Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kumpulan Hadits Tentang Ziarah Kubur dan Artinya

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Hadits tentang ziarah kubur. Setiap umat muslim kerap mengadakan kegiatan ziarah kubur, terutama di waktu menjelang hari raya Idul Fitri, memasuki bulan Ramadhan, dan momen-momen tertentu lainnya.

hadits tentang ziarah kubur

Ziarah kubur tentu saja memiliki banyak manfaat, salah satunya mendoakan orang yang sudah meninggal dunia agar mendapat kebaikan di akhirat, diampuni dosanya, dan mendapatkan sisi terbaik-Nya. Lalu juga dapat mengingatkan kita akan kematian sehingga kita semakin rajin beribadah.

Hal yang tak boleh dilupakan ketika berziarah adalah memanjatkan doa ziarah kubur. Ada versi panjang dan pendek dalam doa tersebut. Kemudian juga surat yasin yang memang diperuntukkan untuk mendoakan orang yang telah tiada.

Di sini, kami ingin membagikan kumpulan hadits tentang keutamaan hingga manfaat ziarah kubur. Bagi yang penasaran, Anda bisa langsung menyimak ulasan lengkapnya pada pembahasan di bawah berikut ini, silahkan disimak.

Daftar Hadits Tentang Ziarah Kubur

Tanpa banyak basa basi kembali, langsung saja berikut silahkan simak ulasan lengkap mengenai keutamaan ziarah kubur, doa yang harus dibaca, dan fadhilahnya. Simak ulasannya dalam bahasa Arab, latin, dan artinya.

1. Riwayat Turmudziy

عَنْ بُرَيْدَةَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم : قَدْ كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ اْلقُبُوْرِ فَقَدْ اُذِنَ لِمُحَمَّدٍ فِى زِيَارَةِ قَبْرِ اُمِّهِ فَزُوْرُوْهَا فَاِنَّهَا تُذَكِّرُاْلآخِرَةَ

“Dari Buraidah ia berkata: Rasulullah SAW bersabda, saya pernah melarang kamu berziarah kubur. Tapi sekarang, Muhammad telah diberi izin ke makam ibunya, maka sekarang berziarahlah! Karena perbuatan itu dapat mengingatkan kamu kepada akhirat.”

“Sebagian ilmuwan berpendapat hadistersebut diucapkan sebelum Nabi Muhammad SAW membolehkan melakukan ziarah kubur, akan tetapi setelah beliau membolehkannnya, maka laki-laki dan perempuan tercakup dalam kebolehan tersebut.”

2. Riwayat Abu Dawud

عن معقل بن يسار عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال: “اقرأوا على موتاكم يس

“Dari Ma’qal bin Yasar, beliau berkata : Rasulullah SAW bersabda : Bacalah Surah Yasin untuk mayit-mayit kamu sekalian.”

3. Riwayat Ahmad dan Ibnu Majah

“Rasulullah berziarah ke makam Syuhada’ dalam perang Uhud dan makam keluarga Baqi’ , dia mengucapkan salam mendoakan mereka atas amal-amal yang telah mereka kerjakan (HR. Muslim dan Ahmad dan Ibnu Majjah).”

4. Kitab I’anah al-Thalibin

“hadis riwayat Hakim dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda; Barang siapa melakukan ziarah ke makam orangtuanya setiap hari Jumat, maka Allah pasti akan mengampuni dosa-dosanya dan mencatatnya sebagai bukti batinya kepada orangtua.”

5. Kitab Kasyf al-Syubuhat

“Suatu hadisyang diriwayatkan Tirmidzi dan Hakim dalam kitab Nawadly al Ushul, hadisdari Abdul Ghofur bin Abdul Aziz , dari Ayahnya, dari kakeknya, dan mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda: Amal manusia itu dilaporkan kepada Allah setiap hari Senin dan Kamis lalu diberitahukan kepada para Nabi, kepada bapak-bapak, ibu-ibu mereka yang lebih dulu meninggal pada hari Jumat. Mereka gembira bila melihat amal-amal baiknya, sehingga nampak wajah mereka bersinar putih berseri.”

“hadisdari Hisyam bin Salim: Setelah 75 hari ayahnya (Nabi Muhammad) meninggal, Fatimah tidak lagi tampak murung, ia selalu ziarah ke makam para syuhada dua hari dalam seminggu yakni setiap hari Senin dan Kamis, sambil berucap: di sini makam Rasulullah.”

Kesimpulan
Itu dia sesikid pembahasan mengenai hadits tentang ziarah kubur, adab ziarah kubur sesuai sunnah, doa ziarah kubur sesuai sunnah rasul, doa ziarah kubur ibu bapa, doa ziarah makam wali, tahlil ziarah kubur, ziarah adalah, dalil ziarah kubur brainly, dalil ziarah kubur ke makam wali.

Baca:

Posting Komentar untuk "Kumpulan Hadits Tentang Ziarah Kubur dan Artinya"