Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Daftar Hadits Tentang Kontrol Diri Beserta Artinya

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Hadits tentang kontrol diri. Ada kalanya kita tidak bisa menahan emosi bukan karena kita tidak mampu, melainkan karena bisikan syaitan yang benar-benar kuat. Sehingga hati kita pun tak mampu menolak bisikan syaitan.

hadits tentang kontrol diri

Sebenarnya, kalau kita benar-benar rajin beribadah, yakin kepada Allah SWT, syaitan pun akan enggan untuk membujuk kita meluapkan emosi. Syaitan akan pergi ketika melihat kita, sehingga kita pun bisa menahan diri dengan lebih baik.

Kontrol diri adalah sebuah hal yang sulit dilakukan. Namun insyaallah dengan segala ibadah khusyu yang kita kerjakan, bisa banyak membantu terhadap kita agar bisa mengontrol diri. Hadits-hadits shahih pun banyak yang menjelaskan tentang keutamaan kontrol diri.

Di kesempatan yang baik ini kami ingin membagikan daftar kumpulan hadits shahih tentang kontrol diri. Anda bisa menyimak ulasan lengkapnya pada pembahasan di bawah berikut ini dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia.

Kumpulan Hadits Tentang Kontrol Diri

Langsung saja tanpa banyak basa basi kembali, silahkan simak ulasan lengkap mengenai hadits tentang kontrol diri. Ditulis dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia yang benar dan lengkap sesuai sunnah.

1. Mengontrol Diri

لَا يَمُوتَنَّ أَحَدُكُمْ إِلَّا وَهُوَ يُحْسِنُ الظَّنَّ بِاللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ

Artinya : "Janganlah salah satu diantara kalian mati, kecuali berprasangka baik terhadap Allah." (Muslim)

2. Diam Saat Marah

إِذَا غَضِبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَسْكُتْ

Artinya : “Jika kalian marah, diamlah.” (HR. Ahmad dan Syuaib Al-Arnauth menilai Hasan lighairih).

3. Orang yang Kuat

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : لَيْسَ الشَّدِيدُ بِالصُّرَعَةِ ، إِنَّمَا الشَّدِيدُ الَّذِى يَمْلِكُ نَفْسَهُ عِنْدَ الْغَضَبِ

Artinya: “Rasulullah SAW bersabda : Bukanlah orang kuat itu yang (biasa menang) saat bertarung atau bergulat, tetapi orang kuat itu adalah yang (mampu) mengendalikan nafsunya ketika marah“ (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad).

Kesimpulan
Demikian pembahasan singkat dari hadits tentang kontrol diri, hadits tentang kontrol diri atau mujahadah an-nafs, hadits tentang kontrol diri beserta artinya, hadits tentang kontrol diri prasangka baik dan persaudaraan brainly, hadits tentang kontrol diri beserta latinnya, kajian hadits tentang kontrol diri, kajian hadits tentang kontrol diri beserta latinnya, ayat dan hadits tentang kontrol diri prasangka baik dan persaudaraan.

Baca:

Posting Komentar untuk "Daftar Hadits Tentang Kontrol Diri Beserta Artinya"