Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kumpulan Hadits Tentang Menyambut Bulan Ramadhan

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Hadits tentang menyambut bulan Ramadhan. Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Di bulan ini siapa saja yang beribadah akan mendapatkan pahala berlimpah, termasuk jika berhasil menggapai lailatul qadar.

hadits tentang menyambut bulan ramadhan

Ada beberapa ibadah pula yang hanya bisa dilakukan di bulan Ramadhan. Salah satunya adalah puasa ramadhan yang merupakan kewajiban bagi umat muslim yang tak memiliki halangan. Kemudian ada juga sholat tarawih dan sholat witir di malam hari.

Barangsiapa menunaikan kedua sholat tersebut secara penuh selama 30 hari, insyaallah akan mendapatkan pahala yang begitu besar dari Allah SWT. Amalan-amalan lain, seperti mengaji, dzikir, sedekah, dan sebagainya juga akan memperbesar pahala di bulan Ramadhan.

Untuk itu Ramadhan perlu disambut dengan gembira. Dalam hadits yang diriwayatka Nabi Muhammad SAW, menyambut Ramadhan sebagai bulan suci penuh berkah dianjurkan untuk dilakukan. Anda bisa menyimak ulasannya di bawah ini.

Daftar Hadits Tentang Menyambut Bulan Ramadhan

Tanpa banyak basa basi kembali langsung saja silahkan simak ulasan lengkap mengenai kumpulan daftar hadits dan dalil shahih tentang menyabut bulan Ramadhan penuh berkah dalam bahasa Arab, latin, dan artinya.

1. Ramadhan Bulan Suci

Dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda mengenai dua kegembiraan yang didapat saat berpuasa,

"Dan bagi orang yang berpuasa ada dua kegembiraan, ketika berbuka mereka bergembira dengan bukanya dan ketika bertemu Allah mereka bergembira karena puasanya."

Hadits tentang keistimewaan bulan Ramadhan, yakni dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa lupa bahwa ia sedang berpuasa, lalu ia makan dan minum, hendaknya ia meneruskan puasanya, karena sesungguhnya ia telah diberi makan dan minum oleh Allah."

2. Ramadhan Penuh Berkah

Hadits tentang keutamaan bulan Ramadhan yang lain adalah dari Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Allah berfirman, 'setiap amal anak Adam adalah untuknya kecuali puasa. Puasa tersebut adalah untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya. Puasa adalah perisai'."

Dalam hadits riwayat Ahmad, dari Tamim Ad Dari RA, ia berkata "Rasulullah SAW bersabda, 'Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam dituliskan bagianya pahala sholat sepanjang malam'."

Hadits tentang keutamaan bulan Ramadhan terdapat di waktu sahur. Dari Anas Ibnu Malik RA, Rasulullah SAW bersabda "Makan sahur lah kalian, karena sesungguhnya dalam makan sahur itu ada berkahnya,"

Kesimpulan
Itu dia sesikid pembahasan mengenai hadits tentang menyambut bulan ramadhan, hadits bergembira dengan datangnya ramadhan, doa menyambut ramadhan sesuai sunnah, memelihara amaliah ramadhan, materi amaliah ramadhan, perkataan salaf tentang ramadhan, menjaga amalan ramadhan.

Baca:

Posting Komentar untuk "Kumpulan Hadits Tentang Menyambut Bulan Ramadhan"