Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kumpulan Hadist Tentang Tersenyum itu Ibadah

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Hadist tentang tersenyum. Senyum adalah salah satu perbuatan yang sederhana namun memilik dampak begitu besar bagi orang sekitar. Dengan tersenyum, kita bisa memberi berkah karena senyum adalah ibadah.

hadist tentang tersenyum

Melalui senyum pula, kita bisa memberitahu kepada seseorang untuk tidak khawatir terhadap kondisi kehidupan kita. Kita menunjukkan bahwa kita baik-baik saja dan kuat menghadapi cobaan meski di belakang ada tantangan yang begitu berat.

Dalam agama Islam, senyum memiliki berbagai manfaat sebagai sedekah, merupakan perbuatan yang bajik, hingga membuat orang lain bahagia. Semuanya telah tercantum pada hadist-hadist shahih tentang tersenyum.

Di bawah ini pada kesempatan yang insyaallah baik, kami akan membagikan daftar kumpulan hadist shahih mengenai senyum kepada orang lain adalah ibadah dan sedekah. Selengkapnya Anda bisa menyimak pembahasan di bawah berikut ini.

Kumpulan Hadist Tentang Tersenyum

Soal hadist tentang tersenyum atau memberi senyum yang merupakan berkah dan ibadah, kami akan menjelaskannya pada hadist-hadist yang akan kami tulis di bawah ini. Seluruh hadist ditulis dalam bahasa Arab, teks latin, dan terjemahan Indonesia lengkap.

1. Senyum Adalah Sedekah

«تَبَسُّمُكَ فِي وَجْهِ أَخِيكَ لَكَ صَدَقَةٌ»

Artinya:
“Senyummu di depan saudaramu, adalah sedekah bagimu” (Sahih, H.R. Tirmidzi no 1956).

2. Senyum Adalah Kebajikan

«لَا تَحْقِرَنَّ مِنَ الْمَعْرُوفِ شَيْئًا، وَلَوْ أَنْ تَلْقَى أَخَاكَ بِوَجْهٍ طَلْقٍ»

Artinya:
“Janganlah engkau meremehkan kebaikan sedikitpun, meskipun hanya dengan bertemu dengan saudaramu dengan wajah yang berseri”. (H.R. Muslim no 2626).

3. Rasulullah Tersenyum kepada Sahabat

مَا رَآنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُنْذُ أَسلَمْتُ إِلَّا تَبَّسَم فِي وَجْهِي

Artinya:
“Rasulullah tidak pernah melihatku sejak aku masuk islam, kecuali beliau tersenyum”. (Sahih, H.R. Bukhari no. 250)

4. Menjadi Sarana Berbuat Baik kepada Manusia

Artinya:
“Kamu tidak akan mampu berbuat baik kepada semua manusia denga hartamu, maka hendaknya kebaikanmu sampai kepada mereka dengan keceriaan (pada) wajahmu.” (H.R. al-Hakim (1/212)

5. Membuat Orang Lain Bahagia

Artinya:
Menampakkan wajah manis di hadapan seorang muslim akan meyebabkan hatinya merasa senang dan bahagia, dan melakukan perbuatan yang menyebabkan bahagianya hati seorang muslim adalah suatu kebaikan dan keutamaan. (Lihat kitab “Tuhfatul ahwadzi” no. 6 hal 75-76)

Kesimpulan
Demikian pembahasan singkat mengenai hadist tentang tersenyum, hadits tentang tersenyum kepada saudara, hadits tentang tersenyum itu ibadah, kumpulan hadits tentang tersenyum, hadits tentang allah tersenyum, hadits tentang selalu tersenyum, hadits tentang membuat orang tersenyum, hadits tentang tersenyumlah.

Baca: