Doa Sebelum Tidur Untuk Agama Islam Sesuai Sunnah

Doa Sebelum Tidur Untuk Agama Islam Sesuai Sunnah
Daftar Isi Artikel
Abiabiz.com - Doa sebelum tidur yang benar sesuai sunnah. Pada saat menjelang tidur, agar tidur kita nyenyak dan syaitan tidak mengganggu memberikan mimpi buruk, kita harus berdoa memohon pertolongan kepada Allah SWT.

doa sebelum tidur untuk agama islam

Doa-doa yang dibaca pada saat akan tidur disebut dengan doa sebelum tidur. Sebuah doa pendek yang kerap kita amalkan ketika kecil namun apakah saat dewasa ini kita masih mengamalkannya? Mari sama-sama intropeksi diri dan kembali mengamalkan doa mustajab tersebut.

Selain dapat melindungi kita dari gangguan syaitan melalui mimpi dan memberikan tidur yang nyenyak terhadap kita, doa sebelum tidur juga memiliki keutamaan dan manfaat lain yaitu agar tidur di malam hari kita dapat menjadi berkah untuk memulihkan tenaga yang habis setelah seharian beraktifitas.

Dengan berdoa, insyaallah tidur kita menjadi lebih baik, tenga yang hilang kembali terkumpul sebagaimana kita ketahui bahwa tidur adalah aktifitas untuk beristirahat dan memulihkan energi. Sebagaimana umat Islam yakini bahwa Allah SWT adalah Tuhan yang maha mendengar.

Baca: Doa Bangun Tidur

Mungkin kita masih hafal doa sebelum tidur untuk anak yang singkat dan pendek. Namun pada artikel ini kami juga akan memberikan alternatif doa mau tidur lain yang lebih panjang dan memiliki makna lebih lengkap. Kedua doa tersebut dapat dilihat pada penjelasan di bawah ini.

Doa Sebelum Tidur Sesuai Sunnah Rasul

doa sebelum tidur

Yang pertama ialah doa sebelum tidur yang kerap diajarkan oleh guru ketika kita masih duduk di bangku SD, TK, atau PAUD. Doa pendek yang menjadi salah satu doa sehari hari yang sangat sering diajarkan ketika masih kecil.

Makna dari doa ini ialah memohon kepada Allah SWT agar menyelamatkan kita ketika tidur. Maksudnya ialah agar membangunkan kita ketika energi yang telah terkumpul sudha cukup karena pada beberapa kasus, ada orang-orang yang tidak kembali bangun setelah tertidur.

Berikut adalah lafadz bacaan doa sebelum tidur pada malam hari dalam bahasa Arab, tulisan latin dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia lengkap pendek, singkat, ringkas, sesuai sunnah dan berdasarkan hadits shahih.

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ

Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut.

Artinya:
"Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati."

Doa Sebelum Tidur Islam

Selain doa di atas ada pula doa ketika hendak tidur dalam agama Islam sesuai sunnah berdasarkan hadits shahih di bawah ini. Doa yang lebih panjang dan lengkap dibanding doa sebelumnya dan tentu memiliki makna dan fadhilah yang lebih banyak.

Keutamaan dan keistimewaan dari doa tidur ini ialah kita memohon kepada Allah untuk membantu mengurus (menjaga) kita selam tertidur, menghindarkan kita dari hal-hal buruk baik yang datang dari bumi maupun dunia lain.

Doa ini dapat dijadikan wirid atau dzikir sebelum tidur, boleh dibaca kapan saja khususnya setelah sholat isya, sholat tahajud maupun sholat-sholat malam lainnya. Berikut adalah lafadz bacaan doa sebelum tidur untuk anak menurut agama Islam.

اللهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Alloohu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.”

Artinya:
"Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak atau boleh disembah), melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Yang tidak mengantuk dan tidak juga tertidur. Kepunyaan-Nya adalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya."

Kesimpulan
Itulah pembahasan lengkap mengenai doa sebelum tidur dan bangun tidur, yang benar, islam, rumi, doa menjelang tidur malam, islami, doa ketika susah hendak tidur sesuai sunnah, doa mau tidur shahih yang panjang, doa akan tidur malam bahasa arab, dll.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>