Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kumpulan Hadits Tentang Keindahan Alam Semesta

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Hadits tentang keindahan alam. Segala apa yang ada di dunia ini merupakan ciptaan Allah SWT, termasuk alam semesta beserta isi-isinya. Keindahan alam yang ada di muka bumi, juga merupakan anugerah dari-Nya untuk kita.

hadits tentang keindahan alam

Sebagai manusia sekaligus khalifah di muka bumi, kita bertugas untuk menjaga alam yang indah agar tetap lestari. Jangan sampai kita membuat alam rusak hanya karena ingin membangun ini itu sesuai dengan ego kemanusiaan.

Tidak ingin kan, pantai yang indah di Labuan Bajo atau Raja Ampat sirna? Tidak ingin pula, gunung indah di Himalaya runtuh? Atau peninggalan-peninggalan bersejarah seperti Sphinx, candi, dan sebagainya musnah?

Dengan begitu, di sini kami juga ingin membagikan kumpulan daftar bacaan lafadz hadits dan dalil shahih tentang keindahan alam. Anda bisa menyimak ulasan lengkapnya lewat pembahasan yang akan kami tulis di bawah berikut ini.

Daftar Hadits Tentang Keindahan Alam

Simak langsung tanpa basa basi kembali, ulasan lengkap mengenai daftar kumpulan hadits dan dalil shahih tentang keindahan alam semsesta yang merupakan ciptaan Allah SWT dalam bahasa Arab, latin, dan artinya.

1. Alam Harus Dijaga

إِنَّ اللهَ يُحِبُ أَنْ يُرَى أَثَرُ نِعْمَتِهِ عَلىَ عَبْدِهِ

" Sesungguhnya Allah suka melihat (tampaknya) bekas nikmat (yang dilimpahkan-Nya) kepada hamba-Nya."   (HR. At-Tirmidzi & Al Hakim)

مَنْ أَحْيى أَرْضًا مَيِّتَةً فَهِيَ لَهُ

"Barangsiapa menghidupkan bumi yang mati maka (bumi) itu menjadi miliknya." (HR. Tirmidzi)

2. Alam Ciptaan Allah SWT

أَنَّ الْمَاءَ خُلِقَ قَبْلَ الْعَرْشِ

“Sesungguhnya air diciptakan sebelum arasy” (H.R. Ahmad dan at-Tirmidzi)

عَنِ بْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم إِنَّ أَوَّلَ مَا خَلَقَ اللَّهُ تعالى الْقَلَمُ وَالْحُوْتُ قَالَ مَا أَكْتُبُ قَالَ كُلَ شَيْءٍ كَانَ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ ثُمَّ قَرَأَ ن وَالْقَلَمِ فَالنُّوْنُ الْحُوْتُ وَالْقَلَمُ القَلَمُ

Dari Ibnu Abas, ia berkata, “Rasulullah saw. Bersabda, ‘Awal makhluk yang Allah swt. Ciptakan adalah pena dan ikan, (lalu Dia berkata kepada pena, ‘Tulislah.’) Pena berkata, ‘Apa yang aku tulis?’ Allah berkata, ‘Segala sesuatu yang terjadi hingga hari kiamat’ Lalu Nabi membaca: Nun wal qalam. Nun adalah ikan, dan al-Qalam adalah pena.” (H.R. H.r. At-Thabrani, al-Mu’jamul Kabir, XI: 433, hadis No. 12.227)

Kesimpulan
Itu dia sesikid pembahasan mengenai hadits tentang keindahan alam, ayat al-qur'an tentang alam dan lingkungan, ayat alquran tentang kebesaran allah swt, ayat alkitab tentang kebesaran tuhan, kita sebagai manusia dilarang memikirkan, ayat memuji ciptaan allah, hadits keindahan latin dan artinya, hadits kebersihan, ayat quran tentang alam.

Baca: