Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Daftar Hadits Tentang Perintah Wanita Berjilbab

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Daftar hadits tentang berjilbab. Ada kewajiban bagi seorang wanita untuk berjilbab atau berkerudung. Sebab hal tersebut bermanfaat untuk menutup rambut yang merupakan aurat atau bagian tubuh wanita yang harus ditutupi.

hadits tentang berjilbab

Terutama ketika beraktivitas di luar rumah, setiap wanita sejatinya harus ingat untuk terus berjilbab. Dengan berjilbab tentu kita bisa menghindari kemungkinan-kemungkinan buruk terhadap akal bulus syaitan yang menjebak.

Kewajiban dan anjuran mengenakan jilbab juga banyak diterangkan di dalam hadits shahih. Di kesempatan ini, kami akan membagikan kumpulan hadits shahih tentang berjilbab, simak ulasan lengkapnya di bawah berikut ini.

Kumpulan Hadits Tentang Berjilbab

Berikut di bawah ini adalah beberapa bacaan lafadz doa hadits dan dalil shahih tentang keutamaan serta kewajiban berjilab dan menutup aurat bagi wanita muslimah. Ditulis dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia lengkap.

1. Alasan Wanita Berjilbab

ذَاقَ طَعْمَ الإِيماَنِ مَنْ رَضِيَ بالله رَباًّ وَبالإسْلامِ دِيْناً وَبِمُحَمَّدٍ رَسُوْلًا. 

“Sungguh akan merasakan manisnya iman, seseorang yang telah rela Allah sebagaiRabb, Islam sebagai agama, dan Muhammad sebagai Rasul utusan Allah”. [HR Muslim].

كُلُّ أُمَّتِي مُعَافىً إلاَّ المُجَاهِرُن.

“Setiap umatku (yang bersalah) akan dimaafkan, kecuali orang yang secara terang-terangan (berbuat maksiat)”. [Muttafaqun alaih].

نظرة فإبتسامة فسلام * فكلام فموعد فلقاء.

“Berawal dari pandangan lalu senyuman kemudian salam disusul pembicaraan lalu berakhir dengan janji dan pertemuan”.

2. Syarat Berjilbab

من لبس ثوب شهرة في الدنيا ألبسه الله ثوب مذلة يوم القيامة ثم ألهب فيه النار.

“Barangsiapa yang mengenakan pakaian kesombongan di dunia maka Allah akan mengenakan pakaian kehinaan nanti pada hari kiamat kemudian ia dibakar dalam Neraka”. [HR Abu Daud dan Ibnu Majah, dan hadits ini hasan]

أَيُّماَ امْرَأَةٍ اسْتَعْطَرَتْ فَمَرَّتْ عَليَ قَوْمٍ لِيَجِدوُا رِيْحَهَافهي زَانِيَةٌ. 

“Siapapun wanita yang mengenakan wewangian lalu melewati segolongan orang agar mereka mencium baunya, maka ia adalah wanita pezina”. [HR Abu Daud, Nasa’i dan Tirmidzi, dan hadits ini Hasan]

مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ.

“Barangsiapa yang menyerupai kaum maka dia termasuk bagian dari mereka”. [HR Ahmad dan Abu Daud]

Kesimpulan
Demikian ulasan singkat mengenai hadits tentang berjilbab, hadits menutup aurat beserta arabnya, hadits tentang hijab dan ayah, hadits tentang berhijab yang benar, hukum menutup aurat wajib 'ain, perintah menutup aurat rumaysho, hadits menutup aurat untuk anak tk, ayat al qur'an tentang perintah berhijab.

Baca:

Posting Komentar untuk "Daftar Hadits Tentang Perintah Wanita Berjilbab"