Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Hadits Tentang Ridho Orangtua Beserta Artinya

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Hadits tentang ridho orangtua. Anak-anak memiliki kewajiban untuk berbakti kepada orangtua. Ini telah banyak diperintahkan dalam Al-Quran dan hadits yang menjelaskan bahwa anak harus patuh terhadap perintah orangtua.

hadits tentang ridho orangtua

Bila membangkang, bahkan memarahi orangtua, maka anak-anak bisa mendapatkan dosa yang amat besar, azab yang begitu pedih, serta neraka jahannam. Pasalnya, ridho Allah SWT juga berasal dari ridhonya orangtua.

Ketika orangtua meridhoi seorang anak untuk mendapatkan sesuatu, maka Allah SWT dapat mungkin mengabulkan permohonannya. Namun ketika anak membuat orangtua sedih, Allah SWT pun akan murka dan menjatuhi hukuman, wallahualam.

Di sini kami akan memberikan beberapa daftar hadits dan dalil shahih yang menjelaskan tentang ridho Allah SWT tergantung ridho orangtua. Anda bisa menyimak ulasan lengkapnya pada pembahasan di bawah berikut ini.

Daftar Hadits Tentang Ridho Orangtua

Di bawah ini ada penjelasan bacaan lafadz hadits tentang ridho Allah SWT juga ridhonya orangtua yang ditulis secara lengkap dan shahih dalam bacaan lafadz bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia atau artinya.

1. Ridho Ayah dan Ibu

"Doa orangtua untuk anaknya sama seperti doa nabi terhadap umatnya." (HR. Ad Dailami).

Bahkan menurut hadits tentang ridho orangtua oleh HR. Bukhari Muslim, "Ada tiga macam golongan yang doanya mustajab yang tidak diragukan lagi kedahsyatannya, yaitu 1) Doa orangtua kepada anaknya, 2) Doa orang musafir (orang yang sedang bepergian) dan 3) Doa orang yang dizhalimi." (HR. Bukhari Muslim).

2. Ridho Allah SWT

Ridha Allah tergantung ridha kedua orang tuanya dan murka Allah tergantung murka keduanya. (HR. Thabrani).

Kesimpulan
Itu dia sesikid pembahasan mengenai hadits tentang ridho orangtua, ridhollah fi ridhol walidain tulisan arab, ridho allah tergantung ridho suami, hadits ridho orang tua untuk anak tk, contoh berbuat baik kepada orang tua, hadits tentang berbakti kepada orang tua, keridhaan allah terletak pada keridhaan, berbakti kepada orang tua agama buddha, berbakti kepada orang tua disebut juga, apakah manfaat taat kepada orang tua dan guru.

Baca: