Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kumpulan Hadits Tentang Pengendalian Diri dan Artinya

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Hadits tentang pengendalian diri. Pada kesempatan sebelumya kami telah mengulas mengenai hadits tentang orang sabar. Dalam artikel tersebut disebutkan bahwa orang yang sabar pasti disayang oleh Allah SWT.

hadits tentang pengendalian diri

Hal tersebut sama saja dengan pengendalian diri. Maksud dari pengendalian diri di sini lebih ke menghindari sikap dan perbuatan buruk, tercela, dan tidak baik. Sehingga orang yang berhasil mengendalikan diri, juga dapat dikatakan sebagai orang yang memiliki kedudukan mulia.

Ada banyak keutamaan dan keistimewaan orang yang sukses melakukan pengendalian diri, mulai dari ia bisa lebih sabar, menghindari sikap dengki, dendam, dan iri hati, serta akan terhindar dari hal buruk atau dampak buruk akibat kejadian yang dialami.

Nabi Muhammad SAW juga menjelaskan bahwa kita sebagai umat manusia harus melakukan pengendalian diri terhadap apa saja yang dinilai membawa dampak buruk. Hadits tentang pengendalian diri bisa disimak di bawah ini.

Daftar Hadits Tentang Pengendalian Diri

Tanpa banyak basa basi kembali, langsung saja silahkan simak ulasan lengkap mengenai kumpulan daftar hadits dan dalil shahih tentang pengendalian diri, ditulis menggunakan bahasa Arab, latin, beserta artinya atau terjemahan Indonesia.

1. Orang Kuat

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : لَيْسَ الشَّدِيدُ بِالصُّرَعَةِ ، إِنَّمَا الشَّدِيدُ الَّذِى يَمْلِكُ نَفْسَهُ عِنْدَ الْغَضَبِ

Artinya: “Rasulullah SAW bersabda : Bukanlah orang kuat itu yang (biasa menang) saat bertarung atau bergulat, tetapi orang kuat itu adalah yang (mampu) mengendalikan nafsunya ketika marah“ (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad)

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ الله عَنْهُ أنَّ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَسَلَّم قَالَ (لَيْسَ الشَدِيْدُ بِالصُّرَعَةِ إِنَّمَا الشَّدِيْدُ الَّذِيْ يَمْلِكُ نَفْسَهُ عِنْدَ الغَضَبِ) متفق عليه

'an abii hurairata radhi allahu 'anhu anna rasulullahi shallallahu 'alaihi wa aalaihi wasallam, qaala ( Laisas syadiidu bish shur'ati innamaash shadiidul ladzi yamliku nafsahu 'indal ghadhab) Mutttafaqun 'alaih

Artinya : Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda “Bukanlah orang yang kuat yang menang dalam pergulatan akan tetapi orang yang kuat ialah yang mampu menahan hawa nafsunya saat marah” (Mutttafaqun 'alaih)

2. Kontrol Diri

إِذَا غَضِبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَسْكُتْ

Artinya : “Jika kalian marah, diamlah.” (HR. Ahmad dan Syuaib Al-Arnauth menilai Hasan lighairih).

لَا يَمُوتَنَّ أَحَدُكُمْ إِلَّا وَهُوَ يُحْسِنُ الظَّنَّ بِاللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ

Artinya : "Janganlah salah satu diantara kalian mati, kecuali berprasangka baik terhadap Allah." (Muslim)

Kesimpulan
Singkat saja itu dia pembahasan lengkap mengenai hadits tentang pengendalian diri, hadits tentang pengendalian diri latin, hadits tentang prasangka baik latin, hadits tentang ukhuwah, hadits tentang persaudaraan, hadits tentang saudara sesama islam, hadits tentang prasangka baik husnudzan.

Baca: