Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kumpulan Hadits Tentang Kemunculan Imam Mahdi

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Hadits tentang imam mahdi. Dalam agama Islam, kelak menjelang hari kiamat akan lahir seorang pemimpin yang memimpin umat Islam dari jalan kebodohan menuju jalan terang benderang. Sosok tersebut dinamakan imam mahdi.

hadits tentang imam mahdi

Imam mahdi bukanlah merupakan sebuah nama, melainkan julukan, yang ciri-ciri dan kedatangannya masih belum dapat dipastikan. Tapi dalam Al-Quran dan hadits, sosok imam mahdi merupakan satu keniscayaan yang pasti akan muncul kelak.

Umat muslim bertanya-tanya, kapan imam mahdi akan datang, bagaimana sosoknya, mengapa umat muslim membutuhkan imam mahdi. Tentu tidak semua terjawab, tapi umat muslim membutuhkan imam mahdi karena di akhir zaman, umat Islam di dunia mulai terpecah belah.

Selanjutnya untuk mengetahui kapan kedatangan dan ciri-ciri fisiknya, Anda bisa melihat beberapa hadits dan dalil shahih riwayat Nabi Muhammad SAW. Anda bisa menyimak bacaan lafadz hadits tersebut dalam ulasan di bawah ini.

Daftar Hadits Tentang Imam Mahdi

Berikut langsung saja silahkan simak ulasan lengkap mengenai hadits tentang ciri-ciri, kelahiran, kedatangan, kemunculan imam mahdi dalam agama Islam ditulis menggunakan bahasa Arab, latin, dan artinya.

1. Kedatangan Imam Mahdi

Diriwayatkan oleh Ibnu Mas'ud RA, Rasulullah SAW bersabda.

لاَ تَذْهَبُ أَوْ لاَ تَنْقَضِى الدُّنْيَا حَتَّى يَمْلِكَ الْعَرَبَ رَجُلٌ مِنْ أَهْلِ بَيْتِى يُوَاطِئُ اسْمُهُ اسْمِى

Artinya,
"Dunia tidak akan hilang atau tidak akan lenyap hingga seseorang dari Ahlul Baitku menguasai bangsa Arab, namanya sama dengan namaku."

Sementara Abu Sa'id Al Khudri RA meriwayatkan sebagai berikut; Rasulullah SAW bersabda.

يَخْرُجُ فِيْ آخِرِ أُمَّتِـي الْمَهْدِيُّ؛ يُسْقِيْهِ اللهُ الْغَيْثَ، وَتُخْرِجُ اْلأَرْضُ نَبَاتَهَا، وَيُعْطِى الْمَالَ صِحَاحًا، وَتَكْثُرُ الْمَاشِيَةُ، وَتَعْظُمُ اْلأُمَّةُ، يَعِيْشُ سَبْعًا أَوْ ثَمَانِيًا (يَعْنِي: حِجَجًا).

Artinya,
“Pada akhir umatku akan keluar al-Mahdi. Allah menurunkan hujan kepadanya, bumi mengeluarkan tumbuhannya, harta akan dibagikan secara merata, binatang ternak melimpah dan umat menjadi mulia, dia akan hidup selama tujuh atau delapan (yakni, musim haji).

Rasulullah SAW bersabda sebagaimana yang diriwayatkan oleh Ummu Salamah RA sebagai berikut.

اَلْمَهْدِيُّ مِنْ عِتْرَتِيْ، مِنْ وَلَدِ فَاطِمَةَ.

Artinya,
"Al-Mahdi berasal dari Ahlul Baitku, dari keturunan Fathimah."

Rasulullah SAW juga bersabda bahwa;

مِنْ أَهْلِ بَيْتِى يُوَاطِئُ اسْمُهُ اسْمِى وَاسْمُ أَبِيهِ اسْمَ أَبِى

Artinya,
“Dia berasal dari keluargaku. Namanya (yaitu Muhammad) sama dengan namaku. Nama ayahnya (yaitu ‘Abdullah) pun sama dengan nama ayahku.”

2. Ciri Fisik Imam Mahdi

Diriwayatkan oleh Abu Sa'id al Khudri RA, Rasulullah SAW bersabda.

اَلْمَهْدِيُّ مِنِّي، أَجْلَى الْجَبْهَةِ، أَقْنَى اْلأَنْفِ، يَمْلأُ اْلأَرْضَ قِسْطًا وَعَدْلاً كَمَا مُلِئَتْ ظُلْمًا وَجُوْرًا، يَمْلِكُ سَبْعَ سِنِيْنَ.

Artinya,
"Al-Mahdi dari keturunanku, dahinya lebar, hidungnya mancung. Dia akan memenuhi bumi dengan keadilan, sebagaimana bumi telah dipenuhi dengan kezhaliman dan kelaliman sebelumnya. Dia akan berkuasa selama tujuh tahun."

Kesimpulan
Itu dia sesikid pembahasan mengenai hadits tentang imam mahdi, imam mahdi keturunan hasan atau husein, imam mahdi dalam al quran, hadis raja arab dibunuh, munculnya dajjal, dimanakah imam mahdi sekarang berada, imam mahdi atau dajjal muncul dahulu, tanda penghubung kiamat kecil dan besar, peristiwa pembaiatan imam mahdi.

Baca:

Posting Komentar untuk "Kumpulan Hadits Tentang Kemunculan Imam Mahdi"