Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bacaan Sholawat Asyghil Terbebas dari Pemimpin Dzalim

Daftar Isi [Tampil]

Abiabiz.com - Bacaan sholawat asyghil. Pada artikel sebelumnya kita telah membahas beberapa sholawat yang sangat utama untuk diamalkan, yakni sholawat nariyah yang memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan salah satunya adalah untuk memohon rahmat kepada Nabi Muhammad SAW.

sholawat asyghil

Pada kesempatan ini kami ingin kembali membahas mengenai sholawat yang dapat Anda amalkan, yakni sholawat asyghil yang juga memiliki keutamaan luar biasa. Sholawat ini juga dikenal dengan nama sholawat Habib Ahmad bin Umar Al-Hinduaan Baalawy karena beliaulah yang menciptakan sholawat ini pada masa kejayaan Islam.

Sholawat memang pada dasarnya ditujukan untuk memuliakan nama Nabi Muhammad SAW, terutama saat memperingati Maulid Nabi atau hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Namun keutamaan khusus dimiliki bila mengamalkan sholawat ini, yakni untuk memohon agar dibebaskan dari pemimpin yang dzalim.

Pada kesempatan ini kami ingin membahas mengenai lafadz bacaan teks dan lirik sholawat asyghil, namun sebelum masuk ke pembahasan inti, alangkah lebih baiknya pertama-tama kita mengetahui sejarah dan asal usul dari sholawat tersebut berikut ini.

Sejarah dan Asal Usul Sholawat Asyghil

Mungkin sebagian orang masih bertanya-tanya apa itu sholawat asyghil? Sholawat asyghil ini merupakan solawat yang bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia beraarti sholawat sibuk. Maksud dari sholawat sibuk di sini adalah pemimpin yang selalu mementingkan diri sendiri alias dzalim.

Bacaan sholawat asyghil dimaksudkan untuk memohon kepada Allah SWT agar kita terhindar dari pemimpin-pemimpin yang haus kekuasaan, dzalim, tidak memperhatikan rakyat, serta jauh dari kata bijaksana agar Allah SWT membukakan pintu hatinya supaya pemimpin ini berubah menjadi lebih baik.

Bacaan lirik sholawat asyghil pertama kali dinyanyikan oleh Imam Ja'far ash-Shadiq, beliau hidup pada masa Umaqiyyah di awal zaman Abbasiyah yang penuh permasalahan politik. Imam Ja'far membaca doa ini yang kemudian diikuti oleh para jemaahnya sehingga terus turun temurun sampai saat ini dikenal banyak umat muslim.

Teks Lirik Bacaan Sholawat Asyghil

bacaan sholawat asyghil

Di dalam sholawat ini, kita memohon kepada Allah SWT untuk memberikan rahmat dan karunia kepada Nabi Muhammad SAW sebagai pemimpin umat Islam di dunia, serta menyibukkan orang-orang dzalim supaya mendapat kejahatan dari orang dzalim lainnya.

Tanpa berbasa-basi kembali silahkan simak penjelasan mengenai bacaan lafadz doa teks lirik sholawat asyghil yang benar sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih dalam bahasa Arab, tulisan latin, serta terjemahan Indonesia lengkap berikut.

ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺻَﻞِّ ﻋَﻠﻰَ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ، ﻭَﺃَﺷْﻐِﻞِ ﺍﻟﻈَّﺎﻟِﻤِﻴﻦَ ﺑِﺎﻟﻈَّﺎﻟِﻤِﻴﻦَ
ﻭَﺃَﺧْﺮِﺟْﻨَﺎ ﻣِﻦْ ﺑَﻴْﻨِﻬِﻢْ ﺳَﺎﻟِﻤِﻴﻦَ ﻭَﻋﻠَﻰ ﺍﻟِﻪِ ﻭَﺻَﺤْﺒِﻪِ ﺃَﺟْﻤَﻌِﻴﻦ

Allohumma sholli ‘alaa sayyidinaa muhammadin, wa asyghilidz dzoolimiina bidz-dzoolimiina (2x) wa akhrijnaa min baynihim saalimiin wa ‘alaa alihi wa shohbihii ajma’in.

Artinya:
"Ya Allah, berikanlah shalawat kepada pemimpin kami Nabi Muhammad, dan sibukkanlah orang-orang zhalim agar mendapat kejahatan dari orang zhalim lainnya, selamatkanlah kami dari kejahatan mereka. Dan berilanlah shalawat kepada seluruh keluarga dan para sahabat beliau."

Kesimpulan
Itu dia penjelasan lengkap mengenai bacaan sholawat asyghil, mp3, lirik latin, bid'ah, chord, youtube, sejarah, babi, nariyah, badar, latin, download, nissa sabyan, manfaat, keutamaan, keistimewaan, khasiat, manfaat, faedah, fadhilah, dan sebagainya lengkap.

Baca:

Posting Komentar untuk "Bacaan Sholawat Asyghil Terbebas dari Pemimpin Dzalim"