Daftar Hadits Tentang Derajat Wanita dan Laki-laki

Abiabiz.com – Daftar hadits tentang derajat wanita. Ada banyak macam-macam wanita di dunia ini, namun derajat mereka tidaklah sama. Dalam agama Islam, derajat seorang wanita ditentukan dari iman dan takwanya kepada Allah SWT.

Semakin tinggi ia beriman, semain ia bertakwa, semakin sering ia menunaikan ibadah sholat wajib dan sunnah, insyaallah derajat mereka di mata Allah SWT pun semakin tinggi. Hal ini juga termasuk ketika makin seringnya memanjatkan doa agar mendapat kedudukan yang mulia.

Pada kesempatan ini, kami akan membagikan daftar kumpulan hadits shahih tentang kedudukan wanita, perempuan, atau muslimah serta laki-laki di mata Allah SWT dan agama Islam. Simak hadits dan dalil shahihnya di pembahasan berikut ini.

Kumpulan Hadits Tentang Derajat Wanita

Tanpa banyak bicara kembali, langsung saja silahkan simak kumpulan daftar hadits shahih tentang derajat wanita dan laki-laki yang lengkap. Ditulis dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia sesuai sunnah.

1. Perempuan Shalihah adalah Perhiasan Dunia

“Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah istri yang salihah.” (HR. Muslim).

2. Perempuan Shalihah Lebih Baik dari Bidadari Surga

“Dalam hadits disebutkan, Rasulullah SAW bersabda, ‘Perempuan berjenis manusia asal dunia lebih utama daripada para bidadari surga 70.000 kali lipat.’”

3. Perempuan Diberi Pengecualian Khusus dalam Beribadah

“Siapa saja wanita yang mengalami haid, maka sakitnya haid yang mereka alami akan menjadi kafarah (tebusan) bagi dosa–dosanya yang terdahulu.”

4. Dapat Masuk Surga dari Pintu Manapun

“Jika seorang wanita menunaikan salat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadan, menjaga kemaluannya, dan menaati suaminya; niscaya akan dikatakan padanya: ‘Masuklah ke dalam surga dari pintu mana pun yang kau mau.’” (HR. Ahmad).

5. Perempuan Hamil dan Melahirkan Setara Jihad

“Mati syahid ada 7 selain yang terbunuh di jalan Allah. Orang yang mati karena thaun, orang yang mati tenggelam, orang yang mati karena ada luka parah di dalam perutnya, orang yang mati sakit perut, orang yang mati terbakar, orang yang mati karena tertimpa benda keras, dan wanita yang mati, sementara ada janin dalam kandungannya.” (HR. Abu Daud 3111).

6. Derajat Ibu Lebih Tinggi Dibanding Ayah

“Seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah: ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah seharusnya aku harus berbakti pertama kali?’. Rasulullah memberikan jawaban dengan ucapan ‘Ibumu’ sampai diulangi tiga kali, baru kemudian yang keempat Nabi mengatakan ‘Ayahmu’.” (HR. Bukhari no. 5971 dan Muslim no. 2548).

Kesimpulan

Demikian ulasan singkat mengenai hadits tentang derajat wanita, kedudukan wanita dalam tamadun islam, hadis lelaki memaki wanita, sebaik baik perhiasan dunia, ayat alquran tentang jodoh, hak dan kewajiban pria dalam islam, kesetaraan gender dalam islam, kedudukan wanita dalam islam, patriarki adalah, perbedaan laki-laki dan perempuan dalam islam.

Baca:

Originally posted 2023-10-12 16:30:50.

Tinggalkan komentar