Kumpulan Hadits Tentang Tanggung Jawab

Abiabiz.com – Hadits tentang tanggung jawab. Seorang manusia harus bisa bertanggung jawab terhadap segala hal. Jangan kabur ketika ada masalah, terutama masalah yang ditimbulkan oleh kita. Itu namanya lari dari tanggung jawab.

Sungguh sejujurnya lari dari tanggung jawab adalah perbuatan yang amat buruk. Sebagai seorang muslim, kita harus bertanggung jawab karena itu dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam hadits shahih yang beliau utarakan.

Bentuk-bentuk tanggung jawab yang bisa kita lakukan adalah memperbaiki kesalahan, datang tepat waktu sesuai waktu yang disepakati, berperilaku adil terhadap pilihan, menempati janji, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Di sini kami ingin menjelaskan beberapa daftar hadits dan dalil shahih tentang tanggung jawab yang mudah-mudahan bisa membuka pintu hati kita. Anda bisa menyimak ulasan lengkapnya pada pembahasan di bawah berikut ini.

Daftar Hadits Tentang Tanggung Jawab

Berikut merupakan kumpulan daftar hadits dan dalil shahih tentang tanggung jawab pemimpin, diri sendiri, dan pekerjaan dalam agama Islam. Simak hadits Nabi Muhammad SAW yang shahih berikut dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan atau artinya.

1. Tanggung Jawab ke Keluarga dan Masyarakat

وعن بن عمر رضي الله عنهما عن النبي صلى الله عليه وسلّم قال: كُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُوْلٌ عَنْ رَعيّتِهِ, والأميرُ راعٍ, والرّجُلُ راعٍ على أهلِ بيتِهِ, والمرأةُ رَاعِيَّةٌ على بيتِ زوجِها وَوَلَدِهِ, فكلّكم راعٍ وكلّكم مسئولٌ عنْ رَعِيَّتِهِ. (متفق عليه

Hadis Dari ‘Abdullāh bin ‘Umar bahwa dia mendengar Rasulullah telah bersabda: “Setiapkalian adalah pemimpin dan setiap pemimpin akan diminta pertanggung jawaban atas yang dipimpinnya. Imām (kepala Negara) adalah pemimpin yang akan diminta pertanggung jawaban atas rakyatnya. Seorang suami dalam keluarganya adalah pemimpin dan akan diminta pertanggung jawaban atas keluarganya. Seorang isteri adalah pemimpin di dalam urusan rumah tangga suaminya dan akan diminta pertanggung jawaban atas urusan rumah tangga tersebut. Seorang pembantu adalah pemimpin dalam urusan

2. Perintah Tanggung Jawab

مُرُوا أَوْلادَكُمْ بِالصَّلاةِ وَهُمْ أَبْنَاءُ سَبْعِ سِنِينَ ، وَاضْرِبُوهُمْ عَلَيْهَا وَهُمْ أَبْنَاءُ عَشْرٍ ، وَفَرِّقُوا بَيْنَهُمْ فِي الْمَضَاجِعِ

Artinya: “Perintahkanlah anak-anak untuk shalat ketika mereka berusia tujuh tahun. Dan pukullah mereka (jika tidak mau menjalankan shalat) ketika mereka berumur sepuluh tahun.”

3. Hak Muslim

حَقُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ خَمْسٌ رَدُّ السَّلَامِ وَعِيَادَةُ الْمَرِيضِ وَاتِّبَاعُ الْجَنَائِزِ وَإِجَابَةُ الدَّعْوَةِ وَتَشْمِيتُ الْعَاطِسِ

Artinya: “Hak seorang muslim kepada muslim lainnya ada lima, yakni membalas salam, menjenguk yang sakit, mengantarkan jenazah, memenuhi undangan dan mendoakan ketika bersin.”

Kesimpulan

Demikian sekilas pembahasan mengenai hadits shahih tentang tanggung jawab, hadits tentang tanggung jawab pemimpin, hadits tentang amanah dan tanggung jawab, hadits tanggung jawab latin, ayat tentang tanggung jawab pemimpin, hadits tentang tanggung jawab terhadap pekerjaan, hadits tentang tanggung jawab terhadap diri sendiri.

Baca:

Originally posted 2023-10-13 14:28:22.

Tinggalkan komentar