Kumpulan Hadits Tentang Iman kepada Malaikat

Abiabiz.com – Hadits tentang iman kepada malaikat. Umat muslim dan muslimah mengenal rukun iman yang di dalamnya terdiri dari lima hal yang harus diimani. Rukun iman kedua, setelah Allah SWT adalah malaikat-malaikat.

Kita mengenal beberapa malaikat yang memiliki peran penting bagi kehidupan umat Islam. Seperti Malaikat Jibril, Malaikat Mikail, Malaikat Israfil, Malaikat Izrail, Malaikat Munkar, Malaikat Nakir, Malaikat Raqib, Malaikat Atid.

Di luar 10 malaikat itu, sebenarnya alam ini memiliki lebih banyak malaikat dengan ukuran yang bahkan lebih besar dan raksasa. Perannya juga bermacam-macam namun memang tidak disebutkan satu per satu, meski begitu semuanya harus kita imani.

Seperti yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW, bahwa kita harus mengimani seluruh malaikat yang ada di dunia. Hal tersebut diungkapkan dalam hadits tentang iman kepada malaikat yang akan kami tulis di bawah berikut ini.

Daftar Hadits Tentang Iman kepada Malaikat

Simak langsung ulasan lengkap mengenai kumpulan daftar hadits dan dalil shahih tentang iman kepada malaikat dalam bahasa Arab, tulisan teks latin, dan terjemahan Indonesia lengkap. Langsung saja, ini dia hadits-haditsnya.

1. Malaikat Diimani

قَالَ: فَأَخْبِرْنِي عَنِ اْلإِيْمَانِ قَالَ : أَنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ وَمَلاَئِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ وَتُؤْمِنَ بِالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَرِّهِ …. . 

“Lalu beliau bersabda: Engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya dan hari akhir dan engkau beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk.“ hadist tersebut menjelaskan tentang selurub rukun iman yang 6

2. Hukum Beriman pada Malaikat

أَنْ تُؤْمِنَ بِاللهِ وَمَلاَئِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ وَتُؤْمِنَ بِالْقَدَرِ خَيْرِهِ وَشَرِّهِ

“Engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya dan hari akhir dan engkau beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk“ (H.R. Muslim)

3. Sifat Malaikat

خُلِقَتِ الْمَلاَئِكَةُ مِنْ نُوْرٍ وَخُلِقَ الْجَانُّ مِنْ مَارِجٍ مِنْ نَارٍ وَخُلِقَ آدَمُ مِمَّا وُصِفَ لَكُمْ

“Malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari api, dan Adam diciptakan dari apa yang telah diceritakan pada kamu (tanah).” (HR. Muslim)

4. Ucapan Afdhal

عَنْ أَبِي ذَرٍّ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ أَيُّ الْكَلَامِ أَفْضَلُ قَالَ مَا اصْطَفَى اللَّهُ لِمَلَائِكَتِهِ أَوْ لِعِبَادِهِ سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ

Dari abu Dzar ra. bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya, “Ucapan apa yang paling afdhal?” Rasul menjawab: “Ucapan yang paling afdhal adalah kata-kata yang telah dipilihkan oleh Allah untuk malaikat, ialah سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِه ” (HR. Muslim).

5. Kewajiban Iman Terhadap Malaikat

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَوْمًا بَارِزًا لِلنَّاسِ إِذْ أَتَاهُ رَجُلٌ يَمْشِي فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا الْإِيمَانُ قَالَ الْإِيمَانُ أَنْ تُؤْمِنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَلِقَائِهِ وَتُؤْمِنَ بِالْبَعْثِ الْآخِرِ

Dari Abu Hurairah radliallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Pada suatu hari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sedang berada bersama kami, lalu datanglah seorang laki-laki dengan berjalan kaki, lantas bertanya; “Wahai Rasulullah, apakah iman itu?” beliau menjawab: “Engkau beriman kepada Allah, malaikat-Nya, para Rasul-Nya, kitab-kitab-Nya, dan hari akhir.” (H.R. Bukhari)

6. Penciptaan Malaikat

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خُلِقَتْ الْمَلَائِكَةُ مِنْ نُورٍ وَخُلِقَ الْجَانُّ مِنْ مَارِجٍ مِنْ نَارٍ وَخُلِقَ آدَمُ مِمَّا وُصِفَ لَكُمْ

Dari Aisyah berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam bersabda: “Malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari api yang menyala-nyala dan Adam diciptakan dari sesuatu yang telah disebutkan (ciri-cirinya) untuk kalian.” (HR. Muslim)

Kesimpulan

Singkat saja itu dia pembahasan lengkap mengenai hadits tentang iman kepada malaikat, hadits shahih tentang malaikat, dalil tentang iman kepada malaikat, rukun iman kepada malaikat, bukti keimanan kepada malaikat, pendapat ulama tentang malaikat, hikmah beriman kepada malaikat.

Baca:

Originally posted 2023-10-13 15:54:39.

Tinggalkan komentar