Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kumpulan Hadist Tentang Rahmat Allah dan Artinya

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Hadist tentang rahmat allah. Kita ketahui bahwa rahmat Allah SWT selalu mengiringi aktivitas sehari-hari kita. Mulai dari pagi hingga malam hari, rahmat serta berkah dari-Nya tak akan pernah absen dari kita.

hadist tentang rahmat allah

Meski demikian masih banyak orang yang tak mengakui rahmat dari Allah SWT. Segala kemudahan dalam menjelani hidup dianggap sebagai hasil jerih payahnya sendiri. Hal ini tidak boleh dilakukan mengingat apa yang kita miliki murni pemberian Allah SWT.

Bagi yang masih menganggap rahmat Allah SWT tidak ada, namun ingin yakin bahwa hal tersebut benar-benar nyata, sebaiknya Anda membaca banyak ayat Alquran atau daftar hadist shahih tentrang rahmat Allah SWT.

Hadist tersebut akan kami tulis dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia lengkap. Diharapkan dengan mengetahui rahmat Allah SWT melalui hadist, kita bisa menjadi semakin banyak beribadah, sedekah, dan lain sebagainya.

Kumpulan Hadist Tentang Rahmat Allah

Berikut adalah kumpulan hadist shahih riwayat sahabat Nabi Muhammad SAW atau tokoh muslim terkenal dunia mengenai rahmat Allah SWT tidak akan pernah berhenti. Hadist ditulis dalam bahasa Arab, latin, dan artinya.

1. Rahmat Allah SWT Besar

قَالَ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى يَا ابْنَ آدَمَ إِنَّكَ مَا دَعَوْتَنِي وَرَجَوْتَنِي غَفَرْتُ لَكَ عَلَى مَا كَانَ فِيكَ وَلَا أُبَالِي يَا ابْنَ آدَمَ لَوْ بَلَغَتْ ذُنُوبُكَ عَنَانَ السَّمَاءِ ثُمَّ اسْتَغْفَرْتَنِي غَفَرْتُ لَكَ وَلَا أُبَالِي يَا ابْنَ آدَمَ إِنَّكَ لَوْ أَتَيْتَنِي بِقُرَابِ الْأَرْضِ خَطَايَا ثُمَّ لَقِيتَنِي لَا تُشْرِكُ بِي شَيْئًا لَأَتَيْتُكَ بِقُرَابِهَا مَغْفِرَةً 

Artinya:
“Wahai anak Adam selama engkau masih berdoa kepada-Ku dan berharap kepada-Ku, Aku ampuni engkau apa pun yang datang darimu dan aku tidak peduli. Wahai anak Adam walaupun dosa-dosamu mencapai batas langit kemudian engkau meminta ampun kepada-Ku, Aku akan ampuni engkau dan Aku tidak peduli. Wahai anak Adam, jika engkau mendatangi-Ku dengan sepenuh bumi dosa dan engkau tidak menyekutukan-Ku, maka Aku akan menemuimu dengan sepenuh itu pula ampunan.” (HR. At-Tirmidzi no.3540)

2. Allah Menerima Taubat

إِنَّ اللهَ يَقْبَلُ تَوْبَةَ الْعَبْدِ مَا لَمْ يُغَرْغِرْ

Artinya:
"Sesungguhnya Allah menerima taubat seorang hamba, selama (ruh) belum sampai di tenggorokan". (HR. At Tirmidzi no. 3537)

3. Masuk Surga

ا يُدْخِلُ أَحَدًا مِنْكُمْ عَمَلُهُ الْجَنَّةَ، وَلَا يُجِيرُهُ مِنَ النَّارِ، وَلَا أَنَا إِلَّا بِرَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ

Artinya:
“Tidak ada amalan seorangpun yang bisa memasukkannya ke dalam surga, dan menyelematkannya dari neraka. Tidak juga denganku, kecuali dengan rahmat dari Allah” (HR. Muslim no. 2817).

4. Amalan Ibadah

فكيف يُجمَع بين الآية وبين هذا الحديث ؟ والجواب عن ذلك: أن يقال: يُجمع بينهما بأن المنفيَّ دخول الإنسان الجنة بالعمل في المقابلة، أما المثْبتُ: فهو أن العمل سبب وليس عوضا.

Artinya:
“Bagaimana menggabungkan antara ayat dan hadis ini (yakni hadis Jabir di atas, pent)? Jawabannya, kedua dalil di atas bisa dikompromikan, di mana peniadaan masuknya manusia ke dalam surga karena amalnya dalam arti balasan, sedangkan isyarat bahwa amal sebagai kunci masuk surga dalam arti bahwa amal itu adalah sebab, bukan pengganti” (Syarah Riyadhus Sholihin, 1/575).

5. Perbanyak Sujud

فَأَعِنِّي عَلَى نَفْسِكَ بِكَثْرةِ السُّجُودِ

Artinya:
“Kalau begitu tolonglah aku untuk memperkenankan permintaanmu itu dengan memperbanyak sujud” (HR. Muslim).

6. Derajat Tinggi Penghuni Surga

إِنَّ أَهْلَ الدَّرَجَاتِ الْعُلَى لَيَرَاهُمْ مَنْ تَحْتَهُمْ كَمَا تَرَوْنَ النَّجْمَ الطَّالِعَ فِي أُفُقِ السَّمَاءِ، وَإِنَّ أَبَا بَكْرٍ، وَعُمَرَ مِنْهُمْ وَأَنْعَمَا

Artinya:
“Sesungguhnya penghuni surga yang menempati derajat yang paling tinggi,  akan melihat orang-orang yang berada di bawah mereka, seperti kalian melihat bintang yang terbit di ufuk langit. Dan sngguh Abu Bakr dan ‘Umar, termasuk dari mereka  dan yang paling baik” (HR. Tirmidzi).

7. Rahmat Surga untuk Manusia

وَتِلْكَ الْجَنَّةُ الَّتِي أُورِثْتُمُوهَا بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

Artinya:
“Itulah surga yang dikaruniakan untuk kalian, disebabkan amal sholeh kalian dahulu di dunia” (QS. Az-Zukhruf : 72)

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai hadist tentang rahmat allah, ayat al-qur'an tentang memperbaiki diri, ayat al-qur'an tentang keberadaan allah, hadist kasih sayang latin dan artinya, kumpulan hadits anak, hadits pendek tentang cinta, hadits kasih sayang rumaysho, hadits tentang kasih sayang keluarga, hadist kasih sayang orang tua, ahmat allah adalah, arti rahmat dalam kristen, karunia allah adalah.

Baca:

Posting Komentar untuk "Kumpulan Hadist Tentang Rahmat Allah dan Artinya"