Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kumpulan Hadits Tentang Keutamaan Tepat Waktu

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Hadits tentang tepat waktu. Dalam menjalani kehidupan di dunia, kita harus menjadi manusia yang disiplin. Artinya, apa yang kita kerjakan harus sesuai tepat dengan waktunya, jangan biasakan untuk terlambat.

hadits tentang tepat waktu

Namun yang namanya orang Indonesia, disuruh kumpul jam 8 baru berangkat jam 9. Disuruh sholat subuh berjamaah malah telat bangun siang. Kebiasaan ini, harusnya kita kurangi dan bahkan hilangkan karena hanya akan menimbulkan dampak negatif.

Padahal, umur manusia di dunia terbatas. Apakah kita yakin bahwa amal kebaikan yang kita kumpulkan di dunia sudah cukup untuk membawa kita menuju surga-Nya? Jika tidak, lantas mengapa masih mengabaikan waktu?

Beribadahlah selagi masih punya waktu, lakukan aktivitas secara disiplin agar hidup lebih terkontrol. Berikut kami akan bagikan daftar kumpulan hadits shahih tentang tepat waktu, simak ulasannya di bawah berikut ini.

Daftar Hadits Tentang Tepat Waktu

Silahkan simak langsung saja di bawah ini kumpulan hadits tentang tepat waktu, menghargai waktu karena waktu manusia di dunia ini terbatas. Lafadz bacaan hadits ditulis dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia.

1. Jangan Tertipu Waktu Luang

نِعْمَتَانِ مَغْبُوْنٌ فِيْهِمَا كَثِيْرٌ مِنَ النَّاسِ: الصِّحَّةُ وَالفَرَاغُ

Artinya:
"Dua nikmat yang banyak manusia tertipu di dalam keduanya, yaitu nikmat sehat dan waktu luang." (HR. Bukhari, Tirmidzi dan Ibnu Majah).

2. Jaga Lima Perkara Sebelum Lima Perkara

اغْتَنِمْ خَمْسًا قَبْلَ خَمْسٍ: شَبَابَكَ قَبْلَ هَرَمِكَ، وَصِحَّتَكَ قَبْلَ سَقَمِكَ، وَغِنَاكَ قَبْلَ فَقْرِكَ، وَفَرَاغَكَ قَبْلَ شُغْلِكَ، وَحَيَاتِكَ قَبْلَ مَوْتِكَ

Artinya:
"Jagalah lima perkara sebelum (datang) lima perkara (lainnya). Mudamu sebelum masa tuamu, sehatmu sebelum sakitmu, kayamu sebelum miskinmu, waktu luangmu sebelum sibukmu dan hidupmu sebelum matimu." (HR Nasai dan Baihaqi).

3. Usia Nabi Muhammad

أَعْمَارُ أُمَّتِى مَا بَيْنَ السِّتِّينَ إِلَى السَّبْعِينَ وَأَقَلُّهُمْ مَنْ يَجُوزُ ذَلِكَ

Artinya:
"Usia umatku (Muslim) antara 60 hingga 70 tahun, dan sedikit sekali dari mereka yang melewatinya." (HR Ibnu Majah dan Tirmidzi).

Kesimpulan
Sekian pembahasan dari daftar lafadz bacaan hadits tentang tepat waktu, manfaat menghargai waktu, ayat alkitab tentang menghargai waktu, waktu adalah pedang, kata mutiara tentang waktu, pembagian waktu dalam islam, waktu dalam islam rumaysho, hadits tentang waktu luang.

Baca:

Posting Komentar untuk "Kumpulan Hadits Tentang Keutamaan Tepat Waktu"