Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Hadits Tentang Rukun Islam Dibangun Atas 5 Perkara

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Hadits tentang rukun Islam. Kita ketahui bahwa rukun Islam itu terdiri dari lima perkara, yaitu syahadat, sholat, puasa, zakat, dan haji. Namun kelima hal tersebut tidak wajib dipenuhi, hanya rukun.

hadits tentang rukun islam

Mengapa tidak wajib dipenuhi? Kita dapat melihat pada poin keempat dan kelima, yaitu zakat dan haji. Tidak semua orang bisa menunaikannya. Ada orang yang tidak mampu, lebih baik menerima zakat bukan memberi.

Kemudian soal haji, ini lebih cocok ditunaikan bila kondisi fisik masih prima. Ketika sudah sakit-sakitan, akan sulit beribadah secara khusyu pasalnya di sana akan sangat panas, berbeda dengan cuaca yang selama ini kita alami di Indonesia.

Masih banyak penjelasan hadits dan dalil shahih tentang rukun Islam, dan di sini kami ingin menjelaskannya untuk Anda. Tanpa banyak basa basi kembali, langsung saja simak ulasan mengenai hadits tentang rukun Islam di bawah ini.

Daftar Hadits Tentang Rukun Islam

Silahkan langsung saja simak daftar hadits dan dalil shahih tentang rukun Islam terdiri dari lima perkara, yaitu syahadat, sholat, puasa, zakat, haji. Bacaan dan lafadz hadits ini ditulis dalam bahasa Arab, latin, dan artinya.

1. Islam Dibangun Atas Lima Perkara

عن أبي عبد الرحمن عبد الله بن عمر بن الخطاب رضي الله عنهما قال : سمعت النبي صلَّى الله عليه وسلَّم يقول : بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ : شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ ، وَ إِقَامِ الصَّلَاةِ ، وَ إِيْتَاءِ الزَّكَاةِ ، وَ حَجِّ الْبَيْتِ ، وَ صَوْمِ رَمَضَانَ .رواه البخاري و مسلم .

Dari Abu ‘Abdirrahman ‘Abdullah bin ‘Umar bin Al-Khaththab –radhiyallahu ‘anhuma-, katanya, “Aku mendengar Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, ‘Islam dibangun di atas lima: persaksian bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah dengan benar kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, naik haji, dan puasa Ramadhan’”. Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim.

بُنِىَ الإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ إِيمَانٍ بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ ، وَالصَّلاَةِ الْخَمْسِ ، وَصِيَامِ رَمَضَانَ ، وَأَدَاءِ الزَّكَاةِ ، وَحَجِّ الْبَيْتِ

“Islam itu dibangun di atas lima perkara: beriman pada Allah dan Rasul-Nya; mendirikan shalat lima waktu; berpuasa Ramadhan; menunaikan zakat; dan berhaji ke Baitullah.” (HR. Bukhari, no. 4514)

بُنِىَ الإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسَةٍ عَلَى أَنْ يُوَحَّدَ اللَّهُ وَإِقَامِ الصَّلاَةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَصِيَامِ رَمَضَانَ وَالْحَجِّ

“Islam dibangun di atas lima perkara: mentauhidkan Allah; mendirikan shalat; menunaikan zakat; berpuasa Ramadhan; dan haji.” (HR. Muslim, no. 16)

بُنِىَ الإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ عَلَى أَنْ يُعْبَدَ اللَّهُ وَيُكْفَرَ بِمَا دُونَهُ …

“Islam dibangun di atas lima perkata: hanya Allah yang disembah dan sesembahan selain Allah diingkari ….” (HR. Muslim, no. 16) (Lihat Jami’ Al-‘Ulum wa Al-Hikam, 1:145)

2. Meninggalkan Sholat

إِنَّ بَيْنَ الرَّجُلِ وَبَيْنَ الشِّرْكِ وَالكُفْرِ ، تَرْكَ الصَّلاَةِ

“Sesungguhnya batas antara seseorang dengan syirik dan kufur itu adalah meninggalkan shalat.” (HR. Muslim, no. 82)

العَهْدُ الَّذِي بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ الصَّلاَةُ ، فَمَنْ تَرَكَهَا فَقَدْ كَفَرَ

“Perjanjian yang mengikat antara kita dan mereka adalah shalat, maka siapa saja yang meninggalkan shalat, sungguh ia telah kafir.” (HR. Tirmidzi, no. 2621 dan An-Nasa’i, no. 464. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih).

مَنْ نَسِىَ صَلاَةً فَلْيُصَلِّ إِذَا ذَكَرَهَا ، لاَ كَفَّارَةَ لَهَا إِلاَّ ذَلِكَ

“Barangsiapa yang lupa shalat, hendaklah ia shalat ketika ia ingat. Tidak ada kewajiban baginya selain itu.” (HR. Bukhari, no. 597; Muslim, no. 684)

مَنْ نَسِىَ صَلاَةً أَوْ نَامَ عَنْهَا فَكَفَّارَتُهَا أَنْ يُصَلِّيَهَا إِذَا ذَكَرَهَا

“Barangsiapa yang lupa shalat atau tertidur, maka tebusannya adalah ia shalat ketika ia ingat.” (HR. Muslim, no. 684)

Kesimpulan
Singkat saja, demikian ulasan mengenai hadits tentang rukun Islam, hadits tentang rukun islam dan latinnya, dalil al-quran tentang rukun islam, hadits tentang hidup rukun, urutan rukun islam, dalil rukun islam dalam al qur an, urutan rukun islam rumaysho, hadits tentang islam, iman dan ihsan.

Baca:

Posting Komentar untuk "Hadits Tentang Rukun Islam Dibangun Atas 5 Perkara"