Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Hadist dan Dalil Tentang Infaq di Jalan Allah SWT

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Hadist tentang infaq. Berbeda dengan sedekah yang diberikan secara ikhlas, infaq adalah pemberian yang dilakukan dalam beberapa hal. Terdiri dari infaq wajib, sunnah, dan lain sebagainya yang semuanya tentu bermanfaat untuk mendapat pahala.

hadits tentang infaq

Infaq yang wajib itu seperti zakat, nazar, kafarat, mas kawin, dan lain sebagainya. Sedangkan infaq yang sunnah itu seperti memberi kepada fakir miskin, menyumbang kepada korban bencana alam, menyantuni anak yatim, dan lain sebagainya.

Nah, ada banyak lho penjelasan di dalam hadist shahih tentang penting dan utamanya infaq. Di sini, kami akan membagikkan kumpulan daftar hadist shahih tentang infaq di jalan Allah SWT yang semoga bermanfaat untuk menambah wawasan kita bersama.

Kumpulan Hadist Tentang Infaq

Silahkan langsung simak kumpulan daftar hadist shahih tentang infaq di jalan Allah SWT yang benar, shahih, ditulis dalam bahasa Arab, latin, beserta artinya atau terjemahan bahasa Indonesia.

1. Tangan di Atas Lebih Baik dari Tangan di Bawah

عن أَبي هريرة – رضي الله عنه: عن النَّبيّ – صلى الله عليه وسلم – قَالَ: «اليَدُ العُلْيَا خَيْرٌ مِنَ اليَدِ السُّفْلَى، وَابْدَأ بِمَنْ تَعُولُ، وَخَيْرُ الصَّدَقَةِ مَا كَانَ عَنْ ظَهْرِ غِنىً، وَمَنْ يَسْتَعْفِفْ يُعِفَّهُ اللهُ، وَمَنْ يَسْتَغْنِ يُغْنِهِ اللهُ». رواه البخاري.

Artinya:
Dari Abu Hurairah r.a. bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda : Tangan diatas itu lebih baik dari tangan dibawah. Dan mulailah dengan orang yang menjadi keluargamu. Dan sebaik-baik sedekah ialah yang diberikan di luar keperluan. Dan barangsiapa yang menahan diri (dari meminta-minta), maka Allah akan mencukupkan kebutuhannya Dan barangsiapa yang merasa kaya (terhadap ada yang ada), maka Allah akan membuatnya kaya.” (Riwayat Bukhari)

2. Setiap yang Diberikan Terhitung Pahala

عن سعد بن أَبي وقاص – رضي الله عنه -: أنَّ رسولَ الله – صلى الله عليه وسلم – قَالَ لَهُ: «وإنَّكَ لَنْ تُنْفِقَ نَفَقَةً تَبْتَغِي بِهَا وَجْهَ اللهِ إلاَّ أُجِرْتَ بِهَا حَتَّى مَا تَجْعَلُ في فيِّ امرأتِك». مُتَّفَقٌ عَلَيهِ.

Artinya:
Dari Sa’ad bin Abu Waqqash r.a. , bahwasanya Rasulullah s.a.w. bersabda kepadanya: “Sesungguhnya engkau tiada menafkahkan sesuatu nafkahpun yang dengannya itu engkau mencari keridhaan Allah, melainkan engkau pasti diberi pahala karena pemberian nafkahmu tadi, sampaipun sesuatu yang engkau jadikan untuk makanan mulut istrimu.” (Muttafaq ‘alaih)

3. Doa dari Malaikat

عن أَبي هريرة – رضي الله عنه: أن النَّبيّ – صلى الله عليه وسلم – قَالَ: «مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ العِبَادُ فِيهِ إلاَّ مَلَكانِ يَنْزلاَنِ، فَيقُولُ أحَدُهُمَا: اللَّهُمَّ أعْطِ مُنْفقًا خَلَفًا، وَيَقُولُ الآخَرُ: اللَّهُمَّ أعْطِ مُمْسِكًا تلَفًا». مُتَّفَقٌ عَلَيهِ.

Artinya:
Dari Abu Hurairah r.a. bahwasanya Nabi s.a.w. bersabda: “Tiada suatu haripun yang semua hamba Allah berpagi-pagi pada hari itu, melainkan ada dua malaikat yang turun (kebumi), yang satu berkata: “Ya Allah, berikanlah kepada orang yang memberikan nafkah akan gantinya,” sedang yang lainnya berkata: “Ya Allah, berikanlah kepada orang yang menahan hartanya dan enggan menafkahkan menjadi habis sama sekali.” (Muttafaq ‘alaih)

4. Mengabdi di Jalan Allah SWT

قال فأخبرني عن الإحسان قال أن تعبد الله كأنك تراه فإن لم تكن تراه فإنه يراك رواه مسلم

Artinya:
"Jibril berkata lagi, ‘Beritahu aku apa itu ‘Ihsân!’’ Rasul menjawab, ‘Ihsân itu adalah jika Anda mengabdi kepada Allah seolah-olah Anda melihat-Nya, dan andai Anda tidak dapat melihatnya, maka Dia pasti melihat Anda," (HR Muslim).

5. Anjuran Berinfaq

يحث تعالى عباده على الإنفاق في سبيله ، وقد كرر تعالى هذه الآية في كتابه العزيز في غير موضع

Artinya:
“(Dengan ayat ini) Allah SWT menganjurkan kepada para hamba-Nya agar gemar berinfaq di jalan-Nya. Dia mengulang-ulang anjuran ini dalam kitab-Nya Yang Maha Mulia ini (Al-Qurân) dalam berbagai ayat yang lain,” (Ibnu Katsir, Tafsir Ibn Katsir,

Kesimpulan
Itu dia pembahasan singkat mengenai hadist tentang infaq, kumpulan hadits tentang infaq, ayat dan hadits tentang infaq dan sedekah, ayat dan hadits tentang infaq, makalah hadits tentang infaq, dalil dan hadits tentang infaq, hadits tentang infaq dan sedekah, hadits shahih tentang infaq, hadits pendek tentang infaq.

Baca:

Posting Komentar untuk "Hadist dan Dalil Tentang Infaq di Jalan Allah SWT"