Doa Naik Kendaraan Arab dan Latin Sesuai Sunnah

Doa Naik Kendaraan Arab dan Latin Sesuai Sunnah
Daftar Isi Artikel
Abiabiz.com - Doa naik kendaraan darat, laut, dan udara. Manusia adalah makhluk sosial, seperti kata pepatah kita tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Manusia harus hidup bersama orang lain, berkomunikasi, dan bersosial.

doa naik kendaraan sesuai sunnah

Itulah mengapa manusia tidak bisa berdiam diri di rumah, mereka butuh keluar rumah untuk bertemu teman, rekan kerja, sahabat, saudara, orang tua, dan kerabat-kerabatnya. Baik itu di tempat yang dekat maupun di tempat yang jauh.

Ketika akan bepergian ke tempat yang jauh, tentu kita membutuhkan kendaraan agar lebih cepat sampai. Memang kita bisa berjalan kaki, namun itu hanya akan membuat kita kecapekan dan tentu saja lebih merepotkan.

Ada banyak jenis kendaraan yang bisa kita gunakan untuk bepergian ke tempat yang jauh. Baik itu kendaraan di darat, laut dan udara, contohnya kendaraan umum seperti bus, kereta api, pesawat, kapal laut, maupun kendaraan pribadi seperti motor, mobil, dan sepeda.

Baca : Doa Ketika Bepergian Melakukan Perjalanan Jauh

Pada kesempatan yang baik ini kita akan membahas beberapa doa yang dapat dibaca pada saat akan naik kendaraan, karena dalam beberapa hadits disebutkan bahwa ada doa khusus yang bisa kita ucapkan ketika hendak menaiki kendaraan.

Doa Ketika Naik Kendaraan Darat Sesuai Sunnah

doa naik kendaraan

Saat ingin menaiki kendaraan darat, baik itu sebagai pengemudi maupun sebagai penumpang, baik itu kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, silahkan baca doa berikut ini untuk meminta perlindungan dan keselamatan dari Allah SWT.

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Subhaanalladzii sakkhara lanaa hadza wama kunna lahu muqriniin wa-inna ilaa rabbina lamunqalibuun.

Artinya:
"Maha suci Allah yang telah menundukkan untuk kami (kendaraan) ini. padahal sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan hanya kepada-Mu lah kami akan kembali."

Doa Ketika Naik Kendaraan Laut Sesuai Sunnah

Saat menaiki kendaraan laut, baik itu kapal laut, perahu, rakit, speedboat, kapal selam, kapal veri maupun jenis-jenis kendaraan laut lainnya, silahkan baca doa singkat berikut ini untuk meminta perlindungan ketika hendak berlayar atau berlabuh.

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim.

Artinya:
"Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Doa Ketika Naik Kendaraan Udara Sesuai Sunnah

Doa saat menaiki kendaraan udara ini sama seperti doa ketika naik kendaraan di darat. Baik itu saat naik pesawat, balon udara, jet,ataupun helikopter. Berikut adalah bacaan lafadz doa saat naik kendaraan dalam bahasa Arab, latin dan artinya atau terjemahan Indonesia.

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Subhaanalladzii sakkhara lanaa hadza wama kunna lahu muqriniin wa-inna ilaa rabbina lamunqalibuun.

Artinya:
"Maha suci Allah yang telah menundukkan untuk kami (kendaraan) ini. padahal sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan hanya kepada-Mu lah kami akan kembali.”

Kesimpulan

Itulah doa naik kendaraan sesuai sunnah, mari sama-sama amalkan ketiga doa di atas ketika hendak bepergian ke suatu tempat dengan menggunakan kendaraan. Mudah-mudahan kita selalu berada dalam perlindungan Allah SWT saat mengendarai kendaraan. Aamiin.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>