Daftar Hadits Tentang Bendera Rasulullah yang Asli

Abiabiz.com – Hadits tentang bendera rasulullah. Nabi Muhammad SAW memiliki bendera yang dijadikan panji. Ada Al-Liwa yang merupakan panji kebesaran Islam yang cirinya berwarna putih dan berukuran besar.

Ada juga Ar-Rayah yang merupakan panji peperangan, kerap dibawa ketika berperang dan memiliki ciri ukuran lebih kecil serta berwarna hitam. Ada lafadz laa ilaha illallah dalam bendera tersebut yang merupakan ciri khas dari bendera Rasulullah.

Tapi mungkin masih ada banyak yang meragukan keaslian dari bendera Rasulullah SAW. Padahal, di dalam hadits telah banyak dijelaskan mengenai ciri, warna, hingga tulisan yang ada di dalam bendera Rasulullah SAW tersebut.

Maka dari itu di kesempatan yang baik ini kami ingin membagikan kumpulan daftar hadits dan dalil shahih tentang bendera Rasulullah SAW yang semoga memberi petunjuk jelas. Silahkan simak ulasannya di bawah berikut.

Daftar Hadits Tentang Bendera Rasulullah

Ini dia sederet kumpulan daftar hadits dan dalil shahih tentang bendera Rasulullah SAW sebagai panji umat Islam yang shahih dan asli, ditulis dalam bahasa Arab, latin, beserta artinya atau terjemahan Indonesia lengkap sesuai sunnah.

1. Warna Bendera

كَانَ لِوَاءُ رَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه وسلم أَبْيَض ، وَ رَايَتُهَ سَوْدَاء

“Bendera ‘liwā’ Rasulullah berwarna putih dan ‘rāyah’-nya berwarna hitam.” (HR. Tirmidzi, Hakim, Ibnu Majah dan al-Khatib).

2. Tulisan La Ilaha Illallah

كَانَتْ رَايَةُ رَسُوْلِ اللهِ سَوْدَاءَ وَلِوَاؤُهُ أَبْيَضُ مَكْتُوْبٌ عَلَيْهِ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللهِ

Artinya, “Bendera (pasukan) Rasulullah itu hitam dan panjinya itu putih yang bertuliskan di atasnya ‘La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah,’”(HR At-Thabarani).

3. Panji Rasulullah

كَانَتْ رَايَةُ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- سَوْدَاءَ وَلِوَاؤُهُ أَبْيَضُ، مَكْتُوبٌ عَلَيْه ِ: لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ مُحَمَّدٌ رَسُولُ اللَّهِ

“Panjinya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berwarna hitam, dan benderanya (Liwa) berwarna putih, tertulis di dalamnya: “Laa Ilaaha Illallaah Muhammad Rasulullah”.” (HR. Ath-Thabrani)

أَنَّ النبي -صلى الله عليه وسلم- كَانَ لِوَاؤُهُ يَوْمَ دَخَلَ مَكَّةَ أَبْيَضَ

“Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam liwa’-nya pada hari penaklukkan Kota Mekkah berwarna putih.” (HR. Ibn Majah, Al-Hakim, Ibn Hibban)

كَانَتْ سَوْدَاءَ مُرَبَّعَةً مِنْ نَمِرَةٍ

“(Ar-Rayah) ia berwarna hitam, berbentuk persegi panjang terbuat dari kain wol.” (HR. At-Tirmidzi, Al-Baghawi, An-Nasa’i)

كَانَتْ رَايَةُ النَّبِيِّ -صلى الله عليه وسلم- سَوْدَاءَ تُسَمَّى الْعُقَابَ

“Rayah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berwarna hitam disebut Al-‘Uqab.” (HR. Ibnu Abi Syaibah)

Kesimpulan

Singkat saja, demikian ulasan mengenai hadits tentang bendera rasulullah, bendera rasulullah yang asli, panji rasulullah, bendera islam zaman rasulullah, bendera isis, bendera tauhid, bendera hti.

Baca:

Originally posted 2023-10-13 13:25:30.

Tinggalkan komentar