Doa Panjang Umur Untuk Diri Sendiri dan Orangtua

Konten []
    Abiabiz.com - Doa panjang umur untuk diri sendiri dan orangtua. Saat kita berulang tahun, harapan utama yang kita panjatkan kepada Allah SWT tentu adalah supaya diberi umur yang panjang, sehat selalu dan murah rezeki.

    doa panjang umur untuk diri sendiri dan orangtua

    Begitu pula ketika orangtua berulang tahun, tentu kita berharap ibu dan bapak kita bisa memiliki usia yang panjang untuk menunggu kita sebagai anaknya sukses dan berhasil serta membuat mereka bangga.

    Manusia dapat berdoa kepada Allah SWT untuk memohon agar diberikan umur yang panjang. Dalam sebuah riwayat hadits disebutkan ada satu doa khusus yang dapat dibaca pada saat ulang tahun untuk meminta umur yang lebih panjang.

    Memang betul usia manusia telah ditentukan oleh-Nya. Namun kita tidak tahu kapan Allah SWT akan mengangkat nyawa kita. Bisa cepat ataupun lambat, semua tergantung takdir hidup yang telah ditentukan sejak kita lahir.

    Kita hanya dapat berdoa kepada Allah SWT agar pada sisa waktu usia yang diberikan, kita dapat semakin mendekatkan diri kepada-Nya, terus dapat selalu menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya.

    Seperti sebuah lagu yang memiliki penggalan lirik sebagai berikut: "walaupun hidup seribu tahun kalau tak sembahyang apa gunanya", Maka doa agar umur panjang juga dimaksudkan supaya kita tetap ingat kepada-Nya bahwa sebaik-baiknya waktu yang kita miliki di dunia, adalah untuk beribadah kepada-Nya.

    Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai doa ulang tahun menurut islam supaya panjang umur, memiliki atau mempunyai usia yang panjang, diberi umur yang panjang dan sebagainya. Doa berikut diambil dari sebuah hadits yang ditulis seorang filsuf muslim.

    Doa Panjang Umur Untuk Diri Sendiri

    doa panjang umur

    Bacalah doa lengkap berikut ini untuk diri sendiri yang sedang berulang tahun. Makna dari doa ini adalah untuk meminta kesehatan jasmani, usia yang panjang, hati yang terang, dan ditingkatkan iman dalam hari kepada-Nya.

    Selain itu, pada doa berikut ini kita juga memohon kepada allah Ta'ala untuk meluaskan ladang rezeki, menambah amalan, dan meminta agar didekatkan dengan kebaikan dan dijauhkan dari segala macam keburukan.

    Berikut adalah bacaan lafadz memohon umur yang panjang dalma bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap sesuai sunnah dan dalilnya berdasarkan hadist yang shahih.

    اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

    Allahumma thowwil umuurona, wa shohhih ajsaadana, wa nawwir quluubana, wa sabbit iimaananaa wa ahsin a’maalanaa, wa wassi’ arzaqonaa, wa ilal khoiri qorribnaa wa ‘anisy-syarri ab’idnaa, waqdhi khawaa-ijana fiddiini waddunyaa wal aakhirati innaka ‘alaa kulli syai-in qodiirun.

    "Ya Allah! Panjangkanlah umur kami, sehatkanlah jasad kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kami, baikkanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kabulkanlah segala kebutuhan kami dalam pada agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu."

    Doa Panjang Umur Untuk Orangtua

    Seperti kata pepatah bahwa kasih ibu sepanjang masa, kita tidak akan perah bisa membalas segala kebaikannya, begitu pun dengan ayah sangat berjasa dalam kehidupan kita terutama membantu agar dapat tumbuh menjadi anak yang sholeh atau sholeha.

    Sebagai anak yang berbakti tentu kita berharap agar orangtua bisa memiliki usia yang panjang, khususnya minimal dapat melihat kita meraih puncak kesuksesan. Karena kebahagiaan dan kesuksesan anak juga merupakan kebahagiaan dan kesuksesan orangtua.

    Berikut adalah doa yang dipanjatkan untuk memohon supaya orangtua diberi umur yang panjang dalam huruf Arab, tulisan latin dan terjemahannya atau arti dalam bahasa Indonesia.

    اَللهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، َاْلاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

    Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiron. Walijamii’il muslimiina walmuslimaati, walmu’miniina wal mu’minaati al ahyaa’I minhum wal amwaati, wataabi’ bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur raahimiina, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil adhiimi.

    Artinya :
    "Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya itu sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu."

    Kesimpulan

    Itulah penjelasan mengenai doa panjang umur, untuk orang tua, anak, suami, istri, laki-laki, perempuan, teman, doa agar panjang umur sehat selalu murah rezeki dan diberkati, doa agar dipanjangkan umurnya.

    Doa diberi umur yang panjang, berkah, barokah, doa bersyukur supaya diberi umur yang panjang, doa mohon dipanjangkan, keberkahan, ulang tahun, panjang umur dan sehat untuk kebaikan bersama.

    Baca :
    Show comments
    Hide comments