Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kumpulan Hadist Tentang Proses Kehamilan

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Hadist tentang kehamilan. Ketika seorang wanita hamil, ia harus bersyukur sebab itu adalah anugerah yang luar biasa dari Allah SWT. Tidak ada kebahagiaan yang lebih tinggi diberikan kepada perempuan selain mendapati dirinya hamil.

hadits tentang kehamilan

Namun jangan hanya larut dalam kebahagiaan saja, ada banyak tugas dan kewajiban yang harus dilakukan seorang perempuan ketika hamil. Seperti menjaga janin, menjaga kesehatan diri sendiri, melakukan pemeriksaan kehamilan rutin, dan lain sebagainya.

Wanita atau ibu yang tengah hamil juga memiliki keutamaan luar biasa, dipandang sangat istimewa di dalam agama Islam. Di kesempatan ini, kami akan membagikan daftar kumpulan hadist shahih tentang kehamilan secara lengkap.

Kumpulan Hadist Tentang Kehamilan

Langsung saja tanpa banyak bicara lagi, berikut adalah kumpulan lafadz bacaan doa teks hadist shahih tentang kehamilan yang ditulis dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia lengkap.

1. Mati Syahid

شهداء أمتي إذاً لقليل ، القتل في سبيل الله عز وجل شهادة ، والطاعون شهادة ، والغرق شهادة ، والبطن شهادة ، والنفساء يجرها ولدها بسرره إلى الجنة

Artinya:
“Berarti orang yang mati syahid di kalangan umatku cuma sedikit. Orang yang mati berjihad di jalan Allah, syahid, orang yang mati karena Tha’un, syahid. Orang yang mati tenggelam, syahid. Orang yang mati karena sakit perut, syahid. Dan wanita yang mati karena nifas, dia akan ditarik oleh anaknya menuju surga dengan tali pusarnya.” (HR. Ahmad dalam musnadnya 15998. Dan dinilai Shahih li Ghairih oleh Syuaib Al-Arnauth).

وَالمَرْأَةُ تَمُوتُ بِجُمعٍ شَهِيدة (رواه أبو داود،  رقم 3111،  و صححه النووي فى شرح مسلم 13/62)

Artinya:
“Dan wanita yang meninggal dunia karena melahirkan itu syahid.’ (HR. Abu Daud, 3111, dishahihkan oleh An-Nawawi di Syarh Muslim, 13/62)

2. Keutamaan Mengandung

إِنِّي أَصَبْتُ امْرَأَةً ذَاتَ حَسَبٍ وَجَمَالٍ ، وَإِنَّهَا لا تَلِدُ ؛ أَفَأَتَزَوَّجُهَا ؟ قَالَ : لا !!  ثُمَّ أَتَاهُ الثَّانِيَةَ فَنَهَاهُ .  ثُمَّ أَتَاهُ الثَّالِثَةَ فَقَالَ :  تَزَوَّجُوا الْوَدُودَ الْوَلُودَ فَإِنِّي مُكَاثِرٌ بِكُمْ الأُمَمَ  (رواه أبو داود، رقم 2050 والنسائى، رقم 3227 و صححه الألباني )

Artinya:
‘Saya mendapatkan seorang wanita yang kaya dan cantik. Akan tetapi dia tidak melahirkan (mandul). Apakah saya nikahi? (Beliau) menjawab; ‘Tidak.' Kemudian ada orang kedua mendatanginya, kemudian beliau melarangnya. Kemudian datang orang ketiga, maka beliau bersabda: ‘Nikahilah (wanita) yang  mempunyai penuh kasih sayang dan yang banyak melahirkan. Karena sunguh Aku bangga dengan banyaknya kalian di hadapan umat-umat lain.’ (HR. Abu Daud, 2050, Nasa’i, 3227 dan dishahihkan oleh Al-Albany)

3. Ibu

جَاءَ رَجُلٌ إِلَى رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ :يَا رَسُوْلَ اللهِ، مَنْ أَحَقُّ النَّاسِ بِحُسْنِ صَحَابَتِي؟ قَالَ أُمُّكَ، قَالَ ثُمَّ مَنْ؟ قَالَ أُمُّكَ، قَالَ ثُمَّ مَنْ؟ قَالَ أُمُّكَ، قَالَ ثُمَّ مَنْ، قَالَ أَبُوْكَ

Artinya:
“Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi shalallaahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Kemudian ayahmu.’” (HR. Bukhari 5971 dan Muslim  2548)

Kesimpulan
Itu dia pembahasan singkat mengenai hadist tentang kehamilan, hadits tentang kehamilan 4 bulan kumpulan hadits tentang kehamilan, ayat dan hadits tentang kehamilan, hadits tentang 7 bulanan kehamilan, hadits tentang 4 bulanan kehamilan, hadits tentang proses kehamilan.

Baca: