Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kumpulan Hadits Tentang Perpisahan dengan Sahabat

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Hadits tentang perpisahan. Setiap ada pertemuan pasti ada perpisahan, dua hal tersebut yang kerap menjadikan manusia menangis dan tidak kuasa menahan kesedihan. Meski ada yang bilang perpisahan bukan akhir dari segalanya, tapi tetap saja kehidupan akan berbeda.

hadits tentang perpisahan

Setiap manusia yang berpisah, akan jarang saling menghubungi lagi kecuali ada yang benar-benar penting. Meski begitu memang ada beberapa di antara individu yang tetap menjalin komunikasi dengan intens sampai dewasa bahkan hingga tua.

Meski begitu jangan berlarut dalam kesedihan pada saat berpisah, tetaplah semangat menatap masa depan karena akan ada banyak hal baru dan petualangan baru yang menanti. Kehidupan tidak seburuk seperti apa yang dibayangkan.

Seperti hadits-hadits yang menjelaskan tentang perpisahan ini, mungkin bisa menjadi penyemangat kita untuk tidak terlalu lama bersedih. Semoga cinta dan kasih sayang yang saling kita berikan, tidak terputus karena Allah SWT.

Daftar Hadits Tentang Perpisahan

Tanpa banyak bicara ini itu kembali, langsung saja silahkan lihat beberapa daftar hadits shahih tentang perpisahan yang bisa membuat kita termotivasi. Hadits berikut ditulis dalam lafadz bacaan bahasa Arab, latin, beserta artinya.

1. Berkumpul dan Berpisah

وَرَجُلاَنِ تَحَابَّا فِى اللَّهِ اجْتَمَعَا عَلَيْهِ وَتَفَرَّقَا عَلَيْهِ

“Dua orang yang saling mencintai karena Allah. Mereka berkumpul dan berpisah dengan sebab cinta karena Allah.” (HR. Bukhari no. 660 dan Muslim no. 1031)

2. Perpisahan untuk Pertemuan

أَنْتَ مَعَ مَنْ أَحْبَبْتَ

“Kalau begitu engkau akan bersama dengan orang yang engkau cintai.” (HR. Bukhari no. 6171 dan Muslim no. 2639)

3. Wasiat Perpisahan

عَنِ الْعِرْبَاضِ بْنِ سَارِيَةَ رَضِيَ اللّٰـهُ عَنْهُ قَالَ  :صَلَّـىٰ بِنَا رَسُوْلُ اللّٰـهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ يَوْمٍ ، ثُمَّ أَقْبَلَ عَلَيْنَا ، فَوَعَظَنَا مَوْعِظَةً بَلِيْغَةً ؛ ذَرَفَتْ مِنْهَا الْعُيُوْنُ ، وَوَجِلَتْ مِنْهَا الْقُلُوْبُ ، قَالَ قَائِلٌ : يَا رَسُوْلَ اللّٰـهِ ! كَـأَنَّ هٰذِهِ مَوْعِظَةُ مُوَدِّعٍ ، فَـمَـاذَا تَعْهَدُ إِلَيْنَا ؟ فَقَالَ : «أُوْصِيْكُمْ بِتَقْوَى اللّٰـهِ ، وَالسَّمْعِ وَالطَّاعَةِ وَإِنْ عَبْدٌ حَبَشِيٌّ ، فَإِنَّهُ مَنْ يَعِشْ مِنْكُمْ بَعْدِيْ فَسَيَرَى اخْتِلاَفًا كَثِـيْرًا ، فَعَلَيْكُمْ بِسُنَّتِيْ وَسُنَّةِ الْـخُلَفَاءِ الْـمَهْدِيِّيْنَ الرَّاشِدِيْنَ ، تَـمَسَّكُوْا بِـهَا وَعَضُّوْا عَلَيْهَا بِالنَّوَاجِذِ ، وَإِيَّاكُمْ وَمُـحْدَثَاتِ اْلأُمُوْرِ ، فَإِنَّ كُلَّ مُـحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ ، وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ

"Diriwayatkan dari al-‘Irbâdh bin Sâriyah Radhiyallahu anhu bahwa ia berkata, “Suatu hari Rasulullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah shalat bersama kami, kemudian beliau menghadap kepada kami, lalu memberikan nasehat kepada kami dengan nasehat yang membekas pada jiwa, yang menjadikan air mata berlinang dan membuat hati menjadi takut, maka seseorang berkata, ‘Wahai Rasulullâh! Seolah-olah ini adalah nasehat dari orang yang akan berpisah, maka apakah yang engkau wasiatkan kepada kami?’ Maka Rasulullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Aku wasiatkan kepada kalian agar tetap bertakwa kepada Allah, tetaplah mendengar dan taat, walaupun yang memerintah kalian adalah seorang budak dari Habasyah. Sungguh, orang yang masih hidup di antara kalian sepeninggalku, niscaya ia akan melihat perselisihan yang banyak, maka wajib atas kalian berpegang teguh kepada Sunnahku dan Sunnah Khulafâr Râsyidîn yang mendapat petunjuk. Peganglah erat-erat dan gigitlah dia dengan gigi geraham kalian. Dan jauhilah oleh kalian setiap perkara yang baru (dalam agama), karena sesungguhnya setiap perkara yang baru itu adalah bid‘ah, dan setiap bid‘ah itu adalah sesat.” (Al-Ustadz Yazid bin ‘Abdul Qadir Jawas)

Kesimpulan
Singkat saja itu dia pembahasan lengkap mengenai hadits tentang perpisahan, hadits tentang sahabat dunia akhirat, peribahasa tentang perpisahan, wasiat perpisahan rasulullah, hadis tentang sahabat, kata semangat untuk perpisahan, gambar perpisahan.

Baca: