Kumpulan Hadist Tentang Mempermainkan Wanita

Abiabiz.com – Hadist tentang mempermainkan wanita. Ketika menikahi seorang wanita, ada dua tujuan utama pria. Pertama, ia benar-benar tulus menjadikannya seorang istri, dan yang kedua hanyalah mempermainkannya.

Tujuan yang kedua inilah yang tidak boleh dilakukan oleh pria. Sebab bagaimanapun, wanita meskipun makhluk lemah mereka memiliki kedudukan yang sangat tinggi di mata Allah SWT. Barang siapa yang menyakiti wanita atau perempuan, ia akan mendapatkan hukuman berat.

Kita tentu juga banyak mendengar hadist dan ayat Alquran yang menyebutkan bahwa surga ada di telapak kaki ibu, atau cerita Rasulullah SAW ketika menyebut nama ibu sebanyak 3 kali baru kemudian menyebut nama ayah membuktikan betapa tingginya derajat wanita.

Maka dari itu jangan pernahlah mempermainkan wanita. Lebih lengkapnya, di kesempatan ini kami akan membagikan beberapa daftar kumpulan hadist shahih tentang larangan mempermainkan wanita atau perempuan yang mudah-mudahan dapat menambah wawasan.

Kumpulan Hadist Tentang Mempermainkan Wanita

Langsung saja, tanpa banyak berbasa basi kembali silahkan simak pembahasan lengkap mengenai daftar hadist shahih tentang mempermainkan wanita. Simak pembahasan hadistnya dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan terjemahan Indonesia lengkap.

1. Hukum Menyakiti Wanita

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shalallahu ‘alayhi Wasallam bersabda: “Berbuat baiklah kepada Wanita, karena sesungguhnya mereka diciptakan dari Tulang Rusuk, dan sesungguhnya Tulang Rusuk yang paling bengkok adalah yang paling atas. Maka sikapilah para Wanita dengan baik.” (HR al- Bukhari)

2. Hukum Menyakiti Hati Ibu

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “Dosa-dosa besar yang paling besar adalah: syirik kepada Allah, membunuh, durhaka kepada orang tua, dan perkataan dusta atau sumpah palsu” (HR. Bukhari-Muslim dari sahabat Anas bin Malik)

3. Kedudukan Wanita dalam Islam

“Sesungguhnya dunia ini seluruhnya adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita yang sholihah.” (HR. Ahmad)

4. Pintu Surga untuk Orangtuanya

“…Barangsiapa yang diuji dengan anak-anak perempuan, kemudia dia berbuat baik kepada mereka, maka anak-anak perempuan tersebut akan menjadi penghalang dari siksa api neraka” (H.R Muslim)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata: “Barangsiapa yang mengayomi dua anak perempuan hingga dewasa maka ia akan datang pada hari kiamat bersamaku”. Anas bin Malik berkata: Nabi menggabungkan jari-jari jemari beliau. (HR Muslim)

5. Surga di Telapak Kaki Ibu

Wahai Rasulullah, siapa orang yang paling berhak bagi aku untuk berlaku bajik kepadanya?” Nabi menjawab, “Ibumu.” Orang itu bertanya lagi, “Kemudian setelah dia siapa?” Nabi menjawab, “Ibumu.” Orang itu bertanya lagi, “Kemudian setelah dia siapa?” Nabi menjawab, “Ibumu.” Orang itu bertanya lagi, “Kemudian setelah dia siapa?” Nabi menjawab, “Ayahmu.” (HR. Bukhari-Muslim)

6. Cara Memperlakukan Wanita

Mu’awiyah bin Haidah ra. berkata : “wahai Rasulullah, apakah hak istri salah seorang di antara kami atas suaminya ?” Beliau menjawab : “kamu harus memberinya makan bila kamu makan, kamu harus memberinya pakaian bila kamu berpakaian, kamu tidak boleh memukul mukanya dan tidak boleh menjelek-jelekanya serta kamu tidak boleh mendiamkanya kecuali dalam rumah”. (Riwayat Abu Dawud)

Kesimpulan

Itu dia sedikit penjelasan singkat mengenai kumpulan hadist tentang mempermainkan wanita, air mata istri mengurangi rezeki suami, 1 tetes air mata laki laki, hadits allah menghitung air mata wanita, istri menangis suami tak peduli, persamaan laki-laki dan perempuan, hadits tentang keistimewaan wanita, kedudukan wanita dalam islam, kesetaraan gender, kedudukan laki-laki dan perempuan dalam islam.

Baca:

Originally posted 2023-10-12 14:28:28.

Tinggalkan komentar