Doa Sebelum dan Sesudah Makan Dalam Bahasa Arab Artinya

Doa Sebelum dan Sesudah Makan Dalam Bahasa Arab Artinya
Daftar Isi Artikel
Abiabiz.com - Doa sebelum dan setelah makan yang shahih. Salah satu kebutuhan manusia yang tidak boleh ditinggalkan adalah makan. Makan dan minum telah menjadi kebutuhan primer agar tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit.

doa sebelum dan sesudah makan

Jika tidak makan secara teratur, ada banyak virus dan kuman yang mungkin menyerang tubuh kita sehingga kita lebih mudah mengalami sakit perut. Jika tidak minum, tubuh akan kekurangan air (dikenal dengan dehidrasi) dan hal tersebut dapat menyebabkan sakit kepala.

Makan dilaksanakan minimal tiga kali sehari, yakni pada pagi sebelum berangkat kerja atau sekolah, siang ketika istirahat, dan malam hari ketika telah sampai di rumah dan bersiap sebelum tidur. Pada saat makan, kita dianjurkan untuk membaca doa baik sebelum dan sesudahnya.

Doa sebelum makan dimaksudkan untuk bersyukur kepada Allah SWT karena telah menghidangkan makanan di hadapan kita. Sementara doa setelah selesai makan diucapkan untuk memohon agar makanan yang telah masuk ke perut kita dapat menjadi berkah serta sumber energi.

Saat kecil, kita sering diajari untuk membaca, menghafal dan mengamalkan doa ketika makan baik pada saat PAUD, TK, SD, atau SMP. Dan pada kesempatan yang insya Allah berbahagia ini kami akan menuliskan doa sebelum dan seudah makan dalam bahasa Arab, latin dan artinya.

Doa Sebelum Makan Arab Latin dan Artinya

doa sebelum makan

Ketika hendak makan, baik makan pagi (sarapan), makan siang, atau makan malam sebelum tidur, bacalah doa berikut ini untuk berterimakasih dan bersyukur kepada Allah karena telah memberi rezeki berupa makanan yang dapat memulihkan energi tubuh kita.

Selain itu, doa berikut ini juga dimaksudkan agar kita terhindar dari siksa api neraka apabila ketika makan kita lupa atau lalai dalam menjaga sopan santun sehingga berbuat hal-hal yang buruk seperti makan dengan rakus, terburu-buru, tidak menghabiskan makanan, berbicara sambil makan dan sebagainya.

Berikut adalah lafadz bacaan doa pada saat akan makan dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia yang benar, sesuai sunnah, berdasarkan hadits yang shahih.

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Allaahumma barik lanaa fiimaa razatanaa waqinaa 'adzaa bannar.

Artinya:
"Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka."

Doa Sesudah Makan Arab Latin dan Artinya

doa sesudah makan

Setelah selesai makan, kita baca doa singkat dan pendek ini. Selain sesudah makan, doa ini juga bisa dibaca pada saat kita minum selepas makan. Ada banyak keutamaan yang didapat apabila kita mengamalkan doa ini.

Yang pertama kita mengucap syukur karena Allah SWT telah memberi makanan dan minuman kepada kita. Kemudian kita juga memohon kepada Allah SWT agar menjadikan kita bagian dari orang-orang yang sholeh. Berikut adalah lafadz bacaan doanya.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

Alhamdu lillaahil ladzii ath'amanaa wa saqaanaa wa ja'alnaa muslimiin.

Artinya:
"Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang islam."

Kesimpulan

Itulah penjelasan tentang doa sebelum dan sesudah makan, doa agar makanan tidak dihisab, cukup, membuat kenyang, laris, jadi halal, doa sebelum makan agar terhindar dari racun dan penyakit, doa mau makan dan artinya per kata, bersama, dan sebagainya.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>