Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Daftar Hadits Tentang Tolong Menolong dalam Kebaikan

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Hadits tentang tolong menolong. Tidak ada orang yang bisa hidup sendiri di dunia ini. Itulah mengapa manusia disebut makhluk sosial, karena mereka harus bersosialisasi untuk saling tolong menolong.

hadits tentang tolong menolong

Tolong menolong ini wajib dilakukan sebagai seorang muslim. Tidak hanya kepada sesama saudara muslim, melainkan juga kepada orang lain, hewan, dan bahkan tumbuhan yang mengalami kesulitan di dalam hidupnya.

Jika kita menolong siapapun tanpa pamrih, insyaallah kita akan mendapatkan banyak pahala berlimpah dari Allah SWT. Ini akan sangat baik untuk menjadikan bekal di akhirat kelak, sehingga pintu surga dapat menjadi semakin dekat dengan kita.

Di sini kami ingin membagikan beberapa daftar kumpulan hadits dan dalil shahih tentang tolong menolong. Anda bisa menyimaknya di bawah ini mudah-mudahan bisa menggerakkan hati kita untuk lebih peduli terhadap sekitar.

Daftar Hadits Tentang Tolong Menolong

Berikut di bawah ini adalah beberapa kumpulan daftar hadits dan dalil shahih tentang tolong menolong dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia. Semoga hadits ini bisa menginspirasi kita untuk tolong menolong sesama umat muslim.

1. Saling Menolong

أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَخْبَرَهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْمُسْلِمُ أَخُو الْمُسْلِمِ لاَ يَظْلِمُهُ وَلاَ يُسْلِمُهُ وَمَنْ كَانَ فِي حَاجَةِ أَخِيهِ كَانَ اللَّهُ فِي حَاجَتِهِ وَمَنْ فَرَّجَ عَنْ مُسْلِمٍ كُرْبَةً فَرَّجَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرُبَاتِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ  رواه البخاري 

Bahwasanya Abdullah bin Umar r.a. mengabarkan, bahwa Rasulullah saw. bersabda: ” Muslim yang satu adalah saudara muslim yang lain; oleh karena itu ia tidak boleh menganiaya dan mendiamkannya. Barang siapa memperhatikan kepentingan saudaranya, maka Allah akan memperhatikan kepentingannya. Barang siapa membantu kesulitan seorang muslim, maka Allah akan membantu kesulitannya dari beberapa kesulitannya nanti pada hari kiamat. Dan barang siapa menutupi (aib) seorang muslim, maka Allah akan menutupi (aib)nya pada hari kiamat ” . (HR. Bukhari)

الْمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمِنِ كَالْبُنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا وَشَبَّكَ بَيْنَ أَصَابِعِه  . صحيح البخاري

Artinya:"Mukmin yang satu dengan yang lainnya bagaikan sebuah bangunan yang saling  memperkuat antara sebagian dengan sebagian yang lainnya. (Rasulullah SAW. sambil memasukkan jari-jari tangan ke sela jari- jari lainnya) (HR. Bukhari)

2. Menolong Secara Ikhlas

مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَابِ الدُّنْياَ نَفْسَ اللهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَابِ يَوْمِ اْلقِيَامَةِ وَمَنْ   يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ اللهُ عَلَيْهِ فِى الدُّنْيَا وَالْاَخِرَةِ وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللهُ فِى الدُّنْيَا   وَالْاَخِرَةِ وَاللهُ فِى عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ اْلعَبْدُ فِى عَوْنِ اَخِيهِ. رَوَاهُ مُسْلِمٌ عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ

"Barang siapa melapangkan seorang mukmin dari satu kesusahan dunia, Allah akan melapangkannya dari salah satu  kesusahan di hari kiamat. Barang siapa meringankan penderitaan seseorang, Allah akan meringankan penderitaannya di dunia dan akhirat. Barang siapa menutupi (aib) seorang muslim, Allah akan menutupi (aib)nya di dunia dan akhirat. Allah akan menolong seorang hamba selama hamba itu mau menolong saudaranya." (HR. Muslim dari Abu Hurairah).

Kesimpulan
Singkat saja, demikian ulasan mengenai hadits tentang tolong menolong, contoh tolong menolong, manfaat tolong menolong, pengertian tolong menolong dalam islam, hadits meringankan beban orang lain, hadits tolong menolong latin, hadits tentang tolong menolong diriwayatkan oleh, membantu orang lain dalam islam.

Baca:

Posting Komentar untuk "Daftar Hadits Tentang Tolong Menolong dalam Kebaikan"