Baacaan Doa Ruwahan, Arwahan, atau Arwah yang Benar

Baacaan Doa Ruwahan, Arwahan, atau Arwah yang Benar
Daftar Isi Artikel
Abiabiz.com - Bacaan doa ruwahan. Ruwahan disebut juga dengan arwahan atau arwah, yakni sebuah tradisi dalam budaya Jawa untuk mendoakan orang yang telah meninggal dunia pada saat memasuki bulan Ramadhan, tepatnya di bulan Sya'ban.

doa ruwahan

Pada artikel sebelumnya kami telah membahas mengenai doa menyambut bulan ramadhan, doa ruwahan ini berbeda dengan doa tersebut. Sebab doa ini dikhususkan untuk mendoakan orang yang telah lebih dahulu dipanggil Allah SWT.

Ketika memanjatkannya, biasanya orang-orang akan diberi sebuah bingkisan berupa makanan seperti nasi dan lauk-pauk sebagai tanda terima kasih karena telah membantu mengirim doa untuk orang yang meninggal dunia.

Lalu seperti apa doanya? Nah bagi yang belum tahu mari kita simak bacaan lafadz doa ruwahan dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan terjemahan Indonesia. Namun sebelum itu mari kita simak terlebih dahulu mengenai pengertian dari doa ruwahan berikut.

Apa itu Doa Ruwahan?

Orang Jawa menamai bulan Sya'ban dengan sebutan bulan Ruwah. Sebab di dalam bulan ini terdapat tradisi yang masih hingga kini dilestarikan, khususnya di pedesaan atau daerah pinggiran. Tradiis ini dikenal dengan nama Ruwahan atau Arwahan.

Ruawahan atau Arwahan merupakan sebuah tradisi untuk mengirimkan doa kepada arwah-arwah yang telah mendahului kita agar mereka dapat dikirim atau ditempatkan di posisi terbaik-Nya. Dalam melaksanakan tradisi Ruwahan, seseorang biasanya akan mengundang kerabat dekat dan memberikannya semacam bingkisan makanan.

Saat Ruwah tiba, tak heran bila pasar tradisional akan kebanjiran order untuk selamatan atau ruwahan karena masyarakat akan membeli banyak kebutuhan mulai dari beras, bumbu-bumbu, lauk pauk, dan sebagainya semuanya habis. Doa ruwahan sendiri merupakan doa yang dibacakan sebagai amalan dan dzikir ruwahan.

Lafadz Bacaan Doa Ruwahan

Doa ini memiliki makna bahwa kita memohon ampunan kepada Allah SWT atas dosa yang pernah diperbuat, sebab Allah SWT adalah Tuhan yang maha memaafkan. Pada doa ini kita juga meminta kepada-Nya untuk memberi jalan dari kebingunan, melimpahkan berkat kemuliaan, dan tentu saja pertolongan.

Di bawah ini akan kami tuliskan bacaan, teks, lafadz, doa ruwahan, arwahan, atau arwah yang biasa dipanjatkan pada saat bulan Sya'ban menjelan bulan Ramadhan untuk mendoakan arwah yang telah meninggal sesuai sunnah berdasarkan hadist shahih ditulis dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia lengkap.

وَاعْفُ عَنَّا يَا كَرِيْمُ *2  بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ ارْحَمْنَا. اَللَّهُمَّ بِحَقِّ الفَاتِحَةِ وَبِسِرِّ الفَاتِحَةِ وَبِكَرَامَةِ الفَاتِحَةِ، يَا فَارِجَ الهَمِّ يَا كَاشِفَ الغَمِّ يَا مَنْ لِعَبْدِهِ يَغْفِرُ وَيَرْحَمُ، اَللَّهُمَّ اغْفِرْ ذُنُوْبَنَا وَاسْتُرْ عُيُوْبَنَا وَفَرِّجْ هُمُوْمَنَا وَاكْشِفْ غُمُوْمَنَا وَأَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِنَا، دَعْوَاهُمْ فِيْهَا سُبْحَانَكَ اَللَّهُمَّ وَتَحِيَّتُهُمْ فِيْهَا سَلَامٌ، وَآخِرُ دَعْوَاهُمْ أَنِ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

Artinya:
"Maafkanlah kami wahai Tuhan yang pemurah (2 kali). Dengan kasih sayang-Mu wahai zat yang paling pengasih, kasihanilah kami. Ya Allah, berkat hakikat, rahasia, dan kemuliaan Surat Al-Fatihah, wahai Tuhan pemberi jalan dari kebingungan, pembuka jalan dari kebimbangan, wahai Tuhan yang pengampun dan penyayang hamba-Nya, ya Allah ampunilah dosa kami, tutuplah aib kami, berikan jalan atas kebingungan kami, bukakanlah jalan atas kebimbangan kami, dan damaikanlah perseteruan di antara kami. ‘Doa mereka (ahli surga) di dalamnya adalah ‘Maha suci Engkau ya Allah.’ Penghormatan mereka di dalamnya adalah salam. Akhir doa mereka adalah ‘Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.’"

Kesimpulan
Demikianlah pembahasan mengenai bacaan doa ruwahan, atau ruwatan bahasa Indonesia, jawa, islam, di rumah, teks bacaan doa untuk ruwahan, ruwahan menurut islam, doa tahlil singkat, doa tahlil habaib, doa tahlil pdf, doa tahlil khususon, tahlil pendek, bacaan tahlil lirboyo.

Baca:

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>