Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Daftar Hadits Tentang Haramnya Mencukur Alis

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Daftar hadits tentang mencukur alis. Sama seperti bagian tubuh lainnya yang harus dirawat, alis merupakan salah satu pemberian dari Allah SWT. Mempercantik dan merawatnya maka kita akan mendapatkan pahala berlimpah.

hadits tentang mencukur alis

Namun pada masa kini kita banyak menemui orang yang tidak puas akan bentuk alisnya. Sehingga dengan berbagai pertimbangan mereka memutuskan untuk mencukur alis agar terlihat lebih rapi sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Dijelaskan dalam hadits, siapa saja yang mencukur alis perlu mengetahui bahwa itu bukan perbuatan yang diizinkan. Allah SWT melaknat orang, baik laki-laki atau perempuan yang mencukur alisnya. Pembahasan haditsnya bisa disimak di bawah berikut ini.

Kumpulan Hadits Tentang Mencukur Alis

Silahkan langsung saja simak pembahasan mengenai kumpulan hadits shahih tentang larangan mencukur alis dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia sesuai sunnah. Simak dalam ulasan di bawah ini.

1. Larangan Mencukur Alis

لَعَنَ اللَّهُ الْوَاشِمَاتِ وَالْمُسْتَوْشِمَاتِ وَالنَّامِصَاتِ وَالْمُتَنَمِّصَاتِ

“Allah melaknat orang yang mentato dan yang minta ditato. Allah pula melaknat orang yang mencabut rambut wajah dan yang meminta dicabut.” (HR. Muslim no. 2125)

An Nawawi rahimahullah ketika menerangkan an namsh, beliau katakan, “An naamishoh adalah orang yang menghilangkan rambut wajah, sedangkan al mutanammishoh adalah orang yang meminta dicabutkan. Perbuatan namsh itu haram kecuali jika pada wanita terdapt jenggot atau kumis, maka tidak mengapa untuk dihilangkan, bahkan menurut kami hal itu disunnahkan.” (Al Minhaj Syarh Shahih Muslim, 14/106)

2. Wanita Mencukur Alis

لَعَنَ اللَّهُ النَّا مِصَاتِ و الْمُتَنَمِّصَاتِ

“Allah melaknat perempuan-perempuan yang mencukur alis dan perempuan-perempuan yang minta dicukur alisnya”

لَعَنَ اللَّهُ النَّا مِصَاتِ و الْمُتَنَمِّصَاتِ ….. لَعَنَ اللَّهُ الوَاصِلاَتِ وَالْمُسْتَوْ صِلاَتِ 

“Allah melaknat wanita-wanita yang mencabut bulu, Allah melaknat orang yang menyambung rambut, dan yang minta disambung rambutnya”

لَعَنَ اللَّهُ الوَاصِلاَتِ وَالْمُسْتَوْ صِلاَتِ

“Allah melaknat wanita yang menyambung rambut, dan yang minta disambung rambutnya”

Kesimpulan
Demikian ulasan singkat mengenai hadits tentang mencukur alis, hukum mencukur alis menurut al qur'an, merapikan alis tanpa cukur, maksud mencukur alis, cukur alis pria, hukum merapikan alis, cara mencukur alis, mitos cukur alis sebelum menikah.

Baca:

Posting Komentar untuk "Daftar Hadits Tentang Haramnya Mencukur Alis"