Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kumpuan Hadits Tentang Gempa Bumi Bencana Alam

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Hadits tentang gempa bumi. Kita ketahui bahwa di Indonesia sering terjadi gempa bumi, baik gempa tektonik yang diakibatkan oleh pergeseran lempeng bumi hingga gempa vulkanik yang diakibatkan aktifnya gunung api.

hadits tentang gempa bumi

Wajar hal tersebut terjadi, pasalnya Indonesia terletak di antara dua lempeng benua dan samudera. Indonesia menjadi pusat pergeseran lempeng bumi sehingga dibanding negara lain, Tanah Air merupakan yang paling sering terjadi gempa.

Ada hadits yang menjelaskan bahwa gempa bumi menjadi pertanda kiamat. Terutama kiamat sugra yang kerap terjadi di masa kini. Mungkinkah kiamat kubra juga akan benar-benar terjadi dalam waktu dekat?

Di sini kami ingin memberikan daftar hadits dan dalil shahih tentang gempa bumi yang mudah-mudahan bisa memberi petunjuk mengenai tanda kiamat. Langsung saja, berikut simak ulasan lengkap hadits dan dalil shahih tentang gempa bumi.

Daftar Hadits Tentang Gempa Bumi

Di bawah ini merupakan kumpulan lafadz bacaan doa hadits dan dalil shahih tentang bencana gempa bumi merupakan pertanda kiamat sugra, silahkan simak dalam bahasa Arab, latin, beserta terjemahan Indonesia lengkap.

1. Pertanda Kiamat

اَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى تَكْثُرَ الزَّلاَزِلُ

‘Tidak akan tiba hari Kiamat hingga banyak terjadi gempa bumi.” (HR. Bukhari)

كُنَّا جُلُوسًا عِنْدَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. (وَذَكَرَ الْحَدِيْثَ وَفِيْهِ) وَبَيْنَ يَدَيِ السَّاعَةِ مُوتَانٌ شَدِيدٌ وَبَعْدَهُ سَنَوَاتُ الزَّلاَزِلِ

“Kami pernah duduk-duduk bersama Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam… (lalu beliau menuturkan haditsnya) dan sebelum Kiamat ada dua kematian yang sangat dahsyat, dan setelahnya terjadi tahun-tahun yang dipenuhi dengan gempa bumi.” (HR. Ibnu Majah, shahih)

2. Gempa Terus-menerus

قد وقع في كثير من البلاد الشمالية والشرقية والغربية كثير من الزلازل، ولكن الذي يظهر أن المراد بكثرتها: شمولها، ودوامها

“Sungguh gempa banyak terjadi pada negara-negara di utara, timur dan barat, namun yang nampak dari maksudnya lafadz ‘banyak’ adalah mencakup keseluruhan dan terjadi terus-menerus.” (Fahul Bari 31/93-94)

بَيْنَ يَدَيِ السَّاعَةِ مَسْخٌ وَخَسْفٌ وَقَذْفٌ

“Menjelang tibanya hari Kiamat akan ada (orang-orang) yang dirubah bentuknya, ditenggelamkan ke dalam bumi, dan dilempari batu.” (HR. Ibnu Majah, shahih)

3. Gempa Tiada Henti

وَضَعَ رَسُـوْلُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَدَيْ عَلَى رَأْسِي -أَوْ عَلىَ هَامَتِي- فَقَالَ: يَا ابْـنَ حَوَالَةَ! إِذَا رَأَيْتَ الْخِلاَفَةَ قَدْ نَزَلَتِ الأَرْضَ الْمُقَدَّسَةَ، فَقَدْ دَنَتِ الزَّلاَزِلُ وَالْبَلاَيَـا وَاْلأُمُورُ الْعِظَامُ، وَالسَّاعَةُ يَوْمَئِذٍ أَقْرَبُ إِلَى النَّاسِ مِنْ يَدَيَّ هَذِهِ مِنْ رَأْسِكَ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam meletakkan kedua tangannya di atas kepalaku, lalu beliau berkata, ‘Wahai Ibnu Hawalah! Jika engkau melihat kekhilafahan telah turun di atas bumi-bumi yang disucikan, maka telah dekatlah gempa, bencana dan masalah-masalah besar, dan hari Kiamat saat itu lebih dekat kepada manusia daripada dekatnya kedua tanganku ini dari kepalamu.’” (HR. Ahmad, shahih)

يا أيها الناس ! إن ربكم يستعتبكم فأعتبوه

“Wahai manusia, sesungguhnya Allah menginginkan kalian untuk kembali, maka kembalilah pada-Nya.” (Tafsir At-Thabari 17/478)

Kesimpulan
Singkat saja, demikian ulasan mengenai hadits tentang gempa bumi, hadits tentang gempa bumi dan kiamat, hadits tentang gempa bumi dan bencana alam, hadits tentang bencana alam gempa bumi, hadits qudsi tentang gempa bumi.

Baca:

Posting Komentar untuk "Kumpuan Hadits Tentang Gempa Bumi Bencana Alam"