Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kumpulan Hadist Tentang Jangan Balas Dendam

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Hadist tentang dendam. Kadang kita sulit memaafkan kesalahan yang diperbuat orang lain. Hal tersebut karena kesalahan atau dosa yang mereka perbuat terhadap kita benar-benar memberi dampak yang besar terhadap kehidupan kita.

hadist tentang dendam

Kadang pula, perasaan tak mau memaafkan tersebut berkembang dan berubah menjadi dendam. Padahal, Allah SWT sendiri melarang setiap manusia untuk berperilaku yang tidak terpuji seperti dendam yang banyak terjadi di masa kini.

Saat merasa dendam, ada anjuran untuk membaca doa menghilangkan iri dengki dendam. Doa ini bisa dipanjatkan sebagai dzikir maupun setelah selesai sholat. Intinya jangan pernah termakan hasutan syaitan untuk dendam kepada orang lain.

Di sini, kami akan membagikan kumpulan daftar hadist shahih mengenai dendam yang mungkin bisa menjadi referensi Anda agar tidak terbuai oleh hasutan syaitan. Simak selengkapnya hadist-hadist mengenai dendam di bawah ini.

Kumpulan Hadist Tentang Dendam

Di bawah ini adalah berbagai hadits shahih sesuai sunnah mengenai larangan bersikap dendam, jangan membalas keburukan dengan keburukan, dan upaya memendam dendam. Hadist ditulis dalam bahasa Arab, latin, dan artinya lengkap.

1. Mengubur Dendam

وَمَا زَادَ اللهُ عَبْدًا بِعَفْوٍ إِلاَّ عِزًّا 

Artinya:
"Dan tidaklah Allah menambah seorang hamba dengan kemudahan untuk memaafkan kecuali Allah akan memberinya izzah (kemuliaan)." [HR Muslim no. 6535].

2. Dendam dari Tulang Sulbi

بَلْ أَرْجُو أَنْ يُخْرِجَ اللهُ مِنْ أَصْلاَبِهِمْ مَنْ يَعْبُدُ الهَi وَحْدَهُ لاَ يُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا 

Artinya:
"Sesungguhnya aku berharap Allah akan mengeluarkan dari tulang sulbi mereka keturunan yang beribadah kepada Allah semata, tidak menyekutukan-Nya dengan apapun." [HR Muslim no. 4629].

3. Menahan dari Amarah

لَيْسَ الشَّدِيْدُ باِلصُّرْعَةِ إِنَّمَا الشَّدِيدُ الَّذِي يَمْلِكُ نَفْسَهُ عِنْدَ الْغَضَبِ

Artinya:
“Orang yang kuat bukan yang banyak mengalahkan orang dengan kekuatannya. Orang yang kuat hanyalah yang mampu menahan dirinya saat marah.” (HR. al-Bukhari no. 6114)

4. Mendapat Pembelaan Allah SWT

لَئِنْ كُنْتَ كَمَا قُلْتَ فَكَأَنَّمَا تُسِفُّهُمُ الْمَلَّ وَلَا يَزَالُ مَعَكَ مِنَ اللهِ ظَهِيرٌ عَلَيْهِمْ مَا دُمْتَ عَلَى ذَلِكَ

Artinya:
“Jika benar yang kamu ucapkan, seolah-olah kamu menebarkan abu panas kepada mereka. Kamu senantiasa mendapat penolong dari Allah azza wa jalla atas mereka selama kamu di atas hal itu.” (HR. Muslim)

5. Sayangi Makhluk Allah SWT
ارْحَمُوا تُرْحَمُوا، وَاغْفِرُوا يَغْفِرُ اللَّهُ لَكُمْ

Artinya:
“Sayangilah (makhluk), maka kalian akan disayangi oleh Allah. Berilah ampunan, niscaya Allah mengampunimu.” (Shahih al-Adab al-Mufrad no. 293)

6. Mulia di Sisi Allah SWT

مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ وَمَا زَادَ اللهُ عَبْدًا بِعَفْوٍ إِلاَّ عِزًّا وَمَا تَوَاضَعَ أَحَدٌ لِلهِ إِلَّا رَفَعَهُ اللهُ

Artinya:
“Sedekah (hakikatnya) tidaklah mengurangi harta. Tidaklah Allah menambah seorang hamba karena memaafkan kecuali kemuliaan, dan tiada seorang yang rendah hati (tawadhu) karena Allah kecuali diangkat oleh Allah.” (HR. Muslim dari Abu Hurairah radhiallahu anhu)

7. Memaafkan itu Terpuji

مَنْ كَظَمَ غَيْظًا وَهُوَ يَقْدِرُ عَلَى أَنْ يُنفِّذَه دعاهُ اللَّهُ على رؤوسِ الْخَلَائِقِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حَتَّى يُخَيِّرَهُ فِي أَيِّ الْحُورِ شَاءَ

Artinya:
“Barang siapa menahan amarahnya padahal dia mampu untuk membalas, Allah azza wa jalla akan memanggilnya pada hari kiamat di hadapan para makhluk hingga memberikan pilihan kepadanya, bidadari mana yang ia inginkan.” (Hadits ini dinilai hasan oleh Syaikh al-Albani dalam Shahih Sunan Ibni Majah no. 3394).

Kesimpulan
Demikian pembahasan singkat mengenai hadist tentang dendam, hadits tentang dendam, hadits tentang dendam dan munafik, hadits tentang dendam dan artinya, hadits tentang balas dendam, hadits tentang sifat dendam, hadits tentang jangan balas dendam, hadits tentang rasa dendam, hadits tentang menyimpan dendam, apa hadits tentang dendam.

Baca:

Posting Komentar untuk "Kumpulan Hadist Tentang Jangan Balas Dendam"