّي أَحَدُكُمْ فَلُوَّهُ، أَوْ قَلُوصَهُ، حَتَّى تَكُونَ مِثْلَ الْجَبَلِ أَوْ أَعْظَمَ

Artinya:
“Tidaklah salah seorang diantara kalian bersedekah dengan satu biji kurma dari sumber penghasilan yang baik kecuali Allah Subhanahu wa Ta’ala akan mengambilnya dengan tangan kananNya kemudian Allah memeliharanya sebagaimana salah seorang diantara kalian memelihara anak kudanya atau anak untanya sampai seperti sebesar gunung atau lebih besar lagi.”

5. Perintah Sedekah

تَصَدَّقُوا! يُوشِكُ الرَّجُلُ يَمْشِي بِصَدَقَتِهِ، فَيَقُول الَّذِي أُعْطِيَهَا: لَوْ جِئْتَ بِهَا بِالْأَمْسِ قَبِلْتهَا، فَأَمَّا الْآنَ فَلَا حَاجَةَ لِي بِهَا، فَلَا يَجِد مَنْ يَقْبَلُهَا

Artinya:
“Bersedekahlah! karena hampir saja seorang laki-laki berjalan membawa sedekahnya, kemudian berkata orang yang diberikan sedekah tersebut: seandainya engkau datang kemarin maka aku akan menerima sedekahmu, adapun hari ini maka saya tidak butuh lagi, maka orang yang ingin bersedekah tersebut tidak mendapatkan orang yang ingin menerimanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Kesimpulan
Itu dia sedikit penjelasan singkat mengenai kumpulan hadist tentang keutamaan sedekah, keajaiban sedekah, sedekah menghapus dosa, ayat tentang sedekah rumaysho, saba' ayat 39, surat al baqarah ayat 254, al- baqarah ayat 274, sedekah tidak membuat miskin, cara sedekah dalam islam, keutamaan sedekah kepada siapa, yang berhak menerima sedekah, hadist tentang sedekah jariyah.

Baca:

Posting Komentar untuk "Daftar Hadist Tentang Keutamaan Sedekah"